Written by at November 05, 2022
Manfaat Produk

13 Manfaat Bayam Bagi Tubuh, Superfood yang Bantu Cegah Kanker

Bayam bisa dibilang merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang jadi favorit banyak orang. Gak hanya diolah jadi sayur bening aja, tapi bayam juga kerap diolah jadi sup, salad, bahkan jadi keripik. Layaknya sayuran berdaun hijau lainnya, bayam yang tergolong sebagai superfood ini punya segudang manfaat bagi kesehatan. Cari tahu apa aja manfaat bayam tersebut di bawah ini.

manfaat bayam

1. Mencegah Kanker

Sayurfriends tahu gak kalau ternyata bayam bisa membantu mencegah timbulnya penyakit kanker? Bayam merupakan sayuran yang kaya akan kandungan zeaksantin dan karotenoid, antioksidan yang bisa mengusir keluar radikal bebas dari dalam tubuh. Sayurfriends tentu sudah tahu kalau radikal bebas ini bisa memicu munculnya sel kanker di dalam tubuh dan penyakit lainnya.

Selain karena adanya kandungan berupa zeaksantin dan karotenoid tersebut, manfaat sayur bayam dalam mencegah kanker juga disebabkan karena kandungan vitamin A yang dimilikinya. Beberapa penelitian menunjukkan kalau vitamin A dalam bayam memiliki pengaruh pada berkurangnya risiko kanker payudara.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang gak stabil akan bisa menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan. Maka dari itu, Sayurfriends sebisa mungkin harus menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Salah satu cara yang bisa Sayurfriends lakukan untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil adalah dengan mengonsumsi sayur bayam.

Bayam merupakan sayuran yang tinggi kandungan nitratnya. Kandungan nitrat yang tinggi ini diketahui bisa menjaga kestabilan tekanan darah dan juga menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian juga menunjukkan kalau 27 orang yang mengonsumsi sayur bayam berhasil menurunkan tekanan darahnya yang tinggi.

3. Memelihara Kualitas Penglihatan

Setiap orang tentu ingin memiliki penglihatan yang bagus. Sayangnya, faktor dari dalam maupun luar tubuh membuat kualitas penglihatan mengalami penurunan. Agar Sayurfriends bisa memelihara kualitas penglihatan agar tetap bagus walaupun usia tetap terus bertambah, Sayurfriends bisa coba konsumsi bayam secara rutin.

Sayur bayam memiliki kandungan klorofil yang tinggi, bisa dilihat dari warna hijau gelap daunnya, berikut dengan karotenoid seperti beta karoten, lutein, dan zeaksantin. Kandungan yang tergolong sebagai fitonutrien ini sangat penting sifatnya bagi mata, karena bisa membantu mencegah terjadinya degenerasi makula dan katarak.

4. Memelihara Kesehatan Tulang

Manfaat bayam yang jarang diketahui adalah membantu memelihara kesehatan tulang. Bayam merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K, sehingga efektif dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan vitamin K yang dimilikinya ini juga bakal meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Alhasil, gak cuma tulang, namun kesehatan gigi pun bakal terpelihara.

5. Meningkatkan Energi

Aktivitas yang Sayurfriends lakukan sehari-hari gak jarang membuat energi Sayurfriends jadi terkuras habis. Jika sudah begini, maka Sayurfriends akan sering dilanda rasa kelelahan, sehingga jadi gak semangat lagi dalam menjalankan aktivitas. Agar energi yang dimiliki bisa meningkat, Sayurfriends bisa coba konsumsi sayur bayam secara rutin.

Bayam merupakan tanaman yang bisa mengembalikan energi, meningkatkan vitalitas, serta meningkatkan kualitas darah. Kemampuan bayam dalam mengembalikan dan meningkatkan energi disebabkan karena kandungan zat besinya yang melimpah. Penyerapan zat besi yang optimal oleh tubuh juga didukung oleh kandungan asam oksalat yang terkandung dalam  bayam.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Sayurfriends yang berencana untuk menurunkan berat badan, sayur bayam sangat tepat untuk dijadikan salah satu menu makan saat diet tersebut. Kandungan kalori yang dimiliki oleh bayam tergolong rendah, sehingga membuat asupan kalori yang Sayurfriends konsumsi setiap harinya akan bisa tetap terjaga.

