Written by at December 23, 2020
Tips & Trik

Sebelum Memasak di Rumah, Cari Tahu 15 Jenis-Jenis Pasta yang Populer di Dunia

Pasta, merupakan makanan khas dari Italia. Dibuat dari campuran tepung terigu, telur, minyak zaitu, serta garam, pasta dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Di Indonesia, olahan pasta yang populer adalah spaghetti, makaroni, hingga lasagna. Ternyata, ada 650 lebih jenis pasta, lho. Penasaran apa saja jenis-jenis pasta? Berikut 15 jenis-jenis pasta yang populer di dunia.

 

Ini jenis-jenis pasta yang populer di dunia

jenis-jenis pasta
14 Jenis-Jenis Pasta yang Populer di Dunia. (Foto: Pixabay)

1. Spaghetti

Siapa yang tak kenal dengan jenis pasta yang satu ini? Pasti banyak yang sudah mengenal jenis pasta yang satu ini. Spaghetti juga kerap dikenal dengan sebutan Mie Italia. Bentuknya panjang, dan salah satu hidangan olahan spaghetti yang terkenal adalah spaghetti bolognese, yakni spaghetti dengan topping berupa saus daging cincang. Spaghetti bolognese ini biasanya disajikan dengan taburan keju parmesan parut yang lezat.

 

2. Makaroni

Selain spaghetti, makaroni juga cukup dikenal oleh masyarakat dunia. Makaroni ada yang berbentuk lurus ataupun melengkung, tentunya dengan lubang pada bagian tengahnya. Biasanya, makaroni diolah dengan cara dipanggang bersama keju, atau bisa juga direbus untuk isian sup. 

 

3. Penne

Penne, berasal dari kata penna dalam bahasa Latin. Penna artinya bulu, atau pena yang biasa digunakan untuk menulis di masa lampau. Disebut penne karena pasta jenis ini bentuknya pendek seperti tabung kecil yang dipotong secara diagonal, mirip dengan pena. Pada umumnya, penne sangat cocok untuk disajikan dengan beragam jenis saus, seperti saus tomat, krim, hingga daging. 

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Mie Organik yang Mudah di Rumah

 

4. Fusilli

Jenis pasta yang satu ini juga kerap digunakan dalam berbagai hidangan populer. Fusilli adalah jenis pasta yang bentuknya spiral dan pendek. Sering kali, pasta ini diolah bersama saus krim dan kacang polong. Fusilli juga cocok dihidangkan bersama bahan lain seperti berbagai jenis daging dan sayur. Bisa juga dijadikan isian sup, hingga digoreng dan ditambahkan taburan serbuk cabai yang bikin ketagihan. 

 

5. Angel Hair

Cappelli D’Angelo, atau yang populer dengan nama angel hair, merupakan kelompok pasta Capellini alias jenis pasta yang tipis dengan diameter antara 0,85 hingga 0,92 milimeter. Bila dibanding spaghetti, jenis pasta angel hair ini tentu lebih tipis. Secara tekstur, tingkat kekenyalannya juga lebih rendah. Namun kelebihannya, karena bentuknya yang tipis maka hanya butuh waktu yang sedikit untuk mengolah angel hair hingga matang. 

 

6. Farfalle

Dalam bahasa Italia, farfalle artinya kupu-kupu. Hal ini cukup menjelaskan mengapa pasta yang satu ini disebut demikian, tak lain karena bentuknya yang cantik dan menyerupai kupu-kupu. Farfalle cocok untuk disajikan dengan semua jenis saus, namun saus tomat dan saus krim adalah yang paling sering digunakan untuk melengkapinya. 

 

7. Fettuccine

Fettucine memiliki arti pita kecil. Pasta ini merupakan salah satu jenis yang populer dalam masakan Romawi. Sekilas, bentuknya mirip dengan kwetiau, panjang dan pipih. Fettuccine umumnya dihidangkan bersama taburan daging atau carbonara, dengan tambahan saus tomat. 

 

Tertarik untuk mencoba jenis-jenis pasta ini? Yuk, belanja pasta pilihanmu di Sayurbox sekarang juga, dan rasakan pengalaman belanja yang praktis, efisien, dan tentunya menyenangkan!

