Written by at November 30, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 13 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di beberapa jenis kue dan makanan. Mulai dari onde-onde, roti burger, hingga sushi menggunakan biji wijen sebagai taburannya. Biji wijen berasal dari tanaman dengan famili Pedaliaceae yang berasal dari Afrika. Tanaman ini mulanya dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati atau yang lebih dikenal dengan minyak wijen. Meskipun keberadaannya dianggap sekedar penghias suatu hidangan saja, tapi jangan salah. Biji-bijian ini juga memiliki banyak manfaat. Nah, apa sajakah itu? Berikut ini adalah 13 manfaat wijen untuk kesehatan.

Ini manfaat wijen untuk kesehatan

manfaat wijen
Manfaat wijen untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Meski bentuk fisiknya kecil, namun wijen memiliki serat yang baik khususnya untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat miliknya diyakini mampu merangsang gerak peristaltik makanan pada usus halus sehingga gangguan dan masalah pencernaan seperti sembelit dan diare bisa diminimalisir. Tidak hanya itu, kesehatan usus pun akan lebih terjaga. Maka, hal ini bisa menekan terjadinya gastrointestinal dan risiko kanker di area tersebut.

2. Memiliki sifat antiinflamasi dan memperkuat dinding pembuluh darah

Masalah peradangan sendi, tulang, dan otot bisa juga bisa diminimalisir oleh sifat antiinflamasi dari biji wijen. Di luar itu, biji-bijian ini juga bermanfaat dalam memperkuat dinding pembuluh darah. Kandungan tembaga yang dimilikinya terbilang tinggi sehingga proses penyerapan zat besi sebagai komponen penting dari hemoglobin lebih maksimal.

Otomatis, hal tersebut dapat membantu tubuh mampu memaksimalkan sirkulasi oksigen ke beberapa sistem organ tubuh lainnya. Dengan kata lain, kebutuhan oksigen dalam tubuh akan tercukupi.

3. Perlindungan terhadap radiasi

Pernahkah kamu membayangkan bahaya dari radiasi? Ya, salah satu efek terburuknya adalah kanker. Nah, senyawa organik sesamol dalam biji wijen memiliki manfaat terkait hal itu.

Senyawa tersebut berperan dalam melindungi DNA dari efek berbahaya radiasi sehingga risiko terjadinya kanker akibat mutasi sel karena radiasi dapat diminimalisir.

Baca juga: 9 manfaat mengonsumsi kacang-kacangan

4. Menjaga kesehatan mulut

Meski tidak langsung berhubungan, namun manfaat wijen kali ini masih berhubungan dengan sistem pencernaan yaitu area mulut. Nah, siapa sangka wijen memiliki sistem antibakteri dan zat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mulut seseorang. Terlebih lagi dari gangguan bakteri streptococcus, yaitu bakteri yang bisa mengganggu kesehatan rongga mulut.

5. Menjaga kesehatan kulit dan menekan tanda-tanda penuaan dini

Manfaat kali ini datang dari produk olahan biji wijen, yaitu minyak biji wijen. Kandungan dalam minyak tersebut terbukti ampuh dalam pembentukan kolagen yang dikenal baik untuk memperkuat jaringan otot, kulit, dan rambut. Tak heran, banyak produk yang menggunakannya untuk menyamarkan luka bakar dan tanda-tanda penuaan dini.

Ingin mencoba manfaat wijen untuk kesehatan untuk kesehatan? Yuk, beli wijen dan biji-bijian, serta kacang-kacangan berkualitas di Sayurbox. Cek produknya, sekarang!

manfaat wijen

 

6. Kandungan protein yang tinggi untuk metabolik

Biji wijen dikenal tinggi akan protein sehingga mampu memberikan energi tambahan untuk menunjang kekuatan tubuh. Tidak hanya energi, kandungan protein juga baik dalam membantu pertumbuhan sel sehat hingga fungsi metabolisme tubuh.

