Written by at December 02, 2019
Tips & Trik

12 Manfaat Telur Asin untuk Kesahatan yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan makanan yang terbuat dari telur asin atau salted egg. Bahan makanan yang satu ini memang sedang banyak digunakan untuk bebagai menu masakan, mulai dari ayam, seafood, keripik,  bahkan hingga hidangan penutup. Tidak hanya enak, manfaat telur asin yang biasanya terbuat dari telur ayam atau telur bebek ini ternyata juga bisa kamu rasakan pada tubuh, lho.

 

Telur asin yang terbuat dari telur bebek diklaim memiliki lebih banyak kandungan protein dibandingkan dengan telur ayam. Selain itu, telur bebek juga tinggi akan kandungan albumin (protein seri), omega 3, dan bersifat alkali. Tetapi telur bebek juga dinilai memiliki kandungan lemak kolesterol dan kalori yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Meskipun begitu, masih banyak kandungan dan nutrisi baik yang dimiliki oleh telur asin. Bagi kamu penggemar olahan salted egg, yuk, simak ini 12 manfaat telur asin untuk kesahatan yang wajib kamu ketahui.

 

Ini manfaat telur asin untuk kesahatan yang wajib kamu ketahui.

 

  1. Membantu meningkatkan masa otot

manfaat telur asin untuk kesahatan
Membantu meningkatkan masa otot. (Foto: Pixabay)

Telur asin yang dibuat dengan telur bebek cenderung memiliki lebih banyak memiliki kandungan protein dibandingkan telur ayam. Tingginya kandungan protein pada telur asin dapat membantu meningkatkan dan membentuk masa otot sehingga menjadi lebih padat dan kuat.

 

Oleh karena itu, jika kamu sedang menjalani program pembentukan masa otot sebaiknya rutin mengonsumsi telur asin. Kamu bisa mengonsumsi telur asin secara utuh dengan cara direbus atau dikukus. Kedua cara masak tersebut cenderung lebih sehat karena tidak menggunakan minyak atau tambahan bahan-bahan lainnya.

 

  1. Mingkatkan regenerasi sel

manfaat telur asin untuk kesahatan.
Telur asin membantu mingkatkan regenerasi sel. (Foto: Pixabay)

Salah satu manfaat telur asing yang paling umum diketahui adalah kemampuannya yang berguna untuk meningkatkan regenerasi sel. Kandungan protein pada telur asin mampu membantu menganti sel-sel tubuh yang rusak sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

 

  1. Mencegah masalah anemia

manfaat telur asin untuk kesahatan
Telur asin mampu mencegah masalah anemia. (Foto: Pixabay)

Bagi kamu yang memiliki masalah anemia atau kurang darah sepertinya bisa coba untuk rutin mengonsumsi telur asin. Pasalnya, kandungan zat besi yang ada di dalam telur asin dapat membantu tubuh untuk mencegah gejala anemia.

 

Baca juga: Manfaat Telur yang Ngalahin World Record Kylie Jenner

 

  1. Membantu mengatasi darah tinggi

Aneka olahan telur yang praktis untuk anak kost
Telur asin membantu mengatasi darah tinggi. (Foto: Pixabay)

Nutrisi penting yang terkandung dalam telur asin dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, manfaat telur asin juga berguna untuk mempertahankan dan meningkatkan tekanan darah agar tetap, sehingga mampu mencegah risiko penyakit seperti stroke atau serangan jantung, gagal jantung atau ginjal.

 

  1. Meningkatkan proses metabolisme tubuh

manfaat telur asin untuk kesahatan
Telur asin meningkatkan proses metabolisme tubuh. (Foto: Pixabay)

Kandungan protein pada telur asin sangat baik untuk memberikan energi pada sel-sel tubuh. Kandungan ini dapat membantu untuk mencerna, mendistribusikan, dan memanfaatkan zat-zat gizi yang diperoleh dari makanan dan minuman. Oleh karena itu proses metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih baik dan lancar.