 

jenis-jenis pasta

 

8. Lasagna

Berbeda dengan jenis-jenis pasta sebelumnya, lasagna merupakan jenis pasta yang berbentuk lembaran tipis. Ukurannya beragam, namun secara umum biasanya memiliki panjang 27 cm dengan lebar 5 cm. Lasagna hadir dalam beberapa warna, seperti kuning yang cocok untuk olahan makanan yang dipanggang, merah untuk hidangan yang disajikan bersama saus tomat, hingga hijau yang cocok untuk dipadukan dengan beragam sayuran. 

 

9. Anelli

Dikenal juga dengan sebutan anelletti, pasta ini berbentuk kecil dan tipis seperti cincin. Biasanya, anelli digunakan sebagai isian sup ataupun diolah menjadi pasta salad. Terdapat pula jenis yang ukurannya lebih kecil dari anelli, yakni sekitar seperempat dari ukuran anelli yang disebut dengan anellini. 

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

10. Bucatini

Bucatini merupakan jenis pasta yang populer di Lazio. Pasta ini memiliki panjang sekitar 25-30 cm dengan diameter 3 mm. Bentuknya seperti spaghetti namun lebih tebal dengan lubang kecil ditengahnya. Disebut bucatini karena merujuk pada istilah buco dalam bahasa Italia yang artinya lubang. 

 

11. Campanelle

Jenis pasta ini berbentuk kerucut, dengan tepi yang tidak beraturan seperti bunga lonceng. Dapat disajikan dengan berbagai sayuran dan saus, bisa juga untuk pasta salad yang dingin. 

 

12. Cavatappi

Bentuk cavatappi ini seperti makaroni namun dengan tekstur guratan seperti tabung heliks. Pasta yang satu ini berwarna kuning seperti pasta pada umumnya meskipun dibuat tanpa menggunakan telur. Biasanya, cavatappi disajikan dalam hidangan seperti salad, casserole, ataupun sup.

 

Baca juga: Shirataki, Menu Diet Keto Populer

 

13. Conchiglie

Conchiglie memiliki bentuk seperti kulit kerang. Pasta jenis ini dapat disajikan sebagai isian sup atau salad, hingga ditambahkan saus sebagai pelengkap. Conchiglie biasanya memiliki ragam warna yang dihasilkan dari pigmen alami seperti ekstrak bayam, tomat, hingga tinta cumi. 

 

14. Gnocchi

Jenis pasta gnocchi ini merupakan jenis pasta dengan bentuk bulat lonjong dan disertai rongga. Pasta ini berbahan dasar kentang. Biasanya, gnocchi diolah dengan kacang polong dan saus krim yang lezat. 

 

15. Rigatoni

Bentuk pasta rigatoni hampir mirip dengan penne, yaitu berbentuk silinder dengan tonjolan di teksturnya. Namun, rigatoni sedikit lebih kaku dan tidak memiliki tepi miring seperti penne. Sama seperti penne, bagian tengah pasta ini juga terbuka dan berfungsi agar saus masuk ke dalamnya, sehingga setiap gigitan terasa saus dan keju yang lembut serta beraroma.

 

Itu dia 15 jenis-jenis pasta yang populer di dunia. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, belanja pasta pilihanmu di Sayurbox sekarang juga, dan rasakan pengalaman belanja yang praktis, efisien, dan tentunya menyenangkan!

 

jenis-jenis pasta

Related Articles

Meski Bentuknya Serupa, Ternyata Ini 7 Jenis Kelengkeng yang Enak

Iklim tropis membuat Indonesia banyak ditumbuhi berbagai buah eksotis. Tak heran, Indonesia dikenal sebagai surganya buah tropis. Salah...

Hindari Busuk, Ini 7 Tips Memilih Buah-buahan Segar dan Matang

Sering salah membeli buah yang masih mentah atau justru sudah busuk? Memilih buah segar dan matang memang agak tricky, karena jika salah...

Perhatikan Kualitas Buah & Sayur Saat Cuaca Tidak Menentu

Cuaca sedang tidak menentu nih, akhirnya kualitas buah & sayur juga terpengaruhi. Saat ini, para petani sangat kesulitan menjual hasil...

Post Comment