Written by at November 13, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Jarang Diketahui, Ternyata Ini 11 Manfaat Okra untuk Kesehatan

Kamu mungkin belum akrab dengan sayuran yang satu ini. Okra adalah satu jenis sayuran yang masih belum cukup populer di Indonesia, okra lebih dikenal dengan istilah asing “lady finger”, karena ukurannya yang kecil. Jenis sayuran ini memiliki nama ilmiah Abelmoschus Esculentus yang umumnya hanya tumbuh di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Sayur okra ini memiliki tekstur berlendir dan bisa diolah dengan cara ditumis. Meski jarang diketahui, okra memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Yuk, simak 11 manfaat okra untuk kesehatan di bawah ini.

 

Kandungan gizi okra per 100 g:

  • Energi 30 kkal
  • 3 gram serat
  • 2 gram protein
  • 7,6 gram karbohidrat
  • 0,1 gram lemak
  • 21 mg vitamin C
  • 88 mcg folate
  • 57 gram magnesium.

 

Ini manfaat okra untuk kesehatan

manfaat okra
Manfaat Okra untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Foto: Pixabay)

1. Memiliki Banyak Nutrisi

Polong okra mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein, serat, kalsium, zat besi, dan seng. Dengan demikian, memenuhi syarat sebagai alat ekonomi efektif yang mampu mengobati kekurangan gizi di seluruh dunia.

 

2. Membantu Mengontrol Kelaparan

Okra diisi dengan serat larut. Serat larut akan membuat kamu merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Ini dapat membantu menjaga asupan kalori tubuh tetap terjaga, membantu kamu dengan tujuan penurunan berat badan karena membuat dengan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

 

3. Mencegah Kelelahan

Sangat disayangkan betapa umum kata “kelelahan” telah terjadi di dunia saat ini. Apa yang dulunya sebagian besar berkaitan dengan usia dan penyakit, sekarang telah menjadi perjuangan sehari-hari untuk kaum muda yang sehat. Biji okra dapat menunda melelahkan. Okra mengandung polifenol antioksidan dan flavonoid yang meningkatkan penyimpanan glikogen di hati. Glikogen adalah cadangan bahan bakar tubuh, dan lebih dari itu berarti kamu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk lelah. Inilah sebabnya okra juga baik untuk orang yang menderita depresi. Kamu akan bisa melawan perasaan lelah yang tak bisa dijelaskan.

 

Baca juga:Gurih dan Sehat, Ini Cara Membuat Keripik Okra Sendiri di Rumah

 

4. Mengelola Diabetes Mellitus

Kulit dan biji-bijian okra dapat menurunkan kadar glukosa darah, menjadikannya berguna dalam mengelola diabetes mellitus. Okra melakukannya dengan menghambat enzim pemecah karbohidrat, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, dan memastikan ada cukup sel penghasil insulin di pankreas.

 

Lebih banyak insulin dan kurang pemecahan karbohidrat menjadi glukosa berarti menurunkan gula darah. Satu studi membuktikan bahwa biji okra mencegah pemecahan karbohidrat dari glukosa menjadi glukosa dengan menghambat enzim alpha-glucosidase.

 

5. Melindungi Tulang dan Mencegah Pendarahan

Vitamin okra yang paling melimpah adalah vitamin K.Vitamin ini membantu memperkuat tulang dan meningkatkan pembekuan darah. Dengan demikian, okra membantu mencegah osteoporosis, patah tulang, dan perdarahan yang berlebihan karena cedera atau gangguan pendarahan.

 

Ingin mencoba manfaat okra untuk kesehatan? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli okra berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat okra

6. Meningkatkan Kekebalan Dan Meningkatkan Penglihatan

Si kecil okra mengandung vitamin A tingkat sedang. Vitamin A mendorong produksi sel darah putih, pemain kunci dalam sistem kekebalan tubuh. Okra akan melengkapi tubuh kamu dengan cukup baik untuk melawan infeksi dan penyakit. Vitamin A juga mendukung kesehatan mata. Jika kamu memiliki penglihatan yang lemah kamu perlu mencoba untuk mengonsumsi okra secara teratur.

 

7. Mencegah Penyakit Hati

Hati adalah organ detoks utama tubuh. Okra dapat membantu agar hati terlindung dari penyakit. Dalam satu penelitian, penyakit hati yang diinduksi secara kimiawi pada tikus secara efisien dilawan dengan okra. Pra-administrasi oral ekstrak okra mengurangi efek merusak radikal bebas yang menyebabkan penyakit hati. Okra mungkin melakukannya dengan menstabilkan membran sel hati, membuatnya lebih defensif terhadap radikal bebas yang mengganggu.

 

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Masalah pencernaan yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang adalah susah buang air besar (BAB). Ketika susah BAB, perut akan menjadi terasa penuh dan tidak nyaman, bahkan bisa terasa sakit karena terlalu banyak menyimpan sampah. Masalah tersebut bisa Anda atasi dengan mengonsumsi okra. Sayur okra ini dipercaya mampu melancarkan BAB karena memiliki kandungan serat dan lendir yang mampu dijadikan sebagai obat pencahar.

 

Baca juga: Okra Merah Untuk Kesehatan Tubuh

 

9. Menghilangkan Gangguan Neurodegenerative

Okra dapat membantu mengurangi risiko Alzheimer pada individu yang secara genetis cenderung terkena penyakit itu. Ini juga dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif lain yang berkaitan dengan stres oksidatif. Membayangkan betapa sulitnya hidup dengan gangguan saraf, manfaat okra ini memiliki nilai pencegahan yang besar.

 

10. Mencegah kanker payudara

Dalam satu studi, lektin yang diisolasi dari okra mampu memicu bunuh diri sel dalam sel kanker payudara. Pertumbuhan sel tumor payudara dihambat oleh 63% yang signifikan. Kanker payudara memengaruhi 1 dari 8 wanita selama masa hidup mereka. Memasukkan okra dalam pola makan kamu dapat membantu mengurangi statistik ini secara drastis.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

11. Menstabilkan Tingkat Kolesterol

Okra meningkatkan degradasi kolesterol dan menghambat produksi lemak di dalam tubuh. Dengan demikian, okra menurunkan kolesterol total dan trigliserida serta meningkatkan ekskresi asam empedu (yang terbuat dari kolesterol) dalam tinja. Dengan mengatur kadar kolesterol dalam darah, okra dapat mencegah penyumbatan arteri dan melindungi tubuh dari penyakit jantung seperti aterosklerosis.

 

Kamu sudah mengetahui bahwa meski jarang diketahui, ternyata ada 11 manfaat okra untuk kesehatan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli okra berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat okra

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi...

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi...

Post Comment