Written by at January 31, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

Kesehatan mata menjadi salah satu aspek yang akhir-akhir menjadi pembicaraan. Pasalnya di zaman sekarang, aktivitas mata menjadi berat karena intensitas interaksi mata dengan layar gadget yang meningkat. Bisa kita bandingkan, berapa jam dalam sehari waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan gadget di tiap harinya. Rata-rata 3-4 jam, tapi tak sedikit pula orang yang memang memiliki pekerjaan di depan layar laptop setiap harinya. Dengan demikian, masalah kesehatan mata menjadi masalah penting bagi masyarakat. Untuk menjaga kesehatan mata sebenarnya masyarakat memiliki alternatif terbaik yang bisa ditempuh yaitu dengan memanfaatkan wortel berastagi. Wortel berastagi merupakan jenis wortel yang dihasilkan dari dataran tinggi. Wortel berastagi kaya akan vitamin A yang dapat menyehatkan mata, sehingga banyak orang mengonsumsi wortel berastagi untuk mencegah adanya penyakit mata. Tapi yang menariknya lagi, wortel berastagi memiliki banyak manfaat lain juga, loh! Inilah 11 manfaat wortel berastagi yang perlu kamu ketahui.

 

Ini manfaat wortel berastagi yang perlu kamu ketahui

Manfaat wortel berastagi
Manfaat wortel berastagi selain untuk menyehatkan mata. (Foto: Pixabay)

1. Membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Hal yang paling utama dari keuntungan mengonsumsi wortel berastagi adalah membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Bila wortel dikonsumsi dalam bentuk jus secara rutin akan membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B di dalam buah wortel berastagi yang dapat memecah glukosa, lemak, dan protein, sehingga metabolisme tubuh meningkat.

 

2. Membantu menyembuhkan luka

Tahukah kamu bila wortel berastagi dapat menyembuhkan luka? Kandungan beta karoten yang tinggi di dalam wortel berastagi dapat bertransformasi menjadi retinol yang dapat menyembuhkan luka. Kandungan zat inilah yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit, sehingga luka lekas sembuh dan bekas lukanya pun cepat hilang.

 

3. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan yang terdapat dalam buah wortel berastagi antara lain Vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor, dan beta karoten yang baik untuk kesehatan jantungmu.

 

Baca juga: Dua Trik Cepat Membuat Camilan Wortel

 

4. Dapat menurunkan kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menyebutkan bahwa mengonsumsi setidaknya 6 buah wortel berastagi dalam satu minggu, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Karena wortel merupakan buah yang kandungan seratnya tinggi, sehingga dapat menurunkan kolesterol karena serat ini berfungsi menghambat penyerapan lemak di dalam tubuh.

 

5. Mencegah risiko kanker payudara

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menyatakan bahwa mengonsumsi bahan makanan yang mengandung beta karoten setiap hari akan mengurangi risiko terkena kanker payudara sebesar 17%. Itu berarti wortel berastagi cocok untuk mereka yang ingin mencegah kanker payudara sejak dini.

 

Ingin mencoba manfaat wortel berastagi ini? Yuk, beli wortel dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

6. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Agar daya tahan tubuh meningkat, dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi wortel berastagi dicampur dengan ketumbar. Ini merupakan resep rahasia yang tidak banyak orang tahu, padahal sangat ampuh untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus.

 

Baca juga: Keripik Wortel, Makanan Ringan Sehat

 

7. Menjaga kesehatan otak

Kandungan gizi yang tinggi di dalam sayuran umbi akar ini dapat membantu menjaga kesehatan otak karena dapat meningkatkan kapasitas daya ingat dan daya kognitif otakmu.

 

8. Menjadi anti-radang

Sudah menjadi rahasia umum bila ekstrak buah wortel berastagi dapat digunakan untuk mencegah peradangan yang ada pada tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam wortel berastagi fungsinya hampir sama dengan efek obat aspirin ataupun ibuprofen, lho!

 

9. Mengatasi minyak berlebih pada kulit

Masalah minyak berlebih di permukaan kulit memang menjadi momok bagi sebagian besar manusia. Padahal cara alami yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan wortel berastagi sebagai salah satu bahan masker alami untuk kulit berminyakmu.

 

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Pengaruh Asupan Makanan untuk Kesehatan Mental

 

10. Mencerahkan kulit

Kulit putih dan cerah adalah idaman seluruh manusia. Meski memutihkan kulit adalah sesuatu yang sulit, namun mencerahkan kulit menjadi mudah dengan menggunakan wortel berastagi. Di dalam wortel berastagi terdapat kandungan vitamin C yang berguna untuk mencerahkan kulit. Konsumsi wortel secara rutin dan bisa pula dengan menjadikannya masker wajah agar kulit wajahmu menjadi bersinar.

 

11. Dapat menyamarkan flek hitam

Flek hitam yang sangat mengganggu penampilan wajah ternyata dapat dihilangkan dengan wortel berastagi loh! Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan wortel berastagi dan mencampurkannya dengan madu. Campuran antara madu dan wortel berastagi dapat dijadikan masker wajah yang bisa menyamarkan flek hitam di wajah. Pakai secara rutin dan bilas menggunakan air hangat.

 

Wortel berastagi merupakan salah satu sayuran yang memiliki harga terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran. Dengan harga yang relatif terjangkau, ternyata wortel berastagi memiliki banyak manfaat yang dapat diambil. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat wortel berastagi ini? Yuk, beli wortel dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

 

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Post Comment