Written by at January 06, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

11 Manfaat Tahu yang Bikin Kamu Ingin Makan Lagi

Tahu adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari perasan biji kedelai. Tahu banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis masakan. Tekstur tahu yang lembut dan rasanya yang gurih membuat tahu banyak disukai. Selain enak, ternyata tahu juga mengandung banyak kelebihan dan kandungan yang baik untuk tubuh. Supaya bisa mendapatkan manfaat tahu dengan optimal, yuk, cari tahu ini 11 manfaat tahu yang bikin kamu ingin makan lagi.

 

Ini manfaat tahu yang bikin kamu ingin makan lagi

Manfaat tahu untuk kesehatan
Manfaat tahu yang bikin kamu ingin makan lagi. (Foto: Pixabay)

1. Rendah kalori dan kaya serat untuk mengontrol berat badan

Tahu merupakan salah satu jenis bahan makanan yang harganya tidak mahal. Meski dibanderol dengan harga yang murah, tahu memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Dalam sebuah tahu sudah terdapat kandungan protein, lemak total, karbohidrat, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Tak hanya itu, tahu juga cenderung rendah kalori, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang dalam program diet mengontrol atau mengurangi berat badan. Nutrisi yang terkandung di dalam tahu juga dapat membantu menghasilkan energi, sehingga menekan nafsu makan dan membuat rasa kenyang lebih lama.

 

2. Membantu mencegah kolesterol

Kolesterol adalah salah satu penyakit berbahaya dan dapat menimbulkan komplikasi. Bagi kamu yang ingin mencegah kolesterol sebaiknya mulai rutin untuk mengonsumsi tahu. Pasalnya, tahu termasuk bahan makanan yang redah kolesterol. Mengonsumsi tahu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

 

3. Tinggi kalsium, membantu mencegah osteoporosis

Tidak hanya mampu mencegah kolesterol, manfaat tahu lainnya yaitu dapat membantu mencegah osteoporosis. Tahu merupakan sumber kalsium yang cukup tinggi. Kalsium merupakan bahan utama yang membantu pembentukan tulang.

 

Kekurangan kalsium dapat berpotensi mempercepat mengeroposan tulang atau osteoporosis pada usia lanjut. Selain itu, kalsium juga berguna untuk pembentukan tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi tahu sangat disarankan untuk anak-anak pada masa pertumbuhan.

 

4. Mencegah monopouse dini pada perempuan

Manfaat tahu yang penting bagi perempuan yaitu berguna untuk mencegah monopouse dini. Tahu memiliki kandungan isoflavon yang berguna untuk menyeimbangkan hormon esterogen selama masa pra monopouse. Kandungan ini adalah senyawa nabati yang mampu membuat hormon esterogen lebih seimbang.

 

5. Berguna untuk menjaga kesehatan darah

Selain tinggi serat, tahu juga kaya akan zat besi. Kandungan tersebut dapat membantu untuk pembentukan sel darah, sehingga sangat baik untuk kamu yang menderita anemia. Rutin mengonsumsi tahu bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah. Pasalnya, kekurangan zat Besi dapat menyebabkan penuruhan darah merah.

 

Baca juga: Anti Gagal, Ini 5 Cara Membuat Tahu Bulat yang Kopong dan Garing

 

6. Membantu mengurangi resiko penyakit jantung

Tahu adalah salah satu bahan makanan yang tidak mengandung lemak jenuh. Hal tersebut membuat tahu menjadi bahan makanan yang tepat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Pasalnya, lemak jenuh adalah jenis lemak yang sangat berbahanya dan dapat berdampak buruk pada peningkatan resiko penyakit jantung, hipertensi, dan berbagai jenis penyakit lainnya.

 

Ingin mulai rutin mengonsumsi tahu? Yuk, beli di Sayurbox! Cari tahu juga lima manfaat tahu lainnya di bawah ini.

 

7. Mengandung Omega-3 untuk mengurangi depresi dan peradangan

Tahu juga terbukti banyak memiliki kandungan omega-3. Kandungan tersebut membuat tahu sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Manfaat tahu yang bisa kamu rasakan yaitu membatu mengurangi depresi dan peradangan. Konsumsi tahu secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya dengan optimal.

 

Baca juga: 10 Olahan Tahu Putih yang Enak dan Mudah Dibuat Oleh Anak Kost

8. Dapat membantu meningkatkan energi

Kamu sering merasa lemas dan tidak berenergi? Coba rutin mengonsumsi tahu. Pasalnya, salah satu manfaat tahu lainnya yang bisa kamu rasakan yaitu dapat membantu meningkatkan energi. Kandungan serat pada tahu dapat berguna menjadi energi dan membuat rasa kenyang lebih lama.

 

9. Kaya serat sehingga baik untuk kesehatan pencernaan

Selain membantu meningkatkan energi, kandungan serat pada tahu juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Rutin mengonsumsi tahu agar terhindar dari berbagai masalah pencernaan. Selain itu, manfaat tahu juga berguna untuk mengurangi risiko stroke, mengontrol gula darah, meredakan gejala sindrom iritasi usus, dan menurunkan risiko wasir.

 

Baca juga: Selain Bola Ubi, Ini 11 Olahan Ubi Cilembu yang Enak dan Pasti Laku Dijual

 

10. Membantu mengurangi resiko kanker

Meski tergolong sebagai makanan murah, ternyata tahu sangat kaya manfaat. Kandungan isoflavon pada tahu berguna untuk mengurangi resiko kanker payudara dan prostat. Tidak hanya itu, tahu juga mempunyai kandungan selenium di dalamnya. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena kaya akan antioksidan.

 

11. Bermanfaat menjaga kesehatan kulit

Manfaat tahu lainnya yang bisa kamu rasakan yaitu berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi tahu berguna untuk mengencangkan otot kulit, sehingga kulit kamu tetap terjaga kesehatan dan kekencangannya.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk rutin mengonsumsi tahu? Yuk, beli tahu di Sayurbox!

Related Articles

Sebelum Rutin Mengonsumsi, Cari Tahu 7 Manfaat Granola yang Baik untuk Kesehatan

Granola adalah salah satu oalahan makanan yang terbuat dari gandum, kacang-kacangan, dan buah kering. Biasanya granola juga ditambahkan...

Wajib Tahu 11 Manfaat Extra Virgin Olive Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

Extra Virgin Olive Oil (EVOO) atau minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak tersehat di dunia. Bahkan, orang cenderung hidup lebih...

15 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Cuka telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai keperluan memasak dan keperluan rumah tangga lainnya. Jenis cuka yang terpopuler...

Post Comment