Written by at April 27, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

15 Jenis Madu Asli Indonesia yang Nikmat dan Sehat

Sejak dulu madu sering dikonsumsi langsung sebagai obat atau penambah rasa pada makanan. Madu yang memiliki rasa manis ini punya banyak kandungan alami, seperti antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Ada ratusan jenis madu di seluruh dunia yang diambil dari sumber dan tempat berbeda-beda. Indonesia sendiri memiliki puluhan jenis madu asli yang berkualitas. Bagi kamu pencinta madu, yuk, simak ini 15 jenis madu asli Indonesia yang nikmat dan sehat.

 

Kandungan gizi per 100 gram madu:

Energi  1,272 kJ (304 kcal)
Karbohidrat  82.4 g
– Gula  82.12 g
– Serat pangan  0.2 g
Lemak  0 g
Protein  0.3 g
Air  17.10 g
Riboflavin (Vit. B2)  0.038 mg (3%)
Niasin (Vit. B3)  0.121 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5)  0.068 mg (1%)
Vitamin B6  0.024 mg (2%)
Folat (Vit. B9)  2 μg (1%)
Vitamin C  0.5 mg (1%)
Kalsium  6 mg (1%)
Besi  0.42 mg (3%)
Magnesium  2 mg (1%)
Fosfor  4 mg (1%)
Kalium  52 mg (1%)
Natrium  4 mg (0%)
Zink  0.22 mg (2%)

Ini 15 jenis madu asli Indonesia yang nikmat dan sehat

 

  1. Madu kelulut, punya sedikit rasa asam

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu kelulut, punya sedikit rasa asam. (Foto: Pixabay)

Madu kelulut cukup unik dibandingkan dengan jenis madu asli Indonesia lainnya. Warnanya hitam dan memiliki rasa manis yang bercampur dengan sedikit asam. Madu yang dihasilkan oleh lebah kelulut ini punya banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya adalah bermanfaat untuk mengatasi penyakit kronik.

 

  1. Madu hutan Sumatera, bermanfaat baik untuk kesehatan

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu hutan Sumatera, bermanfaat baik untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

Jika mengaku sebagai penggemar madu, kamu pasti pernah mencoba madu yang satu ini. Pasalnya, madu hutan Sumatera adalah salah satu madu khas tanah air yang populer dan banyak dijual di pasaran. Biasanya madu ini dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga stamina, dan mengoptimalkan proses pemulihan dari penyakit.

 

  1. Madu Rambutan, rasanya mirip buah rambutan

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu Rambutan, rasanya mirip buah rambutan. (Foto: Pixabay)

Madu rambutan dihasilkan oleh lebah yang diternakkan di sekitar perkebunan rambutan. Uniknya, madu ini memiliki rasa dan aroma mirip buah rambutan. Meskipun begitu, rasanya tidak semanis madu hutan. Madu ini memiliki warna kuning tetapi tidak keruh seperti madu kebanyakan. Khasiat yang ditawarkan oleh madu rambutan cukup menggiurkan. Mengonsumsi madu asli Indonesia ini dapat membantu mengoptimalkan kinerja ginjal, melancarkan urine, mengatasi sakit pinggang, dan lainnya.

 

  1. Madu hutan Timor, punya kualitas terbaik ke-3 di dunia

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu hutan Timor, punya kualitas terbaik ke-3 di dunia. (Foto: Pixabay)

Madu hutan Timor adalah salah satu jenis madu asli yang dihasilkan dari wilayah Indonesia bagian timur. Tepatnya, madu ini dihasilkan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari segi kualitas, madu ini tidak perlu diragukan lagi. Madu hutan Timor bahkan disebut sebagai madu dengan kualitas terbaik ke-3 di dunia setelah Yunani dan Australia.

 

Madu hutan Timor berguna untuk menjaga vitalitas tubuh dan berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit pada perempuan. Permintaan akan madu ini pun sangat tinggi. Kini madu hutan Timor sudah dipasok ke beberapa daerah lain di Indonesia.

 

Baca juga: Ketahui 7 Kandungan Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

  1. Madu hutan Sumbawa, memiliki kadar air yang rendah

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu hutan Sumbawa, memiliki kadar air yang rendah. (Foto: Pixabay)

Setiap madu asli Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Madu hutan Sumbawa memiliki ciri khas tekstur yang pekat, Madu jenis ini memiliki kadar air yang rendah dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi alam di daerah Sumbawa yang kering dan cukup panas. Madu ini dihasilkan dari lebah yang mengambil sumber nektarnya di pohon bidara atau ziziphus mauritiana. Rasanya cenderung manis dan cocok untuk dikonsumsi langsung.

 

  1. Madu kopi, mempunyai aroma yang khas

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu kopi, mempunyai aroma yang khas. (Foto: Pixabay)

Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak asal dari madu yang satu ini. Madu kopi adalah madu yang diambil dari bunga kopi. Aromanya sangat khas dan membuatnya terasa lebih spesial dibandingkan dengan madu asli Indonesia lainnya. Madu kopi ini bisa kamu konsumi secara langsung, atau ditambahkan pada berbagai jenis maskaan.

