Written by at November 06, 2022
Manfaat Produk

12 Manfaat Pare, Si Pahit yang Kaya Nutrisi dan Antioksidan

Pare terkenal dengan rasanya yang pahit. Gak banyak orang yang suka makan pare karena rasanya memang kurang mudah diterima di lidah. Tapi jangan salah, pare ternyata kaya nutrisi. Manfaat pare itu ada banyak banget dan bisa bikin tubuh jadi lebih sehat. Langsung saja yuk tanpa basa-basi, ini dia beberapa manfaat yang bisa dirasakan tubuh kalau rutin makan pare.

manfaat pare

1. Menurunkan Gula Darah

 

Sayur yang pahit ini ternyata bisa menurunkan gula darah dalam tubuh. Buat Sayurfriends yang punya masalah diabetes atau mungkin ada anggota keluarganya yang juga sakit diabetes, coba deh konsumsi pare. Sayuran ini punya zat yang diketahui bisa merangsang produksi insulin.

Pare juga bisa menurunkan kadar fruktosamin yang ada di tubuh. Hal ini membuat pare gak hanya mengontrol kadar gula darah sesaat namun bisa dalam jangka panjang. Proses pencernaan di dalam tubuh juga bisa jadi lebih lancar jika terbiasa makan pare secara rutin.

2. Meningkatkan Imunitas

 

Biar rasanya pahit, tapi pare bisa bikin tubuh Sayurfriends jadi gak gampang sakit. Sayur yang satu ini punya khasiat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Di dalamnya ada zat yang bisa berfungsi sebagai anti-bakteri. Jadi memang orang yang rajin makan pare biasanya memiliki sistem imun yang melindungi tubuh dari infeksi bakteri.

3. Memelihara Kesehatan Tulang

 

Semakin tambah usia, tulang biasanya jadi tambah rapuh. Solusi mudah untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang adalah dengan mengonsumsi pare. Sayur pahit satu ini ternyata kaya vitamin K yang bisa menjaga tulang tetap padat meskipun usia terus bertambah.

Vitamin K dalam pare akan membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Selain itu vitamin ini juga bisa membantu proses produksi protein osteokalsin yang dibutuhkan tulang. Jadi biasain aja makan pare mulai dari sekarang supaya punya tulang kuat di masa depan.

4. Menghentikan Peradangan

 

Pare ini punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan tersebut diketahui bisa melawan terjadinya proses inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. Jadi kalau tubuh lagi drop atau terinfeksi virus dan bakteri kemudian mengalami inflamasi, tubuh punya pertahanan yang kuat. Bahkan proses inflamasi tersebut bisa dicegah berkat kebiasan konsumsi pare secara rutin.

5. Menurunkan Bobot Tubuh

 

Manfaat pare lainnya yaitu bisa menurunkan bobot tubuh alias bikin langsing. Pare itu sendiri jenis sayur yang sangat rendah kalori. Di dalamnya juga ada banyak kandungan serat yang akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Jadi istilahnya, makan pare bikin Sayurfriends bisa merasa kenyang jadi intensitas makan atau ngemil pun berkurang.

Nah, ada lagi fakta menarik tentang pare yaitu sayuran ini ternyata bisa meningkatkan proses pembakaran di dalam tubuh. Pembakaran yang dimaksud di sini ya pembakaran lemak. Jadi tumpukan lemak di dalam tubuh bisa lebih mudah terbakar dan berkurang. Ini terjadi karena si pare mengandung charantin yang akan meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen.

6. Menurunkan Kolesterol

 

Siapa yang punya masalah kolesterol? Ternyata salah satu manfaat pare adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan sudah ada penelitiannya nih yang dimuat di Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences. Lewat uji coba itu, konsumsi pare secara terus-menerus bisa membantu menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

Catat dulu nih, kolesterol itu sendiri bawa banyak dampak buruk bagi tubuh. Kalau kadar kolesterolnya tinggi, banyak risiko penyakit lainnya. Ada risiko pembuluh darah tersumbat sampai risiko penyakit jantung. Semua risiko tadi bisa diminimalkan dengan konsumsi si pahit bernama pare.

