Written by at March 21, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

Jehe merah memiliki banyak kandungan zat aktif yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan senyawa bermanfaat yang ada di dalam jahe merah antara lain adalah shogaol, gingerol, zingeron, dan lainnya. Tanaman herbal ini lebih sering digunakan sebagai bahan baku obat daripada bumbu masakan. Rasa jahe merah pun cenderung lebih pedas dibandingkan dengan jahe lainnya. Penasaraan apa saja manfaat tanaman herbal ini? Yuk, coba ini 12 khasiat jahe merah untuk kecantikan dan kesehatan tubuh di bawah ini!

 

Ini khasiat jahe merah untuk kecantikan dan kesehatan

 

khasiat jahe merah untuk kecantikan dan kesehatan
Khasiat jahe mera untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. (Foto: Shutterstock)

 

  1. Mampu menghangatkan tubuh saat udara dingin

Jika berkunjung ke daerah pegunungan atau tempat-tempat yang dingin, kamu pasti sering disuguhkan minuman hangat berbagan dasar jahe. Penyuguhan minuman jahe saat udara dingin ini ternyata bukan tanpa alasan. Pasalnya, jahe terutama jahe merah terbukti mampu menghangatkan tubuh.

 

Kandungan rasa pedas pada jahe merah yang berasal dari gingerol sangat berguna untuk menghangatkan tubuh. Jahe merah mampu membuat tubuh terasa lebih nyaman, apa lagi jika kamu meminumnya saat musim hujan.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Minuman Jahe Merah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

  1. Membantu meredakan sakit kepala ringan

Sering merasa sakit kepala hingga mengganggu aktivitas? Sebaiknya kamu jangan langsung buru-buru mengonsumsi obat. Pasalnya, bahan kimia yang digunakan pada obat dikhawatirkan dapat menimbulkan efek yang kurang baik jika dikonsumsi terus-menerus dalam jangka panjang.

 

Untuk mengobati sakit kepala ringan bisa kamu atasi dengan mengonsumsi jahe merah. Jahe merah memiliki kandungan kamfena, serta rasa pedas dan hangat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dengan begitu, tanaman herbal ini juga efektif untuk meredakan sakit kepala.

 

  1. Mencegah radang pencernaan dan sakit perut

Tidak hanya menghangatkan dan membuat tubuh lebih rileks, jahe merah juga punya kandungan aktif zingeron yang efektif untuk mencegah radang pencernaan. Zat aktif pada jahe merah tersebut berguna untuk menghambat enzim yang memicu radang pencernaan. Konsumsi jahe merah secara rutih untuk mencaga kesehatan pencernaan.

 

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit

Saat musim hujan seperti sekarang ini, tubuh pasti menjadi mudah terserang flu atau penyakit lainnya. Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, kamu bisa rutin mengonsumsi jahe merah. Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat.

 

Baca juga: 3 Resep Mudah dengan Kabocha

 

  1. Membantu mengobati batuk pada anak-anak dan orang dewasa

Batuk berkepanjangan dapat membuat kamu tidak nyaman. Selain itu, jika tidak segera diatasi batuk juga dapat membuat tenggorokan terasa sakit. Coba konsumsi jahe merah untuk meredakan batuk yang sedang kamu alami. Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah bermanfaat untuk mengatasi batuk, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

 

Ingin mencoba khasiat jahe merah? Yuk, beli jahe merah sekarang di Sayurbox! Cari tahu juga tujuh khasiat jahe merah lainnya di bawah ini.

 

  1. Mengatasi mual dan meningkatkan nafsu makan

Rasa mual karena perut bergas bisa ikut menurunkan nafsu makan. Pasalnya, perut menjadi terasa tidak nyaman. Jika kamu sering mengalami hal tersebut, kamu bisa coba mengatasinya dengan mengonsumsi jahe merah.

 

Salah satu efek dari jahe merah adalah membantu menghilangkan gas berlebih di saluran usus, sehingga dapat membantu menghilangkan mual selama kehamilan atau kemoterapi. Selain itu, tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

 

Baca juga: Manfaat Rempah Masakan Populer

 

  1. Membantu menurunkan berat badan, cocok untuk yang sedang diet

Meskipun dapat membantu mengingkatkan nafsu makan, tetapi jahe merah ternyata juga baik dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet. Jahe merah dapat menjadi suplemen makanan yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama pada perut. Tidak hanya itu, jahe merah juga baik untuk membakar kalori sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

 

  1. Mencegah kolesterol dan menjaga kesehatan jantung

Kolesterol dan jantung termasuk sebagai penyakit berbahaya yang dapat berujung pada kematian. Namun, penyakit tersebut bukan berarti tidak bisa dicegah. Untuk mencegah kolesterol dan menjaga kesehatan jantung sebaiknya kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat setiap hari.

 

Salah satunya adalah mengonsumsi jahe merah. Konsumsi jahe merah secara teratur terbukti mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

 

  1. Meringankan sakit yang disebabkan karena menstuasi

Bagi perempuan, saat-saat menjelan mentuasi pasti cukup menakutkan. Pasalnya, perubahan hormon menjelang mentruasi dapat membuat tubuh menjadi mudah lemas, pegal-pegal, sakit perut, bahkan terkadang hingga nyeri di bagian sekitar pinggul yang tidak tertahankan.

 

Untuk kamu yang sering mengalami hal tersebut, coba konsumsi jahe merah pada awal periode menstuasi. Tanaman herbal ini berguna untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang disebabkan karena mentuasi.

 

  1. Mampu melembapkan kulit kering

Tidak hanya baik untuk kesehatan, jahe merah juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya yaitu mampu melembapkan kulit kering. Kondisi kulit yang kering dapat berpotensi menimbulkan iritasi. Untuk mengatasinya kamu bisa coba menggunakna jahe merah sebagai perawatan untuk mengembalikan kelembapan alami pada kulit. Namun, selain itu, kamu juga tetap harus banyak mengonsumsi air putih agar tubuh tidak dehidrasi dan menyebabkan kulit kering.

 

  1. Membantu mengontrol minyak dan mencegah jerawat

Salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh perempuan Indonesia adalah kelebihan minyak di kulit wajah. Kondisi tersebut membuat kulit terlihat mengilap, kusam, dan mudah berjerawat. Salah satu khasiat jahe merah adalah untuk mengontrol minyak pada kulit, sehingga juga efektif untuk mencehah jerawat jika dikonsumsi secara rutin.

 

  1. Mencegah penuaan dini agar kulit awet muda

Jahe merah juga memiliki kandungan antoksidan yang baik untuk kulit. Kandungan tersebut bermnafaat untuk menangkal efek buruk sinar UV yang tidak baik untuk kulit. Kandungan tersevut di dalam jahe merah juga mampu mencegah penuaat dini sehingga kulit lebih awet muda.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk rutin mengonsumsi jahe merah? Yuk, beli jahe merah di Sayurbox!

Related Articles

Wajib Tahu, Ini 11 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatanmu

Jambu kristal merupakan salah satu jenis jambu yang memiliki biji lebih sedikit, namun tekstur buahnya lebih renyah. Meskipun keberadaannya...

Selain Enak, Ini 12 Manfaat Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Selain enak dikonsumsi secara langsung, buah mangga yang memiliki rasa manis dan asam ini juga nikmat diolah menjadi jus buah yang segar....

Ternyata ini 7 Kandungan Salak yang Baik untuk Kesehatan

Salak merupakan salah satu buah yang memiliki daging renyah dengan biji coklat di dalamnya. Buah salak dilapisi oleh kulit bersisik...

Post Comment