Written by at September 18, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 12 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh dan Pencernaan

Kacang hijau merupakan jenis biji-bijian kecil berwarna hijau. Biji-bijian ini bisa tumbuh menjadi kecambah dan berkembang menjadi taoge. Biasanya, kacang hijau juga diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti bubur kacang hijau atau isian kue tradisional. Di balik bentuknya yang kecil, kacang hijau menyimpan kandungan gizi yang terbilang lengkap, mulai dari kalsium, zat besi, kalium, fosfor, folat, vitamin B, vitamin A, vitamin C, magnesium, karbohidrat, serta nutrisi lainnya. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi kacang hijau bagi tubuh? Berikut ini adalah 12 manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh dan pencernaan.

 

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh dan pencernaan

Manfaat Kacang Hijau
Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh dan Pencernaan. (Foto: Unsplash)

1. Melancarkan sistem pencernaan

Kacang hijau memiliki kandungan serat di dalamnya. Tentu saja hal tersebut baik untuk sistem pencernaan. Tidak seperti jenis kacang-kacang pada umumnya, kacang hijau memiliki serat tidak larut yang bisa memperlancar buang air besar.

 

Pada umumnya, jenis kacang-kacangan biasa mengandung oligosakarida, yaitu sejenis gula yang sulit dicerna. Kandungan tersebut bisa menyebabkan perut terasa kembung. Sedikit berbeda, kandungan oligosakarida pada kacang hijau cenderung lebih sedikit sehingga sistem pencernaan pun lebih mentolerirnya.

 

2. Aman dan baik bagi penderita diabetes

Pada dasarnya, kondisi tubuh yang normal mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Namun, tidak dengan penderita diabetes. Untuk itu, para penderita diabetes haruslah pintar-pintar mengatur pola makan agar kadar gula tetap dalam kondisi normal dan tidak meningkat secara signifikan. Peningkatan tersebut tentu bisa menjadi pemicu timbulnya masalah diabetes dan penyakit kronis lainnya.

 

Kadar indeks glikemik yang rendah membuat kacang hijau baik dan aman dikonsumsi penderita diabetes. Tidak hanya menyeimbangkan, biji-bijian ini juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah pada tubuh penderita diabetes tersebut.

 

3. Mengontrol berat badan

Makanan olahan kacang hijau tentu tidak hanya dikenal sehat, tapi juga baik untuk kamu yang menjalani program diet. Hal ini tidak lain karena biji-bijian ini kaya akan serat dan protein.

 

Kedua kandungan tersebut dipercaya dapat mengontrol nafsu makan dengan membuat rasa kenyang lebih lama. Dengan terkontrolnya nafsu makan, maka otomatis makanan yang masuk dalam tubuh dapat lebih terkontrol sehingga berat badan pun dapat lebih terjaga.

 

Baca juga: 5 Cara Masak Bubur Kacang Hijau Sendiri yang Praktis di Rumah

 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Masih dengan kandungan protein miliknya, kacang hijau bisa menjadi alternatif bagi kamu yang menjalani gaya hidup vegetarian atau tidak mengonsumsi produk hewani. Sebagai gambaran, secangkir kacang hijau memiliki kandungan protein hingga 3,16 gram. Apalagi, biji-bijian ini tidak memiliki kandungan lemak ataupun kolesterol seperti halnya daging.

 

Protein sendiri sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kurangnya asupan protein bisa menyebabkan beberapa masalah lain seperti kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor, hingga busung lapar.

 

5. Baik untuk penderita anemia

Anemia bisa terjadi karena kadar hemoglobin (Hb) dalam darah di bawah batas normal. Tanda-tanda penderita penyakit ini diantaranya pucat, sakit dada, nafas pendek, mudah lelah, dan sakit kepala.

 

Pengobatan anemia memang cukup beragam. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi, vitamin B12, asam folat, dan vitamin lainnya.

 

Nah, alternatif lainnya yaitu mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi dan vitamin B1 untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi kacang hijau.

 

Ingin merasakan manfaat kacang hijau ini? Kamu bisa membeli kacang hijau berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

6. Mengatasi keluhan PMS

Selain masalah kesehatan umum, kacang hijau juga dipercaya efektif mengurangi intensitas keluhan pada siklus PMS wanita. Peran vitamin B, magnesium, dan komponen bio estrogen yang tinggi di dalamnya membuat biji-bijian ini mampu meredakan rasa sakit, tidak nyaman, hingga anemia karena siklus PMS tersebut.

 

7. Menjaga kesehatan kulit

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin E. Di mana kandungan tersebut dikenal baik dalam menstimulasi kesehatan kulit. Meskipun kandungan tersebut tidak terlalu tinggi, namun kandungan lain seperti protein dapat membantu menstimulasi hyaluronic acid dan elastine. Keduanya merupakan senyawa formula kolagen yang berperan sebagai intensif dalam meregenerasi kulit.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Susu Almond yang Mudah dan Bisa Dicoba di Rumah

 

8. Mengurangi risiko osteoporosis

Kesehatan tulang dan gigi memang harus dijaga sepenuhnya. Tak perlu bingung, kandungan magnesium dalam kacang hijau diyakini dapat menurunkan risiko osteoporosis, khususnya bagi para wanita pasca menopause.

 

Setiap 100 gram kacang hijau mengandung 189 miligram magnesium. Hal itu juga baik untuk membantu meningkatkan kepadatan dan pembentukan sel-sel pada tulang.

 

9. Sumber nutrisi

Sebagai salah satu sumber protein yang lengkap, kacang hijau memiliki serat, lemak sehat , vitamin, mineral, dan fitokimia cukup tinggi. Bagi kamu yang berusia produktif, hal ini tentu sangat penting. Pasalnya, kandungan-kandungan tersebut berperan sebagai sumber nutrisi dalam menjaga metabolisme tubuh.

 

10. Makanan pendamping ASI

Tidak hanya untuk usia dewasa, kacang hijau juga bermanfaat sebagai sumber nutrisi alternatif ASI atau MPASI saat bayi berumur 6 bulan. Biasanya, biji-bijian ini direbus dan airnya digunakan sebagai MPASI. Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dipercaya baik untuk mengoptimalkan perkembangan bayi.

 

Baca juga: Ide Sarapan Mudah Untuk Yang Malas Masak

 

11. Menjaga kesehatan janin

Selain baik untuk MPASI, kacang hijau juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat yang tinggi dipercaya mampu meminimalisir terjadi kelahiran prematur, kerusakan saraf pada janin, hingga risiko keguguran.

 

12. Menyehatkan rambut

Ingin punya rambut yang sehat dengan cara alami? Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya akan kandungan zinc. Ternyata, hal itu bisa kamu dapatkan dalam kacang hijau. Zinc bermanfaat untuk menormalkan hormon yang mengatur perkembangan rambut hingga memberi nutrisi rambut dari dalam.

 

Itulah 12 manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh dan pencernaan. Meski bentuknya mungil, ternyata kacang hijau memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Untuk memenuhi asupan nutrisi sehari-hari, kamu bisa membeli kacang hijau tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Ini 15 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

Meski namanya tak sepopuler strawberry, bukan berarti khasiat blueberry berada jauh di bawahnya. Sama seperti jenis berry lainnya,...

Post Comment