Written by at January 30, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

11 Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Bisa Kamu Coba

Tomat ceri merupakan jenis tomat berbentuk kecil layaknya buah ceri. Bentuknya bulat, berbeda dengan tomat pada umumnya ataupun jenis tomat plum yang berbentuk lonjong. Warna tomat ceri biasanya merah dengan rasa sedikit asam, tanpa rasa manis dan memiliki daun berwarna hijau cerah. Penampilan luarnya yang indah membuat tomat ceri kerap digunakan sebagai hiasan untuk berbagai sajian, bahkan kadang kala digunakan sebagai bahan tambahan untuk sajian tertentu. Meskipun berukuran kecil, akan tetapi manfaat tomat ceri tak perlu diragukan lagi.

 

Jenis tomat ini mengandung berbagai mineral dan vitamin, termasuk vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini membuat tomat ceri menjadi sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit baik ringan ataupun serius. Berikut ulasan lebih detail mengenai manfaat tomat ceri bila dikonsumsi secara rutin.

 

Ini manfaat tomat ceri untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Tomat Ceri
Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan. (Foto: Pixabay)

1. Melawan radikal bebas

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh tomat ceri dapat menjadi penangkal yang ampuh untuk menghindari bahaya radikal bebas. Mengingat saat ini, radikal bebas dapat berasal dari mana saja, mulai dari debu, polusi, sampai sinar matahari. Radikal bebas ini membawa pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu cegah hal tersebut terjadi dengan mengonsumsi makanan sehat kaya antioksidan seperti tomat ceri.

 

2. Meningkatkan imunitas

Akhir-akhir ini, cuaca menjadi semakin tak menentu. Kadang kala panas terik, lalu beberapa waktu berikutnya hujan deras. Kondisi cuaca yang tak menentu ini berakibat pada semakin rentannya tubuh terhadap serangan virus dan bakteri. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan asupan vitamin yang cukup demi menjaga sistem imunitas alias kekebalan tubuh. Salah satunya dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi tomat ceri yang memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berguna untuk membantu sistem imun tubuh menjadi lebih kuat.

 

3. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital yang harus dijaga agar senantiasa berfungsi dengan baik. Gaya hidup sehat dan asupan vitamin serta mineral yang cukup akan membantu  jantung untuk tetap sehat dan terlindungi dari ancaman penyakit serius. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi tomat ceri yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral.

 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Kamu Coba

4. Mendukung proses pertumbuhan pada anak

Usia anak-anak merupakan usia pertumbuhan yang memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Tak ada salahnya untuk memberikan asupan tomat ceri secara rutin pada anak-anak yang tengah dalam masa pertumbuhan, agar maksimal proses tumbuh kembangnya berkat vitamin dan mineral yang terkandung dalam tomat ceri.

 

5. Anti diabetes

Tomat ceri adalah makanan yang baik bagi para penderita diabetes, sebab buah ini tidak mengandung senyawa yang berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah. Sebaliknya, kandungan nutrisi pada tomat ceri sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk pada para penderita diabetes.

 

Ingin merasakan manfaat tomat ceri? Yuk, pesan tomat ceri segar berkualitas sekarang juga hanya di Sayurbox!

 

 

6. Mencegah kanker

Kanker, adalah penyakit yang menjadi momok menyeramkan bagi banyak orang. Agar terhindar dari penyakit kanker, maka rutinlah mengonsumsi tomat ceri. Sebab, kandungan vitamin C di dalamnya mampu berfungsi sebagai antioksidan yang efektif dalam menangkal radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kanker kulit serta kerusakan sel.

 

Baca juga: Selain Tomat Beef, Ini 5 Jenis Tomat Lainnya yang Wajib Kamu Tahu

7. Mencegah terjadinya rabun mata

Tomat ceri dikenal dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan demi menjaga kesehatan mata, serta menjadi zat yang berperan aktif dalam pembentukan warna pada mata. Oleh sebab itu, rutin mengonsumsi tomat ceri dapat membantu menjauhkanmu dari resiko terkena penyakit rabun mata.

 

8. Membantu diet

Jika kamu tengah menjalani program diet, maka tomat ceri merupakan salah satu opsi makanan sehat yang dapat menjaga berat badanmu tetap stabil. Hal ini dikarenakan tomat ceri sangat rendah kandungan kalori namun tinggi serat, yang artinya tomat ceri mampu membuatmu tetap merasa kenyang dalam waktu lama sehingga dapat mencegahmu dari kebiasaan makan berlebih.

 

Baca juga: 5 Bahan Natural Untuk Melembabkan Kulit Wanita

 

9. Menjaga kesehatan tulang

Segala aktivitas kita sangatlah bergantung pada kesehatan tulang sebagai penopang bagi tubuh khususnya untuk anggota gerak. Apabila tulang mengalami kerusakan, tentu akan sangat menyulitkan bagi kita untuk beraktivitas harian. Agar hal ini tak terjadi, maka rutinlah konsumsi tomat ceri yang kaya akan kandungan kalsium yang dapat menjaga kesehatan pada tulang.

 

10. Menyehatkan kulit

Tomat ceri mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu agar kulit terlihat cerah, kenyal, sehat, dan tak mudah keriput.

 

11. Membantu pembentukan otot

Bila kamu menginginkan otot yang kuat dan sehat, maka selain berolahraga secara tertatur, bantu dengan konsumsi tomat ceri secara rutin. Vitamin dan mineral yang terkandung pada tomat ceri mampu membantu proses pembentukan otot menjadi lebih efektif.

 

Itu dia 11 manfaat tomat ceri. Tertarik untuk merasakan manfaatnya? Pesan tomat ceri segar berkualitas sekarang juga hanya di Sayurbox!

 

Related Articles

Cari Tahu 11 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Kelengkeng memang lazim ditemui di negara beriklim tropis, seperti di Indonesia. Selain rasanya yang manis, buah berbentuk bulat ini juga...

12 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Meski ukurannya kecil, buah kiwi menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut cukup beragam. Bahkan di negara asalnya, Cina,...

10 Buah Mengandung Vitamin A yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Pada dasarnya hampir semua buah-buahan mengandung vitamin A, namun kadarnya yang mungkin berbeda-beda pada tiap buah. Vitamin A memiliki...

Post Comment