Written by at December 05, 2022
Tips dan Rekomendasi

12 Makanan khas Kanada Lezat Menggoda, Ada Bannock hingga Butter Tarts

makanan khas kanada

Kanada punya banyak banget menu makanan khas yang rasanya enak-enak. Bahkan Kanada disebut-sebut sebagai rumah buat ratusan makanan tradisional. Wah, bisa dibayangkan betapa banyaknya pilihan makanan khas Kanada. Yuk, langsung aja cari tahu menu apa aja yang jadi andalan di negara terbesar kedua di dunia ini!

1. Bannock

Bannock

 

Pertama ada bannock, camilan enak khas Kanada yang wajib dicoba. Bannock ini populer sebagai makanan cepat saji buat warga Kanada sana. Terbuat dari roti pipih yang bisa dimakan langsung saja atau dikasih tambahan topping. Biasanya sih warga Kanada menyajikan bannock dengan topping yang bervariasi.

Topping apa saja yang biasanya dimakan bareng bannock? Macam-macam, bisa selai, krim keju, dan masih banyak lagi. Selain jadi camilan biasa juga dimakan waktu sarapan.

2. Split Pea Soup

Split Pea Soup

 

Dimana-mana menu sup emang selalu jadi andalan, apalagi kalau cuaca lagi dingin. Warga Kanada biasanya makan split pea soup buat bikin tubuh jadi hangat dan lebih segar. Sup ini punya isian kacang polong sama daging. Kuahnya kaya rasa soalnya pakai beragam jenis rempah.

Tekstur sup ini lembut banget dan cenderung creamy. Bisa ditambahkan isian lain seperti wortel, jagung, dan lain-lain sesuai selera. Rasanya juga enak dan bisa jadi pilihan buat dimakan waktu sakit.

3. Shish Taouk

Shish Taouk

 

Lanjut ke menu berikutnya yaitu ada shish taouk. Menu makanan khas Kanada satu ini dari segi tampilan mirip banget sama sate ayam yang biasa ditemui di Indonesia. Gak salah sih karena cara penyajiannya ditusuk-tusuk gitu terus bahan utamanya juga daging ayam.

Daging ayam shish taouk ini sudah dibumbui dulu sampai meresap terus daging yang dipilih juga tanpa tulang. Jadi dari segi tekstur terasa lunak dan bumbunya juga lebih terasa. Daging ayam ini diselingi roti pita sama acar dan hummus. Rasanya enak, cocok jadi lauk makan bareng sambal dan nasi.

4. Tourtiere

Tourtiere

 

Nah, kalau cari dessert maka tourtiere ini bisa jadi pilihan tepat. Tapi ada yang unik dari kue khas Kanada ini. Tampilannya sih mirip sama apple pie tapi dari segi rasa jauh berbeda karena base-nya bukan manis tapi gurih. Cocok banget jadi camilan tapi juga bisa bikin kenyang.

Tourtiere ini punya rasa gurih karena di dalamnya ada isian daging babi atau daging sapi. Terus dagingnya itu dimasak pakai aneka rempah dan bahan herbal lainnya. Menu ini terasa istimewa banget buat warga Kanada karena biasanya disajikan pas momen Natal sama tahun baru.

5. Bagel

Bagel

 

Siapa sih yang gak tahu bagel? Bagel sendiri sangat populer di Eropa dan ternyata bagel itu sendiri awalnya berasal dari Kanada. Bagel itu bisa disebut juga sebagai donat. Kalau di Kanada asli, bagel ukurannya jauh lebih kecil dibanding bagel yang ada di Eropa. Ini disebabkan oleh cara masak yang ternyata berbeda.

Bagel di Kanada dibuat dari adonan tepung terigu sama ragu yang sudah direbus dulu. Baru adonannya dipanggang terus disajikan pakai beragam jenis topping. Bagel gampang banget buat dijumpai di pedagang-pedagang street food Kanada.

6. Timbits

Timbits

Sumber: chickadvisor.com

 

Makanan khas Kanada berikutnya adalah timbits. Ini hampir mirip sih sama bagel tadi karena konsepnya emang donat. Tapi donat yang ini gak berlubang dan bentuknya juga bola-bola sama ukurannya lebih kecil. Kelihatan simple, tapi ternyata camilan ini jadi salah satu makanan paling ikonik di Kanada.

Timbits terbuat dari adonan roti yang super lembut dan varian rasanya banyak banget. Mulai dari original, cokelat, bluberi, stroberi, lemon, dan masih banyak lagi. Cocok banget jadi camilan buat dibawa pas jalan-jalan.

