Written by at October 21, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey, Bandung. Tidak hanya strawberry, kini juga sudah banyak petani yang membudidayakan jenis berry lainnya, seperti raspberry. Meskipun masih terdengar asing, namun buah yang masih saudara dengan strawberry, blackberry, ataupun blueberry ini semakin mudah ditemui. Buah ini juga dikenal sebagai “permen alami”. Selain karena warnanya yang merah menyala, tekstur buah yang lembut dan rasanya yang manis juga alasannya. Kira-kira apa saja manfaat mengonsumsi buah yang satu ini? Yuk, cari tahu 11 manfaat raspberry untuk kesehatan dan kecantikan di bawah ini.

 

Manfaat raspberry untuk kesehatan dan kecantikan

Apa saja manfaat dari buah raspberry? Simak 11 manfaat raspberry untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini!

Manfaat Manfaat Raspberry
Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan. (Foto: Pixabay)

1. Mengatasi dan mengontrol gula darah

Bagi para penderita diabetes, mengontrol kadar gula darah tentun wajib dilakukan. Tak heran, para penderita penyakit ini pasti akan selektif dalam memilih makanan yang mereka konsumsi, khususnya makanan dengan rasa manis.

 

Nah, berbeda dengan makanan manis lainnya, justru raspberry sangat disarankan untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Serat alami yang terkandung dalam buah ini terbukti mampu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah penderita diabetes tipe-1.

 

2. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat raspberry lainnya yaitu untuk menurunkan berat badan. Kandungan mangan di dalam buah ini sangat penting dalam membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.

 

Metabolisme sendiri memiliki peran penting dalam proses pembakaran lemak. Semakin optimalnya kerja tubuh dalam proses tersebut, tentu lebih lemak akan lebih mudah dihancurkan, sehingga kamu pun akan lebih memudahkan dalam mengontrol berat badan dan menjaganya tetap ideal.

 

3. Mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus dan kuman yaitu dengan meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh. Caranya adalah dengan meningkatkan asupan vitamin C harian secara rutin.

 

Salah satu sumber vitamin C alami bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi raspberry. Kandungan vitamin C dalam buah ini berperan penting dalam meningkatkan autoimun tersebut.

 

4. Menjaga dan merawat sistem pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit bisa saja muncul karena kurangnya asupan serat dalam tubuh. Serat bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber makanan, seperti sayuran dan buah-buahan. Salah satunya dengan mengonsumsi buah berjenis berry, seperti raspberry. Serat dalam buah ini dikenal baik dalam menjaga dan merawat sistem pencernaan tubuh.

 

Baca juga: Ini 15 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

 

5. Merawat kemampuan penglihatan dan kesehatan mata

Kandungan vitamin A memang identik dengan buah berwarna terang. Selain wortel dan tomat, buah seperti raspberry bisa juga menjadi pilihan. Berry dengan bentuk mungil ini juga dikenal kaya akan vitamin A. Tak hanya bisa membantu merawat kesehatan mata, buah ini juga mampu meminimalisir berbagai risiko dan gangguan penyakit mata, seperti katarak ataupun degenerasi makula mata.

 

Ingin merasakan manfaat raspberry? Kamu bisa membeli raspberry segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

6. Merawat daya ingat fungsi otak

Kemampuan otak seseorang dalam mengingat dan menyimpan memori ternyata dipengaruhi oleh flavonoid. Kandungan ini tidak hanya ampuh dalam merawat fungsi kerja otak saja, tapi juga berperan dalam proses menyimpan memori, sehingga gangguan penurunan fungsi kognitif otak karena faktor usia, bisa diminimalisir.

 

7. Mencegah risiko terjadinya kanker

Penyakit mematikan ini memang bisa menyerang tanpa mengenal riwayat kesehatan dan usia seseorang. Kanker sendiri bisa terjadi karena pekembangnya sel-sel abnormal yang diakibatkan timbunan radikal bebas dalam tubuh. Guna menanggulangi risiko tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

 

Salah satu buah yang dikenal kaya akan zat tersebut adalah raspberry. Kandungan zat antioksidan di dalamnya seperti lutein dan ellagic acid terbukti ampuh dalam menekan risiko terjadinya kanker.

 

Baca juga: 7 Resep Blueberry Cheesecake yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

 

8. Meminimalisir risiko penyakit jantung

Tak hanya baik untuk kemampuan otak, zat flavonoid dalam raspberry seperti anthocyanin juga bermanfaat dalam meminimalisir risiko penyakit jantung. Kandungan tersebut berfungsi sebagai penghambat terjadinya peradangan. Di mana, hal tersebut bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung.

 

Tak hanya anthocyanin, kandungan polifenol dalam raspberry juga memiliki manfaat yang sama, yaitu dengan menghalau penumpukan platelet dan membantu mengendalikan tekanan darah.

 

9. Mengatasi radang sendi

Siapa sangka, raspberry bisa menjadi alternatif dalam pengobatan radang sendi (arthritis). Kandungan polifenol di dalamnya berfungsi sebagai pereda terjadinya peradangan (inflamasi). Tak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu cegah terjadinya resorpsi tulang.

 

10. Merawat kesehatan dan kecantikan kulit

Tak hanya kesehatan, raspberry juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit, seperti mencegah penuaan dini, menjaga kecerahan kulit, menjaga kelembapan kulit, serta mengontrol produksi minyak berlebih penyebab kulit berjerawat.

 

Kandungan penting seperti vitamin C, asam lemak tak jenuh (omega-3 dan omega-6), serta ellagic acid dikenal efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai masker wajah.

 

Baca juga: Cegah Penularan Virus, Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

11. Merawat kesehatan rambut

Tak hanya kulit, raspberry juga dikenal efektif untuk perawatan dan menjaga kesehatan rambut. Kandungan asam folat di dalamnya terbukti mampu merangsang pertumbuhan rambut. Sedangkan, kandungan lain seperti biotin berfungsi menjaga rambut tetap sehat.

 

Itulah 11 manfaat raspberry untuk kesehatan dan kecantikan. Sama seperti buah berry lainnya, buah ini juga dikenal kaya akan antioksidan dan berbagai vitamin penting lainnya.

 

Yuk, jaga kesehatan tubuh kamu dengan menjaga asupan penting melalui gaya hidup sehat dan konsumsi buah secara rutin, seperti raspberry setiap hari. Temukan buah raspberry berkualitas di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

 

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi...

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi...

Post Comment