Written by at November 12, 2022
Manfaat Produk

12 Manfaat Buah Sawo, Buah Eksotis dengan Khasiat yang Melimpah

Sayurfriends pasti udah gak asing lagi dengan buah sawo yang memiliki nama latin Manilkara zapota. Buah ini terkenal akan rasanya yang manis dan tekstur daging buahnya yang begitu lembut. Selain karena kelezatannya, Sayurfriends gak salah untuk menyukai buah ini karena ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Simak deretan manfaat buah sawo tersebut di sini.

manfaat buah sawo

1. Melancarkan Proses Pencernaan

Sayurfriends sedang mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi? Yuk coba atasi dengan mengonsumsi buah sawo. Sawo merupakan buah yang kaya akan serat, di mana kandungannya tersebut sudah terbukti kemampuannya dalam melancarkan proses pencernaan dan mendukung pergerakan usus.

Tipe serat yang dikandung oleh buah sawo adalah serat pangan sehingga sangat tepat untuk memberikan efek laksatif atau pencahar.  Kandungan serat pangannya yang tinggi ini juga bisa mendukung dan memelihara membran kolon dan membuatnya memiliki resistansi atas infeksi yang mungkin terjadi.

2. Mencegah dan Meredakan Terjadinya Peradangan

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam International Journal of Food Science dan Nutrition, tingginya kandungan tanin yang dikandung oleh buah sawo membuatnya bisa diandalkan untuk jadi agen antiperadangan. Lantas, bagaimana cara kerja kandungan tanin yang dimiliki oleh buah sawo ini?

Tanin akan bekerja mengatasi peradangan dengan cara meredakan pembengkakan dan rasa nyeri. Selain itu, tanin yang dimiliki oleh buah sawo juga akan bisa memelihara kondisi saluran pencernaan dengan cara mencegah terjadinya gangguan seperti esofagitis, enteritis, gastritis, dan sindrom iritasi usus besar.

3. Mengobati Batuk

Kandungan senyawa kimia yang terkandung dalam buah sawo juga diketahui bisa mengobati batuk. Kandungannya tersebut bekerja dengan cara membasmi dahak atau lendir dan mukus dari rongga hidung dan saluran pernapasan. Dengan begini, hidung yang mampet dan batuk yang Sayurfriends alami bisa segera teratasi.

4. Memelihara Kesehatan Tulang

Buah sawo merupakan gudangnya mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Seperti yang Sayurfriends ketahui, ketiga jenis mineral tersebut begitu krusial sifatnya bagi kesehatan tulang. Makanya, Sayurfriends bisa manfaatkan buah sawo untuk memelihara kesehatan tulang, agar tukang jadi kuat, kokoh, dan gak rentan keropos.

Kandungan berupa kalsium, fosfor, dan zat besi pada buah sawo akan membantu meningkatkan dan menguatkan tulang. Selain itu, buah sawo juga mengandung tembaga yang esensial sifatnya bagi pertumbuhan tulang, jaringan ikat dan otot. Jika tubuh mengalami defisiensi tembaga, maka bisa meningkatkan risiko osteoporosis, serta otot dan sendi yang melemah.

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Manfaat buah sawo selanjutnya adalah untuk memelihara kesehatan kulit. Buah sawo kaya akan nutrisi berupa vitamin E, vitamin A, dan vitamin C, yang kesemuanya memiliki efek yang sangat bagus bagi kesehatan kulit, serta membantu melembapkan kulit. Alhasil, kulit pun jadi sehat terawat dan lembap.

Selain itu, buah sawo juga diperkaya akan antioksidan yang bagus untuk kulit seperti asam askorbat, polifenol, dan flavonoid. Kehadiran antioksidan ini akan membantu mengurangi kerutan di kulit wajah, serta membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan kenyal. Alhasil, kulit wajah pun gak akan terlihat lebih tua alias tetap awet muda.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Sayurfriends yang sedang diet, bisa coba untuk mengonsumsi buah sawo sebagai salah satu menu diet menurunkan berat badan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah sawo merupakan buah yang kaya akan serat pangan. Dengan mengonsumsi buah sawo, maka Sayurfriends bisa merasa kenyang lebih lama, sehingga intake makanan pun bisa jadi berkurang dari sebelumnya.

