Written by at January 22, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

12 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Meski ukurannya kecil, buah kiwi menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut cukup beragam. Bahkan di negara asalnya, Cina, buah ini memang sengaja dikonsumsi untuk tujuan kesehatan. Perkembangan buah kiwi terbilang panjang. Awalnya, buah ini dikirim ke Selandia Baru. Disana, pembudidayaannya dilakukan secara masif. Setelah itu, barulah didistribusikan secara luas ke seluruh penjuru dunia. Salah satu kandungan yang terkenal dari buah ini yaitu vitamin C-nya yang tinggi. Tak heran, buah ini mampu memberikan banyak manfaat kesehatan. Nah, untuk kamu yang belum tahu apa saja manfaat buah kecil berbulu halus ini, berikut ini adalah 12 manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang jarang diketahui.

 

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Apa saja manfaat yang dimiliki oleh buah kiwi? Inilah 12 manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Manfaat Buah Kiwi
Manfaat Buah Kiwi yang Jarang Diketahui. (Foto: Pixabay)

1. Mengatasi gangguan asma

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada buah ini diyakini ampuh mengatasi gangguan asma. Sebuah studi yang dilakukan menyimpulkan jika fungsi kerja paru akan membaik jika penderita asma rutin mengonsumsi buah kiwi setiap hari. Kiwi diyakini mampu mengurangi gejala penyempitan pernapasan yang biasa dialami penderita gangguan asma.

 

2. Menjaga dan memperlancar sistem pencernaan

Kiwi merupakan salah satu sumber serat alami yang baik. Tak heran, buah ini cocok dikonsumsi untuk menjaga dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan enzim proteolitik miliknya, yaitu actinidin, berfungsi memperingan kerja sistem pencernaan dengan cara membantu proses pemecahan protein.

 

3. Meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi membuat kiwi mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Kandungan ini sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memerangi serangan penyakit, seperti flu dan batuk.

 

4. Mengurangi stres oksidatif

Stres oksidatif bisa menyebabkan kerusakan pada DNA. Hal itu bisa berdampak kronis pada kesehatan seseorang. Buah kiwi mengandung banyak antioksidan yang baik dalam memerangi radikal bebas. Jika dibiarkan, radikal bebas yang menumpuk bisa memicu kerusakan sel-sel tubuh. Kerusakan DNA juga bisa memicu peningkatan risiko kanker usus besar.

 

Baca juga: Ini 15 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

 

5. Membantu mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah yang tidak stabil tentu berpotensi buruk bagi kesehatan. Nah, senyawa bioaktif dalam kiwi ternyata bisa menurunkan tekanan darah dan membuatnya lebih stabil sehingga risiko stroke dan serangan jantung akibat tingginya tekanan darah (hipertensi) bisa diminimalisir.

 

6. Mengurangi risiko pembekuan darah

Selain membantu mengontrol tekanan darah, buah kiwi juga memiliki manfaat lain terkait hal itu, yaitu mengurangi risiko pembekuan atau penggumpalan darah. Untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi dua hingga tiga buah kiwi setiap hari.

 

Ingin mencoba manfaat buah kiwi ini? Kamu bisa membeli buah kiwi secara online di Sayurbox. Cek produknya di bawah ini sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

7. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain mengonsumsi buah kiwi secara rutin yaitu bisa mengurangi kadar lemak dalam darah. Menurut peneliti, efek yang ditimbulkan oleh buah ini seperti halnya aspirin, yaitu mampu menjaga kondisi kesehatan jantung seseorang.

 

8. Menjaga kemampuan penglihat mata

Salah satu penyakit mata yang banyak ditakutkan adalah degenerasi makula. Penyakit ini merupakan kelainan penglihatan akibat gangguan pada retina.

 

Anjuran mengonsumsi tiga buah kiwi setiap hari diyakini mampu menekan risiko tersebut hingga 36 persen. Hal ini berkat kandungan zeaxanthin dan lutein yang terdapat dalam kiwi.

 

Baca juga: 7 Resep Blueberry Cheesecake yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

 

9. Menjaga kesehatan kulit

Rutin mengonsumsi buah kiwi juga baik untuk kesehatan kulit. Kemampuan ini tidak terlepas dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin tersebut berkontribusi membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan kulit sehingga kulit tetap terhidrasi dan terhindar dari keriput.

 

10. Meningkatkan kualitas tidur

Rutin mengonsumsi buah kiwi setiap hari juga dipercaya membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang, khususnya pada orang dewasa. Hal itu karena buah kiwi mengandung serotonin, sehingga bisa membuat tubuh lebih rileks dan tenang.

 

Baca juga: Cegah Penularan Virus, Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

11. Membantu menurunkan berat badan

Tak hanya kiwi, buah dengan kandungan serat tinggi memang dipercaya bisa melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Namun, keunggulan kiwi dibanding buah lainnya adalah kalori indeks glikemiknya yang rendah.

 

Makanan berindeks glikemik rendah memang dianjurkan untuk dikonsumsi orang yang menjalani diet. Kandungan tersebut bermanfaat dalam mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh.

 

12. Menguatkan dan menyehatkan rambut

Penggunaan alat styling rambut secara intens tentu bisa merusak kesehatan rambut. Kebiasaan bergonta-ganti warna rambut juga bisa memicu terjadi kerontokan.

 

Nah, untuk mengatasi ini, kamu bisa mengonsumsi buah kiwi. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan di dalamnya berperan dalam proses pembentukan kolagen. Tak hanya baik untuk kulit, kolagen juga baik untuk mencegah kerontokan rambut dan mengatasi rambut kering dan becabang.

 

Itulah 12 manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang jarang diketahui. Agar tidak bosan, kamu bisa mengolah buah ini menjadi dessert atau minuman segar. Contohnya seperti jus, smoothies, dan puding buah.

 

Kalau kamu penasaran ingin mencoba manfaat dari buah yang satu ini, kamu juga bisa lho membeli buah kiwi secara online di Sayurbox. Cek produknya dengan klik tombol di bawah ini, yuk!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Jarang yang Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan daun dill. Wajar saja, daun ini memang lazim digunakan pada hidangan Eropa, khususnya...

Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Ternyata Ini 10 Manfaat Parsley

Ketika menikmati hidangan western, pasti kamu akan menjumpai parsley di hidangan tersebut. Tanaman ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk...

10 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Melinjo memang identik dengan sayur asem dan sayur lodeh. Tak hanya sayur, melinjo juga kerap diolah menjadi emping ataupun keripik. Mesti...

Post Comment