 

  1. Memperbaiki kesehatan mata

manfaat telur asin untuk kesahatan
Telur asin membantu memperbaiki kesehatan mata. (Foto: Pixabay)

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur asin juga memiliki kandungan vitamin A. Kandungan ini dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, kamu bisa mengonsumsi telur asin secara rutin.

 

Selain enam manfaat tadi, masih ada enam manfaat telur asin lainnya yang wajib kamu ketahui. Tapi sebelumnya, yuk, beli telur asin dan dapatkan ongkos kirim gratis di Sayurbox!

 

  1. Kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas

manfaat telur asin untuk kesahatan
Telur asin kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. (Foto: Pixabay)

Antioksidan dikenal baik untuk menangkal radikal bebas. Kandungan ini membantu membuat tubuh lebih sehat dan mencegah kanker. Antioksidan biasanya bisa kamu temui di dalam teh, buah-buahan, dan sayuran. Namun, ternyata telur asin juga memiliki kandungan antioksidan yang tidak kalah dari ketiga bahan makanan tadi, lho.

 

Baca juga: Resep Sarapan dari Roti Anti-Mainstream

 

  1. Membantu perkembangan otak

manfaat telur asin untuk kesahatan.
Telur asin membantu perkembangan otak. (Foto: Pixabay)

Kandungan omega 3 yang ada di dalam telur asin dapat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak. Manfaat telur asin yang satu ini dapat membantu merangsang sel-sel pada otak sehingga mencegah terjadinya gangguan pada otak. Oleh karena itu telur asin sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pada ibu hamil dan anak-anak dibawah usia tiga tahun.

 

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

manfaat telur asin untuk kesahatan
Telur asin menjaga sistem kekebalan tubuh. (Foto: Pixabay)

Manfaat telur asin lainnya yang bisa kamu rasakan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan selenium pada telur asin mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai takaran, telur asin dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhidar dari gejala batuk atau flu.

 

Baca juga: Rainbow Food, Makanan Berwarna Kaya Manfaat

 

  1. Baik untuk kesehatan tulang

manfaat telur asin untuk kesahatan
Telur asin baik untuk kesehatan tulang. (Foto: Pixabay)

Protein hewani yang terkandung pada telur asing sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi telur asin secara rutin dapat membuat masa tulangmu tetap bertahan. Tak hanya itu, manfaat telur asin juga berguna untuk mencegah osteoporosis. Asupan telur asin sangat penting bagi wanita terutama telah mengalami menopause karena berguna untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

 

  1. Menjaga kesehatan kulit

manfaat telur asin untuk kesahatan
Telur asin membantu menjaga kesehatan kulit. (Foto: Pixabay)

Tak hanya mampu menjaga kesehatan organ dalam tubuh, telur asin ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin E pada telur asin sangat penting untuk mencegah radikal bebas yang dapat merusak kulit. Selain itu, kandungan vitamin E juga dapat membantu kulit tetap cerah, halus, dan terhindar dari iritasi kulit.

 

  1. Manfaat telur asin untuk menurunkan kadar lipit darah

manfaat telur asin untuk kesahatan
Manfaat telur asin untuk menurunkan kadar lipit darah. (Foto: Pixabay)

Manfaat telur asin lainnya yang bisa kamu rasakan yaitu mampu menurunkan kadar lipit darah. Kadar lipid darah seperti kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi medis yang berbahaya. Kabar baiknya, kandungan pada telur asin dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah, sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi telur asin? Yuk, buruan beli telur asin di Sayurbox!

Related Articles

Kenali 3 Perbedaan Gula Aren, Gula Merah, dan Gula Batok Sebelum Membeli

Bagi kamu yang gemar memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan nama gula aren. Tetapi terkadang masih banyak pula orang yang belum dapat...

Begini 5 Cara Memilih Alpukat Matang yang Benar

Alpukat adalah salah satu superfood yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan omega 3 dan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya...

10 Aneka Olahan Telur yang Praktis untuk Anak Kost

Anak kost biasanya jarang punya waktu luang untuk memasak. Akhirnya telur dadar dan telur ceplok menjadi menu andalan yang mudah dimasak...

Post Comment