Written by at September 27, 2022
Manfaat Produk

12 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Daun kelor atau moringa leaf merupakan daun berwarna hijau berukuran kecil, yang ternyata mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Umumnya, daun kelor ini diolah dengan cara direbus atau dijadikan teh, agar kandungannya yang bermanfaat bisa diperoleh dengan baik. Penasaran apa aja manfaat daun kelor ini bagi kesehatan tubuh? Yuk simak langsung ulasan berikut ini.

manfaat daun kelor

1. Meredakan Peradangan dalam Tubuh

Saat tubuh terluka atau sel tubuh mengalami kerusakan, maka akan terjadi yang namanya peradangan. Peradangan yang berlangsung dalam jangka waktu panjang atau kronis memiliki kecenderungan untuk berkembang menjadi penyakit yang terbilang parah, seperti kanker, artritis, serta berbagai penyakit autoimun. Makanya, dibutuhkan asupan untuk meredakan peradangan tersebut.

Daun kelor merupakan salah satu obat-obatan alami yang bisa Sayurfriends gunakan untuk meredakan peradangan pada tubuh. Manfaatnya untuk meredakan peradangan ini disebabkan karena ada kandungan anti radang yang dimilikinya yaitu isothiocyanates. Sayurfriends yang mengalami peradangan akut atau jangka pendek juga bisa mengonsumsinya.

2. Cukupi Asupan Vitamin dan Mineral

Selayaknya makronutrien, Sayurfriends juga harus memastikan ketercukupan mikronutrien seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Asupan vitamin dan mineral itu sendiri bisa Sayurfriends peroleh dengan mengonsumsi daun kelor, yang memang merupakan tumbuhan yang kaya akan mikronutrien tersebut.

Pada daun kelor, terdapat kandungan berupa aneka vitamin, khususnya vitamin A, C, B1 atau tiamin, B2 atau riboflavin, B3 atau niasin, B6, dan folat. Sedangkan untuk mineral yang dimilikinya berupa magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, dan zink. Makanya, yuk biasakan mengonsumsi daun kelor untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

Baca juga: 12 Manfaar Daun Seledri untuk Kesehatan

3. Melindungi Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Terpaparnya tubuh secara terus-menerus oleh radikal bebas, berisiko meningkatkan potensi berkembangnya penyakit kronis di tubuh. Parahnya lagi, senyawa radikal bebas tersebut bisa berujung pada kerusakan sel tubuh, yang kemudian berujung pada tumbuhnya sel kanker. Agar tubuh bisa terlindungi dari paparan radikal bebas tersebut, Sayurfriends bisa coba mengonsumsi daun kelor.

Daun kelor merupakan daun yang memiliki kandungan dengan sifat antioksidan yang berlimpah. Seperti yang Sayurfriends tahu, sifat antioksidan akan bisa melindungi tubuh dari paparan radikal bebas tersebut. Beberapa kandungan dengan sifat antioksidan yang dimiliki oleh daun kelor seperti vitamin C, beta karoten, quercetin, dan chlorogenic acid.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun kelor yang juga sudah tersohor di tengah masyarakat adalah untuk menurunkan kadar gula darah. Sayurfriends tentu sudah gak asing lagi dengan risiko yang ditimbulkan oleh gula darah yang tinggi, yaitu penyakit diabetes. Jika tubuh sudah didera oleh penyakit diabetes, maka nantinya jantung dan organ penting lainnya dalam tubuh pun rentan mengalami kerusakan.

Daun kelor bekerja untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi, serta menjaganya agar tetap stabil. Adanya manfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada daun kelor disebabkan karena adanya kandungan yang disebut isothiocyanates pada daun kelor tersebut. Hindarilah risiko naiknya kadar gula darah dengan mengonsumsi daun kelor.

5. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kolesterol akan memicu munculnya rasa gak nyaman di tubuh, seperti pegal di bagian leher, sakit kepala, kesemutan, hingga nyeri di kaki. Jika kadar kolesterol sudah tak lagi terkendali, maka nantinya akan bisa memicu penyakit strok, jantung koroner, aterosklerosis, diabetes tipe 2, hingga hipertensi.