Baca juga: 12 Kue Natal yang Bikin Natalan Makin Meriah, Nikmat Disantap Bareng Keluarga!

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cuaca yang gak menentu dan aktivitas yang padat, gak jarang membuat tubuh jadi mudah jatuh sakit. Agar gak mudah jatuh sakit, Sayurfriends bisa konsumsi buah sawo untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah sawo yang kaya akan vitamin Z, vitamin C, polifenol, dan antioksidan lainnya akan meningkatkan daya tahan tubuh, serta menurunkan risiko tubuh terpapar penyakit.

8. Mengatasi Stres

Stres merupakan salah satu penyebab berkurangnya kualitas hidup seseorang. Stres yang dialami oleh seseorang bisa berefek pada setiap aspek kehidupannya, seperti tidur menjadi kurang nyenyak, rentan terserang penyakit, sulit untuk konsentrasi saat beraktivitas, hingga membuat hubungan dengan sesama manusia menjadi rusak.

Buah sawo dengan kandungan vitamin C-nya yang melimpah akan bisa memelihara sistem imun tubuh dan meningkatkan kualitasnya, serta memelihara kondisi tubuh secara keseluruhan. Selain itu, vitamin C juga akan berperan sebagai sedatif alami yang bisa bekerja menenangkan sistem saraf dan meningkatkan mood yang kondisinya gak stabil saat sedang stres.

9. Mencegah Kanker

Buah sawo disebut berpotensi untuk mencegah kanker. Potensinya dalam mencegah penyakit yang banyak ditakuti oleh orang-orang ini disebabkan karena kandungan antioksidannya yang melimpah. Sayurfriends tentu sudah tahu kalau antioksidan bekerja mengusir radikal bebas di dalam tubuh, di mana paparan radikal bebas itu bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

Buah sawo dengan kandungan vitamin A dan vitamin B yang dimilikinya juga akan bekerja menjaga kondisi membran mukosa agar tetap sehat dan menghindarkan risiko terjadinya kanker paru-paru dan mulut. Kandungan serat pangan yang dimilikinya juga membantu memelihara kesehatan usus dan melindungi tubuh dari potensi kanker kolon.

10. Menstabilkan Tekanan Darah

Buah sawo merupakan buah yang diperkaya dengan kandungan berupa potasium. Nah, kandungan potasiumnya ini akan membantu dalam menstabilkan dan mengontrol tekanan darah. Potasium akan bekerja dengan cara menurunkan kadar sodium yang berlebih, merilekskan otot, mengatur sirkulasi darah, dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

11. Mengatasi Anemia

Saat jumlah sel darah merah berkurang di dalam tubuh, maka pada saat itulah Sayurfriends berpotensi mengalami anemia. Salah satu tipe anemia ini adalah anemia yang disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Padahal, zat besi dibutuhkan dalam memproduksi sel darah merah dan meningkatkan produksi hemoglobin.

Mengonsumsi buah sawo bisa menjadi cara Sayurfriends untuk mencukupi kebutuhan zat besi oleh tubuh. Buah sawo kaya akan zat besi dan tembaga, sehingga bisa meningkatkan kadar zat besi dalam darah, sekaligus mengatasi anemia yang dialami. Sebagai langkah pencegahan, Sayurfriends juga bisa konsumsi buah sawo ini sebelum anemia terjadi.

12. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Yuk pelihara kondisi mata dengan mengonsumsi buah sawo. Buah sawo merupakan buah yang kaya akan vitamin A, sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas penglihatan dengan cara menjaga kesehatan kornea mata. Kandungan buah sawo juga merupakan bagian dari rhodopsin, sejenis protein pada mata yang bisa membantu meningkatkan kualitas penglihatan.

Melimpahnya manfaat buah sawo membuatnya begitu direkomendasikan untuk Sayurfriends stok di rumah dan dikonsumsi secara rutin dalam jumlah yang wajar. Buah kaya manfaat ini bisa Sayurfriends beli dengan harga yang juga begitu terjangkau di pasar. Bagaimana, siap menyongsong hidup sehat dengan bantuan buah sawo ini?

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...