Written by at November 24, 2022
Manfaat Produk

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya hitam tapi banyak banget manfaat yang diberikan. Langsung aja yuk cari tahu apa aja sih manfaat black garlic ini buat kesehatan tubuh.

manfaat black garlic

1. Sumber Nutrisi

Ternyata black garlic ini bisa jadi sumber nutrisi buat tubuh. Black garlic disebut sebagai obat alami atau herbal yang di dalamnya banyak banget nutrisi penting. Mulai dari kalsium, vitamin C, zat besi, hingga karbohidrat. Semuanya ada lengkap di dalam bawang hitam ini.

Gak heran kalau black garlic bisa jadi herbal yang aman buat dikonsumsi rutin. Tujuannya buat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Nah, kalau nutrisinya terpenuhi tubuh juga pasti jadi lebih sehat dan kuat atau gak gampang sakit.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Black garlic sudah lama dikenal jadi salah satu herbal yang bagus buat dikonsumsi sama penderita diabetes. Soalnya bawang hitam ini punya kemampuan buat nurunin kadar gula dalam darah. Jadi hasil fermentasi bawang segar ini ternyata bisa ningkatin produksi insulin dan akhirnya kadar gula dalam darah jadi turun deh.

Bagi penderita diabetes, konsumsi bawang hitam ini bisa jadi opsi biar kadar gula darah sebisa mungkin tetap stabil. Bahkan bagus juga kok buat dikonsumsi sama orang-orang yang punya risiko diabetes tinggi. Jadi bisa lebih jaga kesehatan dan kontrol gula darah.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat black garlic berikutnya yaitu bisa nurunin kadar kolesterol. Ada penelitian yang udah membuktikan kalau orang-orang yang makan bawang hitam rutin ternyata kadar kolesterolnya bisa lebih terkontrol. Bahkan penurunan kadar kolesterol berkat konsumsi bawang hitam ini bisa sampai 15%, lho!

4. Menjaga Tekanan Darah

Buat penderita hipertensi, konsumsi bawang hitam ini juga bisa jadi solusi yang tepat. Gak cuma bisa nurunin kadar gula darah, bawang hitam ternyata juga bisa nurunin tekanan darah. Jadi kalau ada masalah dengan kondisi hipertensi bisa coba dirutinin makan bawang putih supaya lebih terkontrol.

Ada penelitian yang membuktikan kalau konsumsi bawang hitam secara rutin bisa nurunin darah tinggi sampai 8%. Terbukti kalau black garlic ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Soalnya kadar kolesterol bisa terkontrol dan bisa mencegah darah tinggi juga.

5. Memelihara Kesehatan Hati

Black garlic juga bisa membantu memelihara kesehatan organ hati. Selain jantung, kesehatan organ lain dalam tubuh seperti hati juga penting banget. Kalau organ ini bekerja optimal di dalam tubuh maka racun-racun bisa dibasmi keluar dan tubuh juga jadi lebih sehat.

Black garlic itu sendiri punya kandungan antioksidan yang tinggi banget. Jadi kalau dikonsumsi secara rutin bisa meringankan kerja hati buat membasmi semua racun dalam tubuh. Bahkan konsumsi bawang hitam secara rutin juga bisa membantu sel hati kembali ke ukuran yang paling optimal.

6. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Buat yang mau diet atau nurunin berat badan, coba konsumsi black garlic. Salah satu manfaat black garlic adalah menjaga berat badan biar tetap ideal. Bahan herbal yang satu ini ternyata bisa nurunin risiko obesitas karena punya kandungan zat antiinflamasi yang bisa mengatur lemak tubuh.

Kalau punya risiko terkena obesitas, selain kontrol pola makan juga penting banget buat konsumsi produk herbal yang mendukung. Contohnya ya bawang hitam ini karena memang aman banget buat dikonsumsi.

Baca juga: 9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

7. Mengatasi Sakit Gigi

Black garlic juga bisa jadi pilihan obat tradisional buat ngatasin sakit gigi. Masalah sakit gigi ini seringkali ganggu banget buat sebagian orang. Kalau belum sempat ke dokter gigi ya solusi satu-satunya cuma ngurangin nyeri. Selain konsumsi obat pereda nyeri, bisa juga kok pakai black garlic.