 

Selain enam jenis madu tadi, masih ada sembilan jenis madu khas Indonesia yang wajib kamu coba.

 

  1. Madu Klanceng, harganya cukup mahal

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu Klanceng, harganya cukup mahal. (Foto: Pixabay)

Madu klanceng memiliki harganya cukup mahal karena belumnyak peternak lebah yang membudidyakan madu ini. Meskipun harganya mahal, khasiat yang ditawarkan oleh madu ini pun sangat beragam, mulai dari menjaga stamina hingga meredakan berberapa penyakit. Rasa madu ini dominan manis dengan sedikit rasa pahit dan asam.

 

  1. Madu Kalindra, berkhasiat untuk kesehatan

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu Kalindra, berkhasiat untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

Madu asli Indonesia lainnya yang wajib kamu coba adalah madu Kalindra. Warna kuningnya yang khas membuat madu ini juga disebut sebagai madu kuning. Madu ini disarikan dari nektar bunga Kalindra sehingga memiliki rasa manis yang khas. Madu ini juga berkasiat untuk kesehatan.

 

Baca juga: Resep Sarapan dari Roti Anti Mainstream

 

  1. Madu hutan Kalimantan, teksturnya tidak terlalu kental

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu hutan Kalimantan, teksturnya tidak terlalu kental. (Foto: Pixabay)

Selain madu hutan Sumatera, madu hutan Kalimantan pun menjadi favorit dan banyak dijual di pasaran. Tekstur yang tidak terlalu kental jika dibandingkan dengan jenis madu asli Indonesia lainnya. Gunakan madu ini sebagai penambah rasa untuk melengkapi berbagai jenis makanan dan minuman.

 

  1. Madu hutan Jambi, berguna sebagai sumber energi

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu hutan Jambi, berguna sebagai sumber energi. (Foto: Pixabay)

Madu hutan Jambi memiliki kandungan gula yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Tidak heran, jika madu ini sangat berguna sebagai sumber energi. Madu hutan Jambi kini sudah banyak dijual dipasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

 

Ingin mengonsumsi madu asli? Yuk, beli di Sayurbox!

 

  1. Madu kelengkeng, rasanya manis dan gurih

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu kelengkeng, rasanya manis dan gurih. (Foto: Pixabay)

Ciri khas madu kelengkeng adalah rasanya manis dan gurih, berbeda dari madu lainnya. Madu ini dinamankan madu kelengkeng karena dihasilkan oleh lebah yang hidup di kawasan hutan yang didominasi pohon kelengkeng. Kandungan nutrisi di dalamnya berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

 

  1. Madu bunga karet, aromanya harum dibandingkan madu lain

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu bunga karet, aromanya harum dibandingkan madu lain. (Foto: Pixabay)

Madu bunga karet memiliki ciri khas warna yang kuning kecokelatan, manis, tidak kecut, dan aromanya harum dibandingkan dengan madu lainnya. Dihasilkan oleh lebah yang menghisap nektar dari pohon karet, madu ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan luka bakar, meredakan alergi, serta mengatasi rasa gatal pada kulit.

 

  1. Madu tawon gung, harganya mahal karena jarang ditemukan

Madu tawon gung
Madu tawon gung, harganya mahal karena jarang ditemukan. (Foto: Pixabay)

Madu tawon gung dihasilkan dari lebah madu liar. Lebah madu ini sulit dibudidayakan karena sifatnya yang agresif. Lokasi sarangnya pun biasanya sulit dijangkau karena berada di tempat yang sangat tinggi. Maka dari itu tidak heran jika madu tawon gung dijual dengan harga yang mahal.

 

Madu ini merupakan salah satu madu asli unggulan Indonesia. Rasanya manis dan nikmat. Madu Tawon Gung dihasilkan dari multi nektar tanpa bahan pengawet, sehingga madunya terjamin alami dan berkhasiat untuk tubuh.

 

Baca juga: 3 Resep Mudah Menggunakan 3 Bahan Saja!

 

  1. Madu embun, lebih kaya mineral

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu embun, lebih kaya mineral. (Foto: Pixabay)

Madu embun dihasilkan dari beberapa jenis serangga yang menghisap cairan dari tumbuhan dan biasa disebut sebagai honeydew. Meski hampir serupa dengan madu pada umumnya, namun madu embun ternyata berbeda dan lebih kaya mineral. Para lebah biasanya mengumpulkan honeydew jika nektar bunga sudah tidak mencukupi kebutuhan mereka.

 

  1. Madu randu, punya rasa manis sedikit asam

Jenis Madu Asli Indonesia
Madu randu, punya rasa manis sedikit asam. (Foto: Pixabay)

Jika tidak menyukai madu yang rasanya sangat manis, sepertinya kamu wajib mencoba madu yang satu ini. Madu randu memiliki rasa manis yang sedikit asam, sehingga rasanya segar di mulut. Madu yang dihasilkan oleh lebah penghisap bunga randu ini memiliki ciri khas warna cokelat terang.

 

Jadi, jenis madu asli Indonesia mana saja yang sudah pernah kamu konsumsi? Yuk, mulai konsumsi madu asli berkualitas di Sayurbox!

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi...

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi...

Post Comment