Written by at August 11, 2022
Tips dan Rekomendasi

12 Kuliner Indonesia Khas Hari Kemerdekaan, Ada yang Warnanya Kayak Bendera

Gak kerasa sebentar lagi hari kemerdekaan akan datang menjelang. Selain dengan upacara dan berbagai macam perlombaaan, aneka kuliner Indonesia khas hari kemerdekaan juga turut dimasak untuk membuat suasana jadi makin semarak. Penasaran apa saja kuliner khas Indonesia yang identik dengan hari kemerdekaan tersebut? Yuk intip jawabannya di bawah ini.

kuliner indonesia

1. Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng bisa dibilang sebagai salah satu makanan wajib, khususnya bagi masyarakat pulau Jawa, di berbagai perayaan, salah satunya tentu di perayaan hari kemerdekaan. Uniknya, nasi tumpeng yang disajikan pada hari kemerdekaan ini bukan hanya yang terbuat dari nasi kuning saja, melainkan dibuat khusus sehingga warna nasinya menyerupai warna bendera, yakni merah dan putih.

nasi tumpeng

Selayaknya sajian nasi tumpeng, pasti ada aneka lauk yang menyertai nasi tersebut, seperti telur dadar, telur goreng, perkedel, abon, kedelai goreng, ikan, daging, aneka sayuran, dan masih banyak lagi. Bahkan, tak hanya sekadar jadi sajian, namun ada pula lomba merias nasi tumpeng yang diselenggarakan. Asyik banget, kan?

2. Bubur Merah Putih

bubur merah putih

Source: Instagram @bellscatering

Tak hanya nasi tumpeng yang berwarna merah putih, namun ada juga bubur merah putih yang dibuat khusus untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia. Warna merah pada bubur diperoleh dengan mengolahnya menggunakan gula merah, sedangkan warna putih pada bubur tersebut diperoleh dari campuran kelapa.

3. Klepon Merah Putih

klepon merah putih

Source: Instagram @intan_threeani17

Jika biasanya berwarna hijau, khusus untuk menyambut hari kemerdekaan, klepon disajikan dalam warna merah dan putih. Camilan manis dengan isian berupa lelehan gula merah ini pun menambah semarak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Klepon merah putih ini sendiri merupakan camilan HUT RI khas dari Jawa Tengah.

Baca juga: 5 Resep Rawon, Makanan Tradisional Khas Jawa Timur

4. Telok Pindang

telok pindang

Saat hari kemerdekaan, biasanya masyarakat Palembang membuat sajian berupa telok pindang. Makanya, tak heran jika pada bulan kemerdekaan, Sayurfriends bisa dengan mudah menemukan penjual telok pindang ini di area Kota Pelambang. Telok pindang sendiri merupakan makanan berbahan telur, yang direbus dengan aneka campuran rempah dan bumbu sehingga warnanya jadi kecokelatan.

5. Nasi Tiwul

nasi tiwul

Kuliner Indonesia selanjutnya yang juga identik dengan hari kemerdekaan adalah nasi tiwul. Nasi tiwul merupakan kuliner khas tanah air yang terbuat dari singkong, yang mana dulunya sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Singkong ini nantinya dikeringkan dan dikukus. Biasanya, nasi tiwul disajikan dengan taburan kelapa parut dan garam.

6. Ayam Paniki

ayam paniki

Ayam Paniki merupakan sajian khas Manado yang identik dengan hari kemerdekaan di daerah tersebut. Sajian satu ini berbahan dasar ayam kampung, yang kemudian diolah dengan santan dan aneka rempah pilihan, sehingga cita rasa gurihnya begitu terasa di lidah. Walaupun bukan berasal dari Manado, Sayurfriends tetap bisa coba buat sajian ini di rumah saat hari kemerdekaan nanti.

