Written by at January 29, 2020
Tips & Trik

15 Ide Camilan Sehat dari Buah yang Mudah Dimasak di Rumah

Camilan hampi disukai oleh semua orang, biasanya orang menyelipkan camilan di sela-sela jam makan. Ngemil memang tidak dilarang bahkan disarankan untuk menjaga kestabilan energimu sepanjang hari. Namun, banyak orang yang melakukan kebiasaan ngemil secara berlebihan sehingga dapat memicu kenaikan berat badan yang berujung obesitas. Untuk kamu yang suka ngemil tetapi tidak mau mengalami kenaikan berat badan serta tetap ingin menjaga kesehatan, yuk, simak 15 ide camilan sehat dari buah yang mudah dimasak di rumah.

 

Ini ide camilan sehat dari buah yang mudah di masak

camilan sehat dari buah yang mudah dimasak
Camilan Sehat dari Buah yang Mudah Dimasak di Rumah. (Foto: Pixabay)

1. Buah kering yang manis

Kamu dpaat membuat camilan sehat di rumah yaitu buah-buahan yang dikeringkan seperti buah manga, stroberi, dan papaya ini akan memadukan rasa manis buah dengan tekstur chewy dari proses pengeringan ini dapat menjadi camilan enak yang memanjakan lidah sekaligus menyehatkan.

 

Cukup potong tipis buah dan jemur dibawah sinar matahari selama kurang lebih 4 jam untuk menyusutkan kandungan air dalam buah. Nutrisi dalam buah-buahan seperti vitamin C dan potassium dapat menstabilkan energi dan memperbaiki mood kamu, lho!

 

2. Buah Ara kering

Buah ara mudah membusuk sehingga lebih sering dijadikan dried fruit. Buah kecil ini memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan. Kandungan mineralnya seperti kalsium, magnesium, potasium, dan mangan yang dibutuhkan tubuh untuk mengaktifkan ratusan enzim dalam tubuh kamu, sehingga buah ara cocok jadi ide camilan sehat bagi kamu.

 

3. Keripik Apel

Untuk kamu yang pernah berlibur ke kota apel, Batu Malang tentunya sudah taka sing lagi dengan camilan sehat yang satu ini. Keripik apel terbuat dari buah apel yang dipotong tipis dan dikeringkan di bawah sinar matahari selama 4-8 jam. Rasanya asam dan manis, dalam 100 gram keripik apel terdapat 243 kalori, 0,93g protein, dan 450mg kalium. Kalori dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan energi, protein untuk mengatur metabolisem tubuh dan mengikat hemoglobin dan mengangkut oksigen dalam darah, serta kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

 

Baca juga: 9 Olahan Oatmeal untuk Sarapan yang Praktis dan Cepat Dimasak

 

4. Home-made mangga dan rasberi roll fruit

Resep ini hanya menggunakan 3 bahan. Kamu cukup haluskan buah manga dan rasberi dengan sedikit gula, tuangkan di atas perkamen. Kemudian biarkan dipanggang dalam oven bersuhu 65oC sampai adonan buah lengket tetapi tidak terlalu lengket atau basah, sekitar 2 hingga 3 jam. Biarkan kulitnya dingin. Keluarkan dari matras dan letakkan di atas selembar kertas lilin. Lalu gulung adonan.

 

Dalam camilan ini terdapat 39 kalori, 0 g lemak, 10 g karbohidrat, 7,5 g gula, 0,5 mg natrium, 2 g serat, 0 g protein. Sehingga cocok untuk kamu buat menjadi ide camilan sehat di sela waktu makan.

 

5. Sweet trail mix

Kamu cukup menggabungkan perbandingan yang sama antara buah kering dan kacang panggang tanpa garam masukan ke dalam wadah. Di dalam camilan ini terdapat 163 kalori, 9 g lemak (1 g  lemak jenuh), 19 g karbohidrat, 13 g gula, 3 mg natrium, 2 g serat, 5 g protein yang tentunya baik untuk menjaga asupan gizimu setiap hari.