Baca juga: Suka sama kacang mete? Ini loh 9 manfaat utama mengonsumsi kacang mete

7. Mengurangi risiko diabetes

Siapa sangka, rutin mengonsumsi dua gram biji wijen di setiap hari bisa mengurangi kadar gula darah dengan cepat. Tak heran, khasiat ini kerap dimanfaatkan oleh penderita diabetes yang ingin menurunkan kadar gula darah dalam tubuhnya.

Kandungan magnesium di dalamnya pun cukup tinggi, yaitu dengan perbandingan 351 mg setiap 100 gramnya. Di sisi lain, biji wijen juga bermanfaat untuk mengatur insulin dan kadar glukosa sehingga bisa membantu meningkatkan fungsi sel-beta yang terdapat pada pankreas. Manfaat itu tentunya sangat dibutuhkan oleh para penderita diabetes.

8. Mencegah kanker

Selain vitamin, biji wijen juga dilengkapi dengan anti karsinogenik, mineral, kandungan fitat, serta thymoquinone. Kandungan tersebut dikenal baik untuk membantu menekan pertumbuhan sel kanker dan sel darah kotor di beberapa area. Beberapa area yang rawan risiko kanker di antaranya yaitu, payudara, mulut, dan otak.

9. Menjaga kesehatan rambut

Siapa sangka, selain kolagen, biji wijen juga mengandung mineral zinc. Kedua kandungan tersebut dikenal baik untuk membantu memperkuat jaringan kulit rambut hingga pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Baca juga: 5 cara mengolah bubur kacang hijau yang enak dan sehat

10. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tentu bisa menimbulkan masalah kesehatan lanjutan. Ternyata biji wijen mengandung lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Di sisi lain, kandungan phytostherol miliknya juga mampu menghalau risiko beberapa jenis kanker di dalam sel tubuh. Untuk itu, banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi biji wijen untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

11. Menurunkan tekanan darah

Tingginya tekanan darah seseorang bisa berlanjut menjadi gangguan yang lebih serius, misalkan stroke atau mungkin kematian. Tak heran, penderita masalah ini kerap diwanti-wanti untuk mengawasi dan melakukan kontrol secara rutin.

Dalam biji wijen terkandung magnesium yang dikenal baik untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Kandungan sesamol dan sesamin di dalamnya terbilang efektif juga untuk merelaksasikan pembuluh darah.

12. Sumber protein nabati yang tinggi

Jika ingin menambah asupan protein, coba konsumsi biji wijen. Masukkan ke dalam olahan makanan baik makanan manis maupun gurih. Agar mendapat manfaat protein tertingginya, panggang biji wijen terutama pilih yang masih terbungkus sekamnya. Kandungan protein tinggi pada biji wijen adalah metionin dan cystine. Manfaatnya pasti adalah membentuk otot sampai hormon.

13. Dapat meredakan nyeri lutut rematik

Biasa juga dikenal dengan istilah osteortritis, nyeri sendi yang biasanya berefek pada lutut. Penyebab nyeri seperti ini biasanya inflamasi dan masalah pada tulang rawan, biasanya inflamasi dapat dikontrol dengan Sesamin. Sesamin adalah senyawa pada biji wijen (sesame) yang memiliki anti-inflmasi dan antioksidan yang dapat melindungi tulang rawan.

Nah, itulah 13 manfaat wijen untuk kesehatan. Meski bentuknya kecil dan kerap dimanfaatkan hanya untuk mempercantik hidangan makanan saja, ternyata biji wijen memiliki segudang manfaat di dalamnya. Bagi kamu yang ingin menambahkan wijen ke dalam masakanmu, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat wijen

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Ini 11 Manfaat Labu Parang, Baik Juga untuk Bayi, Lho!

Tidak seperti labu siam, mungkin penggunaan labu parang untuk kebutuhan masak-memasak memang tidak begitu populer. Nah, apabila sebelumnya...

Selain Melembabkan, Ini 11 Manfaat Timun untuk Wajah yang Bisa Dicoba

Timun merupakan sayuran yang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, timun rendah kalori dan mengandung banyak serat yang membuat buah ini...

11 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk unik ini? Rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia....

Post Comment