7. Carabikang

carabikang

Carabikang merupakan kue mirip serabi yang kerap disajikan kala menyambut datangnya hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kue berbahan dasar tepung beras ini berasal dari Jawa Tengah, di mana cita rasa manis yang dimilikinya begitu menggoyang lidah. Meskipun kerap dibuat warna-warni, saat hari kemerdekaan biasanya disajikan carabikang dengan warna merah dan putih.

8. Nasi Kendil

nasi kendil

Source: yopiefranz.com/

Kuliner Indonesia selanjutnya yang juga identik dengan hari kemerdekaan adalah nasi kendil. Nama kuliner satu ini terinspirasi dari cara penyajiannya yang ditaruh di dalam kendil yang terbuat dari tanah liat. Nasi akan dimasak dengan santan terlebih dahulu, kemudian setelah masak dihidangkan dalam kendil bersama dengan aneka lauk pauk yang menggugah selera.

9. Bandros

bandros

Bandros merupakan camilan manis yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan kelapa parut. Penggunaan santan dalam pembuatannya membuat camilan ini begitu gurih saat disantap. Cita rasa manis bandros ini ditambah dengan taburan gula pasir saat camilan ini dihidangkan. Bandros paling pas untuk dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi, khususnya saat hari kemerdekaan.

10. Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom

Saat hari kemerdekaan tiba, masyarakat Sunda biasanya membuat sajian berupa nasi tutug oncom. Sajian ini terbuat dari campuran oncom hitam, kencur, cabai, dan bawang putih. Selain cita rasanya yang lezat dan tak perlu diragukan lagi, nasi tutug oncom juga terkenal dengan aromanya yang begitu wangi. Harus siap gemuk deh jika menyantap nasi tutug oncom ini.

11. Telok Abang

telok abang

Source: travel.tribunnews.com

Gak hanya sajian berupa telok pindang yang laris manis ditemukan di Palembang saat hari kemerdekaan tiba, melainkan juga sajian telok abang. Masih berbahan dasar telur, namun pada sajian satu ini, telur yang telah direbus diberi pewarna merah, yang melambangkan warna dari bendera Indonesia. Telur tersebut kemudian dijual 1 set dengan miniatur untuk menarik perhatian.

Baca juga: 5 Bumbu Sate Sapi Khas Nusantara, Bumbunya Meresap Banget!

12. Nasi Jagung

nasi jagung

Ada banyak kuliner nasi yang jadi ciri khas hari kemerdekaan, salah satunya adalah nasi jagung. Nasi jagung ini dibuat dari jagung pipil, yang kemudian disantap dengan aneka lauk pauk. Usut punya usut, ternyata nasi jagung merupakan salah satu kuliner kesukaan dari Presiden Pertama Indonesia, yakni Ir. Soekarno.

Nah, itulah tadi 12 kuliner Indonesia yang kerap disajikan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tak hanya sekadar sering dimasak saja, namun hidangan tersebut ada yang mengandung makna historis di balik warna dan penyajiannya. Kalau di daerah Sayurfriends sendiri, sering menyajikan apa nih saat hari kemerdekaan tiba?

Oh ya, menjelang hari kemerdekaan ini Sayurbox juga punya promo yang menarik, lho. Ada diskon sampai dengan 20%, flash sale, dan banyak yang lainnya yang pastinya bikin dompet ‘merdeka’. Yuk cek sekarang juga promo weekly Sayurbox.

Related Articles

11 Rekomendasi Obat Asam Urat Alami, Bantu Redakan Rasa Nyeri

Asam urat merupakan tipe artritis kompleks yang ditandai dengan rasa nyeri dan juga pembengkakan pada sendi. Ada berbagai penyebab asam...

17 Makanan Sehat untuk Ginjal, Yuk Sayangi Ginjal Mulai dari Sekarang!

Ginjal merupakan organ tubuh yang punya segudang fungsi bagi tubuh. Mulai dari menyaring racun, menyeimbangkan cairan tubuh, hingga...

11 Jenis Teh yang Banyak Dikonsumsi di Dunia, Ada Teh Hitam hingga Putih

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia. Jika di Indonesia bisa dibilang sebagai...