 

Baca juga: Resep Sarapan dari Roti Anti Mainstream

 

6. Buah Beri, Kacang, dan Yogurt

Buah Beri bermanfaat bagi penurunan berat badan dan mencegah penyakit kardiovaskular. Semua orang tentunya mengetahui produk olahan susu ini, yaitu Yogurt makanan asam manis ini mengandung banyak nutrisi. Kamu dapat membuat camilan yogurt, kacang, dan beri ini dengan mencampurkan ½ cangkir yogurt Yunani, 2 sendok makan kacang cincang, dan ½ cangkir beri dalam mangkuk.

 

Menambahkan taburan kacang ke yogurt bebas lemak kaya protein untuk beberapa lemak sehat yang mengenyangkan. Segenggam kecil buah beri atau buah cincang lainnya akan menambah tekstur dan rasa manis, ditambah serat pengisi. Camilan klasik, enak, dan sehat.

 

Ingin mencoba membuat camilan sehat dari buah ini? Yuk, lihat rekomendasi dan membeli buah-buahan dan bahan makanan berkualitas lainnya di Sayurbox!

 

7. Banana Split

Iris pisang kecil menjadi dua secara vertikal. Taburkan pisang dengan ¼ cangkir yogurt Yunani tanpa lemak dan 2 sendok makan kenari cincang. Dalam satu porsi camilan ini terdapat 242 kalori, 10 g lemak (1 g jenuh), 33 g karbohidrat, 18 g gula, 23 mg natrium, 4 g serat, 10 g protein. Buah pisang bermanfaat untuk menyeimbangkan gula darah, membantu menurunkan berat badan, memiliki banyak serat dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Sedangkan yogurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah osteoporsosis. Camilan yang satu ini sangat sehat, kan?

 

8. Es Loli Buah Persik dan Madu

Es Loli bisa menjadi camilan yang sangat meyegarkan di siang hari, agar tetap sehat. Buatlah es loli dari buah persik dan madu untuk rasa manis yang alami. Campurkan buah peach, yogurt, dan madu. Lalu masukan ke wadah es loli dan dinginkan. Buah perik mengandung Vitamin A, C, K, zat besi, potasium, kalsium, fluoride, dan beta-karoten. Menjadikan buah persik bermanfaat untuk menghindari resiko kanker, meningkatkan pengelihatan. Tunggu apalagi? Ayo buat ide camilan sehat ini.

 

9. Es Pisang Coklat

Untuk membuat camilan ini kamu hanya membutuhkan dua bahan yaitu buah pisang dan coklat yang dilelekan. Tusuk pisang dengan stik es krim lalu celupkan di cairan coklat, lalu bekukan. Buah pisang memberikan banyak manfaat bagi tubuh, dapat membuat perut kenyang lebih lama. Paling cocok jika kamu menikmati camilan ini saat siang hari.

 

Baca juga: Ide Sarapan Mudah Untuk yang Malas Masak

 

10. Mousse Alpukat Coklat

Untuk membuat camilan sehat ini, kamu cukup mencampurkan alpukat dan coklat dan blender atau food processor hingga benar-benar halus. Gunakan 3 sdm susu, untuk konsistensi yang lebih halus. Buah Alpukat 100% bebas kolesterol, mengandung hampir 20 vitamin, mineral, dan fitonutrien, dan hanya satu alpukat menawarkan 8% dari nilai serat setiap hari, nutrisi yang memberikan rasa kenyang dan juga telah terbukti berpotensi mengurangi risiko diabetes tipe 2.