Gak hanya itu aja, sayur bayam juga kaya akan serat sehingga akan membantu melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah yang tinggi, serta mencegah konstipasi. Dengan mengonsumsi bayam, Sayurfriends akan bisa merasa kenyang lebih cepat, sehingga nafsu untuk memakan lebih banyak makanan akan bisa ditahan.

Baca juga: 5 Ide Resep Nasi Bakar, Aroma Harumnya Dijamin Bikin Ngiler!

7. Meredakan Peradangan

Manfaat bayam yang juga sangat sayang untuk dilewatkan adalah membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Superfood satu ini memiliki kandungan berupa neoxanthin dan violaxanthin yang keduanya memiliki sifat anti-peradangan, sehingga bisa membantu dalam mengontrol peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Dengan kandungan yang memiliki sifat anti-peradangan ini, asupan bayam yang Sayurfriends konsumsi bisa membantu mencegah terjadinya osteoporosis, migraine, sakit kepala, asma, hingga artritis. Makanya, Sayurfriends gak perlu ragu untuk mengonsumsi sayuran daun hijau ini dengan rutin.

8. Membuat Tubuh Jadi Rileks

Aktivitas yang dilakukan sehari-hari gak jarang membuat tubuh dan pikiran jadi stres, sehingga Sayurfriends pun kesulitan dan gak nyaman dalam menjalankan aktivitas tersebut. Agar pikiran bisa lebih rileks, Sayurfriends bisa coba untuk mengonsumsi bayam, karena sayuran ini dikenal akan efeknya dalam merilekskan tubuh dan pikiran.

Bayam diketahui memiliki kandungan berupa zink dan magnesium yang bisa membantu Sayurfriends untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan tidur yang nyenyak di malam hari. Alhasil, tubuh dan pikiran pun bisa lebih rileks, karena bisa beristirahat dengan optimal. Sayurfriends pun bakal lebih semangat untuk menjalani hari keesokannya.

9. Memelihara Otak

Pengonsumsian bayam secara rutin membantu dalam memelihara kondisi otak, terutama saat usia sudah gak muda lagi. Kandungan vitamin K pada bayam yang melimpah, membantu memelihara kesehatan sistem saraf, termasuk yang ada di organ otak, sehingga akan membuat otak tetap aktif dan tetap bisa berpikir dengan optimal.

10. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Yuk tingkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi sayur bayam. Sayur bayam kaya akan vitamin A, yang bakal memperkuat dan menjaga tempat masuknya benda asing ke dalam tubuh, seperti organ respirasi, saluran pencernaan, dan membran mukosa. Dengan begini, Sayurfriends bakal gak mudah untuk jatuh sakit lagi.

11. Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi yang ditandai dengan kurangnya sel darah merah di dalam tubuh. Seseorang yang mengalami anemia, biasanya akan mudah merasa lelah dan gak berenergi. Pencegahan anemia bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayur bayam. Kandungan zat besinya yang tinggi membuat Sayurfriends bisa terhindar dari risiko mengalami anemia ini.

12. Mencerahkan Kulit

Sayurfriends ingin punya kulit yang cerah? Yuk rutinkan mengonsumsi bayam. Bayam kaya akan kandungan vitamin yang berperan penting dalam memelihara kesehatan kulit, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Jangan kaget nanti jika kulit Sayurfriends jadi glowing setelah rutin mengonsumsi sayur bayam.

13. Mencegah Penuaan Dini

Yuk hempaskan tanda-tanda penuaan dini pada kulit dengan mengonsumsi sayur bayam secara rutin. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sayur bayam memiliki kandungan antioksidan yang melimpah. Gak hanya untuk mencegah kanker aja, namun antioksidan ini juga akan membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Sayurfriends pun bisa terlihat awet muda.

Yuk rasakan manfaat bayam yang disebutkan di atas dengan rutin mengonsumsinya. Sayurfriends bisa olah bayam dengan cara yang berbeda, agar nantinya gak merasa bosan saat memakannya. Manfaatnya yang melimpah dijamin gak bakal membuat rugi Sayurfriends untuk terus menstok sayuran daun hijau satu ini di rumah.

Beli Bayam Sekarang Juga!

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...