Bawang hitam ini punya sifat antibakteri dan antivirus. Konsumsi bawang hitam bisa bantu membunuh bakteri yang memicu sakit gigi dan gigi berlubang. Jadi nyeri di area gigi juga bisa terasa lebih ringan.

8. Menyamarkan Bekas Luka

Black garlic juga bisa bantu menyamarkan bekas luka di kulit. Kalau Sayurfriends punya masalah bekas luka yang dirasa mengganggu dan sulit buat dihilangkan, coba aja pakai bawang hitam. Caranya mudah, tinggal dioleskan aja ke bagian bekas luka yang membandel terus dibilas deh pakai air bersih. Biar bekas lukanya benar-benar bisa hilang, olesin secara rutin ya!

9. Mengatasi Alergi

Sayurfriends punya masalah alergi? Coba atasi pakai bawang hitam. Salah satu manfaat black garlic yaitu bisa menurunkan dampak dari alergi. Ada penelitian yang membuktikan kalau bawang hitam ini bisa nurunin reaksi alergi jadi gak parah-parah banget. Mungkin emang gak bisa menyembuhkan alerginya secara total tapi efektif kok buat meringankan reaksi alergi di tubuh.

10. Bikin Awet Muda

Black garlic ternyata juga bisa bikin jadi lebih awet muda. Sayurfriends wajib tahu kalau bawang hitam itu mengandung antioksidan yang tinggi dan punya kemampuan buat mengganti sel-sel rusak dalam tubuh. Kalau sel rusak dalam tubuh diganti yang baru, maka kesehatan jadi lebih terjaga dan bisa bikin lebih panjang umur.

Hasil fermentasi bawang putih ini bisa memperbarui sel-sel tubuh termasuk sel kulit. Kalau sel kulitnya diperbarui terus-menerus berarti secara logika jadi muda terus, kan? Tanda-tanda penuaan seperti kerutan, keriput, dan lain-lain bisa dicegah dan bikin kulit jadi jauh lebih sehat.

11. Menurunkan Risiko Pikun

Tahu kan kalau performa otak bisa menurun seiring berjalannya waktu? Semakin tua usia maka bisa jadi semakin tinggi juga risiko buat jadi pikun. Nah, black garlic ini bisa bantu memperkecil risiko tersebut. Jadi risiko pikun, demensia, dan alzheimer di masa tua jauh lebih kecil.

Black garlic ini bisa membantu menjaga kesehatan otak manusia. Selain itu kandungan dalam bawang hitam ini juga bisa mencegah terjadinya kerusakan saraf. Jadi efektif banget buat jagain kesehatan otak biar gak gampang pikun seiring bertambahnya usia.

12. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat lain dari bawang hitam adalah bisa mengatasi masalah jerawat. Jerawat ini pasti jadi salah satu masalah kulit yang sering banget muncul bagi sebagian orang dan pasti mengganggu banget. Daripada pakai obat-obatan yang gak jelas, sangat disaranin buat pakai herbal seperti bawang hitam ini.

Cara pemakaian bawang hitam buat ngatasin jerawat itu gampang banget. Sayurfriends yang punya jerawat bisa oleskan bawang hitam ke bagian jerawat tersebut. Lakuin aja rutin sampai jerawat kempis dan hilang sendiri.

13. Membersihkan Komedo

Selain masalah jerawat, ternyata masalah komedo juga bisa diatasi pakai bawang hitam. Herbal yang satu ini disebut ampuh membasmi komedo. Cara pemakaiannya sama seperti sebelumnya, cukup dioleskan aja secara rutin. Hasilnya kulit jadi lebih halus dan pori-pori juga lebih bersih.

Ternyata ada banyak banget ya manfaat black garlic. Gak cuma buat kesehatan tapi juga bisa bermanfaat buat kecantikan kulit. Black garlic ini semakin gampang buat ditemui bahkan Sayurfriends juga bisa kok bikin sendiri di rumah pakai bawang putih segar yang masih mentah.

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...

10 Manfaat Lari Pagi, Cegah Stres dan Jaga Tubuh Tetap Ramping

Olahraga jadi salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat. Banyak banget jenis aktivitas olahraga yang bisa dilakukan...