Baca juga: 11 Manfaat Kangkung, Sayuran Kaya Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

7. Mencegah Kanker

 

Jangan remehin si pare ini, deh! Pare ternyata juga bisa membantu mencegah penyakit mematikan kanker. Sayuran ini dipercaya bisa membunuh sel-sel kanker yang ada di usus besar dan paru-paru. Bahkan nih, pare juga dipercaya bisa menghambat penyebaran sel kanker payudara. Jadi gak ada ruginya sama sekali buat makan pare biarpun rasanya memang pahit.

8. Menjaga Kesehatan Mata

 

Biarpun rasanya pahit, mending belajar deh mulai sekarang buat makan pare! Manfaatnya ada banyak banget dan salah satunya bisa menjaga kesehatan mata. Pare ini ternyata mengandung senyawa alfa karoten, betakaroten, zeaxanthin, dan lutein yang akan meningkatkan kesehatan mata.

Gak cukup hanya di situ, pare juga punya kandungan yang bisa mencegah katarak dan glaukoma pada penderita diabetes. Konsumsi pare juga bisa membantu meningkatkan kualitas fungsi penglihatan apalagi bagi para penderita rabun senja dan degenerasi makula.

9. Menghambat Infeksi HIV

 

Ada sebuah penelitian yang diterbitkan Biomedical and Pharmacology Journal menyebutkan kalau pare ini punya komposisi fitokimia yang efektif menghambat HIV. Fitokimia tersebut adalah MAP30 yang akan merangsang munculnya sistem imunitas baru di tubuh dan menghasilkan lebih banyak sel CD4. Alhasil, protein ini akan membantu menghambat infeksi HIV itu sendiri.

Nah, ada juga nih penelitian yang membuktikan bahwa protein MAP30 tadi bisa membantu mengobati infeksi HSV-1 atau herpes simpleks virus-1. Ternyata si MAP30 ini akan menghambat proses reproduksi kemudian mengurangi kemampuan virus untuk membentuk plak di tubuh penderitanya.

10. Memelihara Kesehatan Saluran Cerna

 

Buah pare ini punya banyak kandungan serat. Salah satu manfaat pare adalah bisa menjaga kesehatan saluran cerna dengan baik. Serat pada pare akan memperlancar pencernaan dan membuat gerakan peristaltik jadi lebih efektif. Menariknya lagi, pare juga punya efek pencahar alami yang akan membantu mengatasi masalah konstipasi atau sembelit.

Si pahit ini juga punya senyawa antibakteri yang ternyata bisa melawan bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini adalah penyebab tukak lambung jadi bisa dibayangkan sendiri ya kalau pare bisa mencegah terjadinya kondisi tersebut. Kalau ada masalah pencernaan dan lambung, coba deh mulai rutin makan pare sedikit demi sedikit.

11. Meredakan Asma

 

Pare juga ternyata bisa membantu meredakan asma maupun penyakit pernapasan lainnya. Mulai dari batuk, flu, pilek, semua bisa diatasi dengan obat tradisional dan alami dari pare. Pare ini bahkan populer banget di sistem pengobatan tradisional Tiongkok. Biasanya pare jadi salah satu bahan untuk obat batuk, bronkitis, dan asma kronis.

12. Mengobati Penyakit Kulit

 

Buat penderita penyakit kulit seperti kurap, kudis, dan infeksi kulit lainnya, coba deh makan pare. Pare ini ternyata bisa membantu mengatasi berbagai jenis penyakit atau gangguan pada kulit. Di dalamnya ada senyawa anti-inflamasi yang akan membantu mengobati berbagai macam kondisi kulit mulai dari eksim dan psoriasis.

Pare ternyata juga bisa membantu menghentikan guanylate cyclase. Ini adalah salah satu enzim yang bisa memperparah kondisi psoriasis. Jadi kalau ada tanda-tanda sakit kulit psoriasis ini langsung saja coba rutin makan pare untuk mencegahnya bertambah parah.

Wah, ada banyak banget ya manfaat pare bagi tubuh! Jadi makan pare itu ternyata gak ada ruginya sama sekali. Langsung aja deh rutin makan pare biar pahit ternyata bisa bikin tubuh sehat. Tipsnya, coba masak pare dengan cara yang Sayurfriends suka dan tambahkan bumbu-bumbu pelengkap untuk membuat rasa pahitnya jadi lebih samar.

Beli Pare Sekarang!

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...