Written by at November 11, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Selain Bikin Gurih, Ini 15 Manfaat Daun Bawang yang Wajib Kamu Tahu

Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Daun bawang sering digunakan sebagai bahan pelengkap di berbagai menu masakan. Adan banyak manfaat daun bawang, salah satunya adalah rendah kalori serta terdiri dari kombinasi unik antara flavonoid dan nutrisi yang mengandung belerang. Selain itu, daun bawang juga mengandung serat, folat, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, dan vitamin K yang cukup tinggi.

 

Daun bawang memang banyak terjual di pasaran dengan harga yang relatif murah. Namun meskipun murah, daun bawang memiliki beragam manfaat penting baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Yuk, intip dulu apa saja manfaat daun bawang berikut ini.

 

Ini manfaat daun bawang yang wajib kamu tahu

Manfaat Daun Bawang
Manfaat Daun Bawang yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Mengurangi risiko kanker

Daun bawang merupakan salah satu sumber nutrisi belerang yang baik untuk kesehatan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sayuran yang satu ini memiliki kombinasi kandungan senyawa, seperti allyl sulfida dan flavonoid yang dapat mencegah dan melawan enzim penyebab sel-sel penyakit kanker.

 

Daun bawang dapat mencegah risiko penyakit kanker karena mengandung senyawa kaempferol yang dapat menangkal sel kanker, mengurangi peradangan, serta mencegah penyebaran sel-sel jahat dalam tubuh.

 

2. Merupakan sumber zat besi

Manfaat daun bawang selanjutnya adalah sebagai sumber zat besi. Kandungan zat besi yang dimilikinya baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan mampu memperkuat sel-sel jaringan di dalam tubuh.

 

3. Menurunkan tingkat gula darah

Senyawa belerang yang terkandung di dalam daun bawang juga mampu membuat tubuh meningkatkan produksi insulin, sehingga secara tidak langsung daun bawang dapat mencegah diabetes.

 

Daun bawang juga mengandung phytochemical, yaitu allium dan alil disulfida yang memiliki sifat antidiabetes. Zat-zat tersebut mampu mencegah degradasi insulin di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

 

Baca juga: Supaya Tidak Busuk, ini 5 Cara Menyimpan Bawang Merah yang Benar

 

4. Memiliki kandungan serat yang baik

Manfaat daun bawang selanjutnya juga berasal dari kandungan seratnya yang tinggi. Tingginya kandungan serat yang ada di dalam daun bawang baik untuk kesehatan pencernaan serta dapat mencegah dari risiko sembelit.

 

5. Memiliki kandungan kalium yang tinggi

Tahukah kamu bahwa daun bawang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi? Kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh, mencegah kram otot, dan mengurangi risiko masalah pada jantung.

 

6. Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun bawang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Mengapa tidak? Daun bawang memiliki kandungan vitamin A dan karoten yang dapat menjaga kesehatan mata, serta membantu menjaga fungsi penglihatan tetap tajam dan sehat.

 

Vitamin A juga bermanfaat dalam mendukung perkembangan sel darah yang sehat, termasuk pertumbuhan sel darah merah baru yang mengangkut oksigen dan sel darah putih yang dapat melawan infeksi.

 

Ingin mendapatkan manfaat daun bawang? Jika kamu tertarik, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

Daun bawang

 

7. Baik untuk kesehatan jantung

Daun bawang memiliki kandungan senyawa cycloalliin yang bermanfaat untuk melindungi jantung dari berbagai macam penyakit. Selain itu, senyawa tersebut juga berfungsi untuk mengencerkan darah dan mengurangi risiko penyakit aterosklerosis.

 

Kandungan kaempferol dalam daun bawang juga memiliki sifat antiinflamasi yang berkaitan dengan risiko serangan jantung atau kematian karena penyakit jantung.

 

Daun bawang juga merupakan sumber tiosulfinat dan allicin yang berperan sebagai senyawa sulfur dan bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol, tekanan darah, serta pembentukan gumpalan darah.

 

Baca juga: 11 Kegunaan Bawang Putih untuk Kesehatan yang Sudah Teruji

 

8. Mencegah flu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun bawang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh dari terserangnya penyakit seperti pilek, demam, dan flu, karena sifat antibakteri dan antivirus yang dimilikinya.

 

Selain itu, daun bawang juga dapat digunakan untuk meredakan batuk yang disertai rasa gatal pada tenggorokan. Kandungan phytochemical dan antibakteri pada sayuran ini mampu mengatasi batuk dengan sangat ampuh.

 

9. Mampu mengobati infeksi

Daun bawang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur, sehingga baik untuk mengobati infeksi dan luka yang ada di dalam tubuh.

 

10. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Daun bawang memiliki zat antioksidan yaitu, quercetin dan kaempferol yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

 

11. Mencegah anemia

Manfaat daun bawang selanjutnya sangat cocok untuk kamu yang menderita anemia. Daun bawang sangat dianjurkan untuk kamu yang memiliki anemia atau kekurangan darah karena berperan sebagai penambah asupan zat besi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

 

Selain itu, daun bawang juga memiliki kandungan zat besi yang dapat memperbaiki sel darah merah dalam tubuh, meningkatkan kandungan hemoglobin, dan memperkuat jaringan dalam tubuh.

 

Baca juga: Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

12. Mengatasi asma

Manfaat daun bawang yang terakhir yaitu mampu meredakan penyakit asma. Kandungan phytochemical pada daun bawang dapat membantu membersihkan saluran udara dalam tubuh.

 

Itulah deretan manfaat daun bawang yang wajib kamu tahu. Selain itu, daun bawang juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, yang tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang.

 

13. Membantu kesuburan rambut

Tidak hanya baik untuk kesehatan organ dalam tubuh, manfaat daun bawang juga bisa kamu rasakan pada rambut. Kandungan mangan dan belerang yang terkandung di dalam daun bawang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi pada daun bawang juga terbukti dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

14. Mencegah jerawat

Bagi kamu yang sering mengalami masalah jerawat bisa coba rutin mengonsumsi daun bawang. Tingginya kandungan anti-oksidan dan berbagai vitamin serta mineral pada daun bawang dapat membantu membuat tubuhmu lebih sehat serta membuat hormon lebih seimbang. Oleh karena itu, masalah jerawat akibat hormon yang tidak seimbang pun bisa dicegah.

 

15. Membantu menurunkan berat badan

Daun bawang memiliki rasa manis seperti bawang dan hanya memiliki 31 kalori per 100g sajian yang dimasak. Selain itu, daun bawang juga cukup banyak bebas lemak, sehingga menjadikannya makanan yang baik untuk kamu jika sedang menjalani diet ketat. Selayaknya sayuran hijau lain, daun bawang juga merupakan sumber air dan serat yang baik. Oleh karena itu mengonsumsi daun bawang dapat membuat rasa kenyang lebih lama dan karena itu membantu menghindari kamu makan berlebihan. Tingkat protein yang tinggi pada daun bawang juga bagus untuk kamu yang ingin meningkatkan massa otot.

 

Setelah mengetahui manfaat dari daun bawang, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi sayuran yang satu ini? Jika kamu tertarik, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

Daun bawang

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi...

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi...

Post Comment