 

11. Salad Buah dengan Saus Jeruk Mint

Camilan yang simple untuk dibuat adalah salad buah, kamu cukup memotong-motong buah-buahan seperti pisang, stroberi, blueberi, dan blackberi, lalu untuk saus tuangkan 1 sdm madu, perasan setengah jeruk nipis, perasan setengah lemon, dan 1 sdm cincang mint. Salad buah ini memadukan rasa buah-buahan yang manis dan rasa saus jeruk dan mint yang kuat. Dalam resep ini terkandung 117 kalori, 0,8 g lemak, 28,8 g karbohidrat, 5 g serat, 1,7 g protein. Camilan sehat di pagi hari, delicious!

 

12. Smoothie Buah Naga Merah

Semangkuk smoothie ini adalah cara yang bagus untuk bereksperimen dengan buah naga untuk membuat camilan sehat dari buah tropis ini. Cukup blender bauh naga, pisang, dan rasberi. Lalu masukan sedikit gula dan bubuk protein. Buah naga memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menurunkan resiko diabetes, meningkatkan fungsi jantung, dan mencegah kanker. Jadi tunggu apalagi? Segera buat camilan berwarna hot pink ini!

 

13. Pear and String Cheese

Jika kamu menyukai keju karena kombinasi rasa manis, asin, dan krim, kamua akan menyukai camilan yang sangat mudah untuk dibuat ini. Buah pir memiliki gula alami dan banyak serat, sementara string cheese adalah cara mudah untuk mendapatkan lemak dan protein. Untuk membuatnya kamu hanya perlu, mengiris satu pir sedang. Makanlah dengan satu slice string cheese rendah lemak. Per porsi camilan ini mengandung 182 kalori, 6 g lemak (4 g jenuh), 27 g karbohidrat, 17 g gula, 172 mg natrium, 6 g serat, 8 g protein.

 

14. Yogurt stroberi beku sehat

Untuk cemilan ini kamu hanya membutuhkan waktu lima menit dan hanya empat bahan. Kamu cukup memasukkan stroberi beku, yogurt tanpa tambahan rasa, perasan lemon, dan madu ke dalam food processor. Aduk selama lima menit dengan kecepatan tinggi. Yogurt stroberi pun sudah siap. Stroberi dikenal karena dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah penuaan dini, dan memperkuat daya tahan tubuh. Ayo coba buat camilan sehat ini!

 

15. Apple Sandwich

Bosan degan sandwich yang begitu-begitu saja? Yuk, buat apple sandwich. Kamu hanya membutuhkan buah apel segar, potong membujur tanpa dikupas, 3 sdt selai kacang, 2 sdt choco chips, 3 sdt granola. Cara membuatnya hanya, oles kedua sisi apel dengan selai kacang, beri choco chips dan granola.

 

 Apple Sandwich-mu pun siap dinikmati! Tak perlu diragukan lagi bahwa camilan ini merupakan camilan yang sehat, apel dapat mencegah penyakit stroke, menurunkan berat badan, memelihara kesehatan jantung, dan baik untuk melawan kanker.

 

Jadi, camilan sehat dari buah mana yang ingi coba kamu masak di rumah? Yuk, lihat rekomendasi dan membeli buah-buahan dan bahan makanan berkualitas lainnya di Sayurbox!

Related Articles

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Olive Oil untuk Memasak

Olive oil untuk memasak adalah alternatif minyak yang sehat. Tidak hanya sarat dengan asam lemak bermanfaat dan antioksidan kuat tetapi...

12 Jenis Produk Gluten Free yang Bisa Kamu Konsumsi

Gluten adalah sekelompok protein yang ditemukan dalam biji-bijian tertentu, seperti gandum, gandum hitam, dan jelay. Gluten membantu...

Makin Praktis, Ini 5 Cara Pakai Tombol “Beli Lagi” untuk Belanja di Sayurbox

Ada banyak jenis sayur dan buah yang bisa kamu beli di Sayurbox. Selain itu, kini Sayurbox juga menghadirkan berbagai kebutuhan pokok atau...

Post Comment