Written by at March 25, 2020
Resep

11 Resep Olahan Kangkung yang Enak dan Sehat

Siapa yang tak tahu sayur kangkung? Sayur yang mudah ditemukan dan memiliki banyak manfaat ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak heran jika banyak ibu rumah tangga yang memilih untuk mengelola sayur kangkung untuk keluarga. Berikut adalah 11 resep olahan kangkung yang enak dan sehat untuk keluarga!

 

Ini resep olahan kangkung yang enak dan sehat

Resep Olahan Kangkung
Resep Olahan Kangkung yang Enak dan Sehat. (Foto: Pixabay)

1. Cah kangkung

Pasti kalian sudah mengenal resep olahan kangkung yang satu ini. Untuk membuat cah kangkung, iris bawang putih, bawang merah dan cabai merah. Selanjutnya, tumis bahan tadi sampai matang. Masukkan kangkung dan tambahkan gula, garam, serta saus tiram. Tumis hingga matang. Selanjutnya, cah kangkung siap dihidangkan. 

 

2. Mie Kangkung

Siapa yang tidak menyukai mi? Untuk makanan yang sehat, kalian bisa coba olahan mie dengan kangkung ini. Caranya masukkan mie basah yang telah disiram air panas ke dalam tumisan bawang merah, bawang putih dan ebi. Tuangkan kaldu, lalu masak hingga mendidih. Masukkan larutan tepung kanji, kecap asin, kecap manis, minyak wijen, lada, dan garam. Tambahkan lauk seperti daging ayam dan telur puyuh sesuai dengan selera. Tambahkan kangkung dan daun bawang, lalu masak sampai matang. Mie kangkung siap dihidangkan!

 

3. Kangkung Belacan

Untuk pecinta rasa pedas, kangkung belacan ini wajib dicoba. Cara membuatnya sangat mudah. Haluskan rawit, cabai merah keriting, bawang putih, bawah merah, terasi, ebi dan tomat. Selanjutnya, tumis hingga matang dan tambahkan air. Bumbui dengan garam, gula, serta kaldu bubuk. Tambahkan kangkung, lalu aduk cepat. Tutup dan biarkan selama 30 detik. Lalu, sajikan selagi hangat.

 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

 

4. Kangkung Bumbu Rujak

Resep olahan kangkung satu ini juga tidak kalah pedasnya untuk para pecinta rasa pedas. Rebus sebentar kangkung di dalam air yang sudah mendidih. Selanjutnya, tiriskan. Haluskan bumbu rujak seperti cabai rawit, gula merah, asam jawa, terasi, garam dan tambahkan sedikit air hangat. Kemudian, hidangkan kangkung di atas piring, lalu siram bumbu rujak di atasnya. Jadi, deh!

 

5. Kangkung Sambal Tempe

Cara membuat olahan kangkung ini juga mudah, loh! Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, rawit, cabai keriting dan tomat. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Tumis sambal yang sudah jadi dan masukkan potongan tempe goreng. Selanjutnya, masukkan kangkung dan tumis hingga matang. Kangkung sambal tempe siap dihidangkan.

 

Ingin mencoba resep olahan kangkung ini di rumah? Yuk, beli kangkung dan berbagai sayuran segar lainnya di Sayurbox!

 

resep olahan kangkung

 

6. Tumis Kangkung

Ini nih, cara untuk membuat tumis kangkung yang enak. Rendam kangkung di dalam air garam selama 10 menit, lalu tiriskan. Tumis Bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Tambahkan cabai dan kangkung dan saus tiram. Tambahkan garam dan gula sesuai dengan selera. Aduk hingga bumbu meresap, lalu sajikan ketika hangat.  

 

Baca juga: Sejuta Nutrisi dan Manfaat Alpukat

 

7. Tumis Kangkung Terasi

Bagaimana kalau tumis kangkung dengan terasi? Boleh banget! Bagi pecinta makanan yang harus ada bumbu terasinya, kalian bisa mencoba resep olahan kangkung yang satu ini. Cukup haluskan bumbu tumis kangkung bersama dengan terasi. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, kemudian masukkan kangkung. Setelah masak, hidangkan ketika hangat. Jadi deh!

 

8. Hot Plate Kangkung

Untuk memasak hidangan yang satu ini, kamu perlu menumis kangkung terlebih dahulu bersama dengan bawang merah, bawang putih dan cabai. Selanjutnya, kita bikin toppingnya. Untuk topping hot plate kangkung ini, kalian perlu menumis bawang putih dan ayam. Selanjutnya, tambahkan saus tomat pedas, saus tiram dan kaldu bubuk. Kalau sudah matang, tuangkan di atas tumis kangkung yang tadi. Hot plate kangkung siap dihidangkan.

 

9. Tumis kangkung bakso

Suka makan bakso dengan sayur? Nah, kamu perlu mencoba resep yang satu ini. Pertama-tama, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe rawit sampai harum. Kemudian tambahkan kecap manis, saus tiram, kaldu jamur dan gula serta garam secukupnya. Tambahkan sedikit air, lalu masukkan bakso dan tomat. Kalau bakso sudah setengah matang, masukkan kangkung. Tumis sampai matang.

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

10. Kangkung Petis

Untuk resep yang satu ini, kamu perlu menghaluskan bawang putih, cabai keriting merah, cabai rawit dengan petis, terasi, cuka, gula dan garam. Selanjutnya, tumis bahan-bahan yang sudah dihaluskan dan tambahkan sedikit air. Kalau sudah mendidih, angkat. Susun kangkung yang telah direbus dengan air garam di atas piring. Tambahkan tahu tipis dan teri yang telah digoreng. Tuangkan bumbu ke atas kangkung. Kangkung petis siap dihidangkan.

 

11. Sayur Asem Kangkung

Pernah mencoba Sayur Asem tapi dengan kangkung? Kalau belum, resep ini cocok untuk kamu. Caranya, geprek bawang merah dan bawang putih. Rebus air secukupnya, kemudian masukkan bawah putih, bawah merah dan asam jawa. Kalau sudah mendidih, masukkan kangkung. Tunggu hingga sedikit layu, lalu hidangkan. 

 

Itulah 11 resep olahan kangkung yang enak dan sehat untuk kalian coba di rumah. Yuk, beli kangkung dan berbagai sayuran segar lainnya di Sayurbox!

 

resep olahan kangkung

Related Articles

Tanpa Gorengan, Ini 9 Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Artinya, hidangan yang khas disajikan ketika berbuka puasa pun akan ramai menghiasi meja makan di setiap...

Selain Jus, Ini 10 Minuman Olahan Jeruk yang Menyegarkan

Buah jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang cukup digemari di Indonesia. Sebab, buah ini mengandung banyak sekali manfaat bagi...

Ini 11 Resep Sayur Asem yang Lezat dan Praktis Dimasak di Rumah

Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, rasa asem-lah yang...

Post Comment