Agar Sayurfriends bisa terhindarkan dari risiko penyakit tersebut, tentu saja kuncinya adalah dengan menjaga agar tingkat atau kadar kolesterol tetap normal. Daun kelor bisa Sayurfriends manfaatkan untuk menurunkan kolesterol tersebut. Saat gejala kolesterol tinggi mulai terasa, segeralah untuk mengonsumsi daun kelor ini.

6. Mencegah dan Mengobati Kanker

Daun kelor juga dipercaya memiliki manfaat untuk mencegah dan mengobati kanker. Pada daun kelor terdapat senyawa dengan sifat anti kanker, yakni niazimicin. Niazimicin ini bekerja dengan cara menekan perkembangan sel kanker, sehingga sel kanker jadi gak bisa berkembang. Tentu saja pengonsumsiannya untuk mengobati kanker harus diikuti dengan rangkaian pengobatan lainnya.

7. Menjaga Kesehatan Lever atau Hati

Manfaat daun kelor yang juga sering dibicarakan adalah melindungi lever atau hati. Daun kelor memiliki kandungan polifenol yang tinggi, sehingga bisa melindungi hati dari kerusakan oksidatif, hingga bahkan mengurangi kerusakan yang telah terjadi. Selain itu, kandungannya tersebut juga akan meningkatkan kadar protein yang terdapat di dalam hati.

Selain bisa diandalkan untuk melindungi hati dari kerusakan, kandungan yang dimiliki oleh daun kelor juga akan memastikan kerja hati bisa berjalan dengan baik. Kandungan daun kelor berfungsi menstabilkan enzim hati, sehingga tugasnya dalam detoksifikasi darah, metabolisme lemak, penyerapan nutrisi, dan lainnya bisa berjalan dengan normal.

8. Melindungi Sistem Pencernaan

Daun kelor memiliki kandungan yang bekerja sebagai antibiotik dan antimikroba, sehingga bisa diandalkan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Jika Sayurfriends mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi, kembung, dan gastritis, daun kelor ini bisa dikonsumsi sebagai rangkaian pengobatannya. Kandungan vitamin B-nya yang tinggi juga bantu lancarkan proses pencernaan.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Setiap orang tentu ingin memiliki tulang yang sehat, kuat, dan gak mudah keropos. Hal itu bisa diwujudkan dengan mengonsumsi daun kelor. Daun kelor merupakan salah satu sumber kalsium dan fosfor, di mana kedua nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh dalam menjamin kesehatan tulang dan juga gigi. Alhasil, tulang bisa sehat dan kuat, serta terhindar dari risiko osteoporosis.

Peran daun kelor dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang gak berhenti di situ saja. Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun kelor memiliki kandungan dengan sifat anti radang. Nah, sifat anti radangnya tersebut akan bisa membantu mengatasi artritis dan bahkan membantu menyembuhkan tulang yang telah mengalami kerusakan akibat peradangan tersebut.

10. Mencegah Terjadinya Infeksi

Saat Sayurfriends mengalami luka di permukaan tubuh, coba tempelkan daun kelor di area luka tersebut. Daun kelor disebut berfungsi sebagai antiseptik, sehingga bisa membantu melawan bakteri yang mencoba untuk menginfeksi luka tersebut. Selain itu, kandungan yang dimiliki oleh daun kelor juga akan bisa mempercepat proses penggumpalan darah pada saat terjadinya luka.

Baca juga: Mie Sayur Daun Kelor dengan Jamur Kancing

11. Melancarkan ASI

Bagi para ibu yang sedang menyusui, pengonsumsian daun kelor bisa bermanfaat untuk melancarkan ASI. ASI yang lancar setelah mengonsumsi daun kelor disebabkan karena daun kelor memiliki kandungan berupa protein, berbagai vitamin penting, dan nutrisi esensial yang bisa meningkatkan produksi ASI. Dengan begini, kebutuhan si buah hati pun jadi tercukupi.

12. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Yuk tingkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan berupa vitamin C, potasium, kalsium, vitamin A, protein, dan zat besi, yang kesemuanya bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begini, tubuh pun jadi gak gampang sakit.

Daun kelor merupakan salah satu tumbuhan yang bisa Sayurfriends manfaatkan sebagai obat alami. Ada berbagai manfaat daun kelor yang bisa Sayurfriends peroleh, mulai dari mencukupi asupan mikronutrien tubuh, hingga meningkatkan imunitas. Agar manfaatnya bisa optimal diperoleh, yuk rutinkan pengonsumsian daun kelor dari sekarang.

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...