Written by at September 29, 2022
Manfaat Produk

14 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Energi untuk Hadapi Hari

Sulit rasanya untuk menolak godaan dari secangkir kopi. Umumnya, kopi diminum agar bisa begadang atau bisa membuat tubuh tetap terjaga di malam hari. Usut punya usut, kopi ternyata bisa mendatangkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, tentunya selama dikonsumsi dalam batas wajar. Penasaran apa saja manfaat kopi tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

manfaat kopi

1. Meningkatkan Level Energi

Pernahkah Sayurfriends merasa lebih berenergi dan bersemangat setelah meminum secangkir kopi? Level energi yang meningkat ini memang merupakan salah satu efek yang dihasilkan oleh kopi. Makanya, gak heran jika banyak orang yang bilang kalau mereka belum bersemangat untuk memulai kerja, sebelum meminum kopi di pagi hari.

Meningkatnya level energi setelah minum kopi ini disebabkan karena kandungan kafein yang dimiliki oleh kopi. Kafein bekerja sebagai stimulan sistem saraf pusat yang punya kemampuan untuk menghadang rasa lelah dan meningkatkan level energi. Kafein akan menghambat reseptor adenosin, sehingga meningkatkan level neurotransmitter yang meregulasi level energi seperti dopamin.

2. Membantu Menunrukan Risiko Diabetes Tipe 2

Pengonsumsian kopi secara rutin juga dikaitkan dengan menurunkan risiko seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2. Manfaatnya dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2 ini disebabkan karena kemampuan kopi dalam memelihara fungsi sel-sel beta yang berada di pankreas. Sel-sel beta ini sendiri bertanggung jawab untuk memproduksi insulin yang mengatur level gula darah.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Jeruk, Bikin Tubuh Sehat

3. Mendukung Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan kalau pengonsumsian kopi secara rutin akan bisa mendukung kesehatan otak, di mana risiko seseorang menderita penyakit Alzheimer, Parkinson, dan penyakit penurunan kognitif lainnya menjadi lebih rendah. Selain menurunkan risiko mengidap penyakit ini, kopi dipercaya memiliki kemungkinan untuk memperlambat perkembangan penyakit ini.

4. Menjaga Kesehatan Hati atau Lever

Beberapa penelitian menunjukkan kalau pengonsumsian kopi secara rutin dalam batas wajar juga bisa membantu menjaga kesehatan hati atau lever. Kandungan yang dimiliki kopi dipercaya melindungi hati dari risiko penyakit hati kronis, seperti sirosis dan kanker hati. Dengan begini, risiko kematian akibat penyakit hati kronis ini pun bisa berkurang.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kopi juga bisa dirasakan oleh Sayurfriends yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian, asupan kopi yang meningkat dikaitkan dengan berkurangnya lemak tubuh pada wanita. Selain itu, ada juga penelitian yang hasilnya menunjukkan kalau asupan kopi membantu menyehatkan usus, sehingga bisa mempengaruhi berat badan.

6. Mendukung Aktivitas Fisik

Bagi Sayurfriends yang kerap kali merasa malas untuk bergerak atau melakukan aktivitas fisik, yuk coba konsumsi kopi terlebih dahulu. Pengonsumsian kopi dikaitkan dengan peningkatan aktivitas fisik seseorang. Berdasarkan penelitian, ditemukan kalau kemungkinan wanita yang mengonsumsi kopi untuk mencapai aktivitas fisik yang direkomendasikan meningkat hingga 17 persen.

7. Membantu Menangani Depresi

Pengonsumsian kopi disebutkan bisa membantu menangani depresi yang dialami oleh seseorang. Kafein bersama dengan lebih dari 1.000 komponen bioaktif yang dimiliki oleh kopi, akan memberikan efek positif bagi kesehatan mental, disebabkan karena sifat antiradang dan antioksidatif yang dimilikinya.

Kandungan berupa kafein yang dimiliki oleh kopi akan bekerja sebagai psikostimulan yang bisa membantu meningkatkan kewaspadaan dan motivasi. Selain itu, kafein ini juga memiliki kemampuan untuk menghambat reseptor adenosina di sistem saraf pusat, yang akan mencegahnya melakukan respons seluler yang berujung pada depresi dan mood yang menurun.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Kopi juga disebutkan bisa membantu menurunkan risiko penyakit yang ditakuti oleh banyak orang di dunia, yakni kanker. Manfaat kopi dalam menurunkan risiko kanker disebabkan karena kandungan antioksidannya yang melimpah, sehingga bisa membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang menjadi penyebab kanker.

9. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Berdasarkan sebuah penelitian, pengonsumsian kopi dikaitkan dengan menurunnya risiko seseorang menderita penyakit batu ginjal. Penelitian tersebut menyebutkan kalau risiko orang yang lebih sering minum kopi untuk mengidap batu ginjal lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang mengonsumsinya kurang dari seminggu.

Lantas, mengapa kopi disebutkan bisa menurunkan risiko seseorang mengidap batu ginjal. Salah satu alasannya adalah karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi akan membuat seseorang lebih sering buang air kecil. Frekuensi buang air kecil yang lebih sering akan membuang kalsium dan sodium berlebih, yang diketahui berkontribusi pada pembentukan batu ginjal.

10. Meningkatkan Daya Ingat

Jika Sayurfriends pelupa, cobalah minum kopi agar daya ingat meningkat. Manfaat kopi untuk meningkatkan memori ini diketahui dari sebuah penelitian pada orang-orang yang mengonsumsi kopi dengan kandungan 200 miligram kafein. Kelompok orang tersebut lebih baik dalam mengingat gambar yang diberikan padanya 24 jam sebelumnya, dibandingkan orang yang gak mengonsumsinya.

Meningkatnya daya ingat setelah mengonsumsi kopi ini tentu saja berkaitan dengan kandungan kafein yang dimilikinya. Kafein akan menghambat neurotransmitter adenosin, sehingga neurotransmitter satu itu gak menghambat neurotransmiter lain yang disebut norepinefrin. Norepinefrin ini merupakan neurotransmiter yang berperan penting dalam mengingat kembali suatu hal.

11. Menurunkan Risiko Multiple Sclerosis 

Berdasarkan penelitian, kopi berpotensi untuk menurunkan risiko seseorang mengidap multiple sclerosis. Multiple sclerosis merupakan gangguan saraf pada otak, mata, dan tulang belakang, yang bisa memicu gangguan penglihatan dan gerakan tubuh. Sifat neuroprotective yang dimiliki kafein akan menghentikan produksi protein inflamasi yang mendukung perkembangan penyakit tersebut.

12. Membuat Gigi Jadi Lebih Kuat

Salah satu efek yang gak disukai oleh banyak orang dari kopi adalah efek kuning yang ditimbulkannya pada gigi. Namun, dibalik itu ternyata kopi dikaitkan dengan kemampuan untuk membuat gigi jadi lebih kuat. Para peneliti dari Universitas Boston menemukan fakta bahwa antioksidan dalam kopi membuat proses inflamasi yang bisa merusak gusi dan tulang rahang jadi berhenti.

Baca juga: 12 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

13. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bagi Sayurfriends yang ingin punya kulit sehat, bisa coba aplikasikan kopi sebagai scrub untuk kulitnya. Kopi mengandung kafein dan polifenol yang akan melindungi kulit dari bakteri karena punya sifat anti radang dan anti mikroba, serta bisa melindungi kulit dari penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Masalah kulit seperti jerawat dan psoriasis bisa coba diatasi dengan kopi.

14. Membuat Umur Jadi Lebih Panjang

Kemampuan kopi dalam melindungi tubuh dari berbagai risiko penyakit, termasuk yang mengancam nyawa, membuat kopi disebut bisa membuat seseorang memiliki umur panjang. Berdasarkan penelitian, pengonsumsian kopi disebut bisa menurunkan risiko mati seseorang. Namun tentu saja, butuh penelitian lebih dalam terkait manfaatnya satu ini.

Itulah tadi 14 manfaat kopi yang bisa Sayurfriends peroleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Hal penting yang harus diingat adalah, manfaat dari kopi ini akan bisa diperoleh jika pengonsumsiannya masih di batas wajar, serta gak ditambah dengan aneka pemanis yang malah akan membuat manfaatnya itu hilang. Gimana, tertarik untuk minum kopi dari sekarang?

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...