Baca juga: 11 Makanan Meksiko Paling Populer, dari Burrito hingga Fajita yang Lezat

7. Nanaimo Bars

Nanaimo Bars

 

Lanjut ke makanan manis yang khas banget di Kanada. Nanaimo bars ini biasanya dijadikan makanan penutup dan sering dijual di resto-resto. Disebut nanaimo bars karena makanan ini berasal dari kota Nanaimo yang ada di British Columbia. Rasanya enak dan dijamin disukai anak-anak soalnya manis banget.

Makanan ini terbuat dari bahan yang seperti kerak kelapa terus ada icing custard kuning yang lembut banget. Selain itu ada ganache cokelat di bagian atasnya. Cocok banget buat dinikmati sama pencinta makanan manis.

8. Beavertails

Beavertails

Sumber: narcity.com

 

Berikutnya ada jajanan khas Kanada bernama beavertails. Menu ini cukup unik karena bentuknya itu mirip sama ekor berang-berang. Sebenarnya makanan ini juga konsepnya sama kayak donat tapi disajikan dalam bentuk yang berbeda jadi lebih unik dan menarik. Rasanya mirip donat tapi gak punya lubang dan bentuknya juga pipih.

Beavertails ini awalnya populer karena ada resep turun-temurun dari keluarga Graham Hooker. Rasanya enak sampai jadi populer deh di seluruh Kanada. Sekarang orang-orang bisa menjumpai makanan ini di berbagai tempat di Kanada.

9. Kraft Dinner

Kraft Dinner

 

Makanan khas Kanada berikutnya yang juga jadi favorit banyak orang adalah kraft dinner. Menu ini mirip banget sama Mac n Cheese-nya orang Amerika. Terbuat dari bahan utama makaroni sama keju yang dilelehkan dan dicampur jadi satu. Enak dan benar-benar creamy!

Kraft dinner udah jadi salah satu menu yang populer banget di Kanada. Awalnya menu ini muncul di tahun 1937 terus disukai banyak orang dan sekarang jadi menu khas Kanada. Selain enak, makanan ini juga gampang banget buat dibikin jadi gak heran kalau banyak yang suka.

10. Bouilli

Bouilli

 

Lanjut ke menu makan lainnya ada sup bernama bouilli. Makanan ini berasal dari Quebec dan hampir mirip kayak pot-au-feu khas Prancis. Di dalam sup ini ada potongan daging sapi terus ditambah aneka sayuran seperti kentang, wortel, lobak, sama kubis.

Semua sayuran tadi dimasak bareng-bareng dan direbus jadi satu. Uniknya, gak ada resep pasti cara membuat bouilli di Kanada. Setiap keluarga di Kanada punya resep dan cara sendiri-sendiri dalam membuat makanan ini. Jadi disesuaikan aja sama selera masing-masing tapi rasanya sama-sama enak.

11. Poutine

Poutine

 

Kanada juga punya menu poutine yang populer banget sejak tahun 1950-an. Makanan ini jadi salah satu menu utama di kalangan warga lokal sana. Terbuat dari kentang goreng yang di atasnya dikasih topping lelehan keju. Selain itu biasanya menu ini juga dikasih topping daging sama saus pedas.

Poutine ini sering dijual di resto-resto Kanada sana. Bahkan ada juga lho festival poutine yang biasanya digelar di semua kota-kota di Kanada. Ini bukti kalau poutine itu jadi makanan khas yang disukai warga sana.

12. Butter Tarts

Butter Tarts

 

Jika ada pie susu di Bali maka di Kanada ada butter tarts. Ini adalah kue yang terbuat dari kulit pastry berlapis-lapis dan di bagian tengahnya ada krim manis. Krimnya terbuat dari mentega, telur, gula, sama sirup.

Butter tarts ini gampang banget buat dijumpai di Kanada. Toko-toko roti sama coffee shop pasti jualan butter tarts karena jadi salah satu camilan favorit.

Banyak banget kan makanan khas Kanada yang enak-enak. Sayurfriends bisa cobain semua makanan ini kalau lagi jalan-jalan ke Kanada. Tapi gak salah juga lho kalau mau coba bikin sendiri di rumah!

Related Articles

5 Jus Buah untuk Diet Sehat, Dijamin Ampuh!

Aneka Jus Buah (Doc : Pixabay) Saat diet, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Daripada...

6 Camilan Rendah Kalori, Sehat dan Lezat!

Waktu makan belum tiba, tetapi perut sudah keroncongan. Kalau sudah begini, salah satu solusinya adalah mengonsumsi camilan. Namun,...

Spesial Tahun Baru 2023, BONUS Poin Seru!

SELAMAT TAHUN BARU 2023 Terima kasih Sayurfriend sudah menjadikan Sayurbox sebagai sahabat belanjamu. Semoga di tahun baru ini,...