Written by at September 22, 2020
Resep

Ini Daftar 15 Makanan Enak Rendah Kalori yang Wajib Kamu Coba

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, pastinya kerap terbentur dengan pilihan menu makanan yang terbatas. Memang, salah satu hal yang wajib diperhatikan saat menjalankan program diet yaitu menu makanan haruslah memiliki kadar kalori yang rendah. Sayangnya, kriteria makanan tersebut kerap dipersepsikan dengan kurangnya memiliki rasa yang enak. Padahal banyak, lho, pilihan makanan menu rendah kalori yang memiliki rasa yang enak. Nah, berikut ini adalah daftar 15 makanan enak rendah kalori yang wajib kamu coba.

 

Ini daftar makanan enak rendah kalori

makanan enak rendah kalori
Makanan Enak Rendah Kalori yang Wajib Kamu Coba. (Foto: Pixabay)

1. Telur rebus

Telur merupakan salah satu pilihan makanan rendah kalori yang populer. Namun, telur di sini haruslah telur yang dimasak melalui proses perebusan. Selain rendah kalori, telur rebus juga padat nutrisi. Jika melihat dari sisi kandungannya, telur mengandung 72 kalori, 6 gram protein, serta berbagai vitamin dan mineral penting. Bahkan, protein pada telur juga diyakini mampu mengurangi rasa lapar dan membuat rasa kenyang.

 

2. Ikan tuna

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang tidak mengandung banyak lemak, sehingga kandungan kalori yang dimilikinya juga rendah. Tidak hanya minim lemak, ikan ini juga kaya akan protein. Hal itu jugalah yang menjadi alasan mengapa ikan tuna kerap dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan sehat untuk diet.

 

3. Ikan kod

Ikan kod mungkin tidak sepopuler ikan tuna. Namun, untuk urusan asupan kalori, ikan ini juga tidak kalah. Salah satu kelebihan ikan tod adalah kandungan kalorinya yang rendah. Bahkan, lebih rendah daripada salmon, tuna, sarden, makarel, ataupun ikan lainnya. Dalam setiap 85 gram ikan kod memiliki 15 gram protein dan kurang dari 70 gram kalori. Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin B12, niasin atau vitamin B3, dan selenium.

 

Baca juga: Kenapa Makanan Tinggi Kalori Sangat Dibutuhkan Tubuh

4. Ikan salmon

Pilihan jenis ikan lainnya yang bisa masuk ke dalam menu makanan sehat rendah kalori kamu selanjutnya adalah ikan salmon. Tidak hanya rendah kalori, ikan ini juga memiliki kandungan protein, lemak sehat, dan omega 3 yang cukup tinggi.

 

5. Yogurt

Yogurt mungkin lebih dikenal karena manfaatnya dalam menjaga sistem pencernaan tubuh. Padahal, untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, yogurt juga bisa menjadi pilihan. Hal ini tidak lain karena kalori gulanya yang tergolong rendah. Walaupun berasal dari susu, justru yogurt aman dikonsumsi meskipun kamu sedang menjalani program diet.

 

6. Kentang

Di beberapa negara, kentang memang kerap dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama. Selain kaya akan vitamin dan tinggi nutrisi, kentang juga memiliki kalori yang cukup rendah. Selain direbus, kamu juga bisa memasaknya dengan cara dibakar.

 

7. Salad

Untuk kamu yang mencari menu makanan yang fresh namun berkalori sangat rendah, pastinya salad tidak boleh dilewatkan. Kombinasi antara potongan sayuran dan mayonaise bisa membuat berat badan kamu tetap ideal.

 

Ingin mencoba makanan enak rendah kalori ini? Jika ingin mencoba salah satunya, kamu bisa membelinya di Sayurbox, lho. Sayurbox menjual berbagai kebutuhan sayur, buah-buahan, dan makanan sehat untuk diet lainnya yang kamu butuhkan. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

makanan enak rendah kalori

 

8. Oatmeal

Menu makanan rendah kalori selanjutnya adalah oatmeal. Meskipun oatmeal termasuk salah satu sumber karbohidrat, namun karena tidak mengandung gula atau pemanis yang tinggi, maka kandungan kalori pada oatmeal pun rendah.

 

9. Alpukat

Buah tropis yang satu ini dikenal luas karena kandungan lemak nabatinya. Apalagi, alpukat bisa diolah dengan berbagai variasi, misalnya dicampur dengan madu atau dipanggang dengan telur. Karena buah ini memiliki serat dan lemak sehat, maka kamu tidak perlu takut akan membuat kadar kalori kamu meningkat.

 

Baca juga: Manfaat Makanan dengan Kalori dibawah 100!!

 

10. Dada ayam

Walaupun kini kamu sedang menjalankan program diet, bukan berarti kamu tidak bisa mencicipi olahan daging ayam, lho. Namun, tidak semua semua bagian daging ayam boleh kamu konsumsi. Kamu hanya boleh mengonsumsi bagian dadanya saja. Walaupun dari segi rasanya bagian ini tidak segurih paha atau sayap, justru bagian dada lah yang memiliki kadar kalori paling rendah.

 

11. Gandum

Sebagai alternatif pengganti nasi, menu olahan gandum juga bisa menjadi pilihan menu makanan sehat dengan kadar kalori rendah, lho. Apalagi, gandum juga kaya akan serat dan protein. Beberapa olahan gandum yang bisa kamu pilih antara lain oat, roti tawar gandum, dan quinoa.

 

12. Tahu

Saat menjalani program diet, makan saat malam hari merupakan sebuah pantangan. Namun, jika kebetulan kamu merasa lapar, kamu bisa mengonsumsi tahu. Pasalnya, tahu mengandung kalori yang rendah namun tetap tinggi serat.

 

Baca juga: Selain untuk Diet, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

 

13. Jamur

Tidak hanya sayuran, jamur pun bisa menjadi sumber serat yang rendah kalori. Uniknya, jamur juga bisa dijadikan sebagai penyedap rasa pada makanan. Untuk itu, saat kamu mengolah jamur menjadi masakan, misalkan menjadikannya sebagai tumisan, maka kamu tidak perlu menambahkan MSG lagi.

 

14. Brokoli

Untuk kamu yang mencari sayuran dengan nutrisi dan antioksidan tinggi namun dengan kadar kalori yang rendah, brokoli adalah jawabannya. Jika dikalkulasikan, secangkir brokoli cincang hanya mengandung 31 kalori saja. Tak hanya itu, sayuran hijau ini juga memiliki sumber mineral lainnya seperti vitamin C, zat besi, vitamin A, kalsium, magnesium, dan kalium.

 

15. Kacang hijau

Biji-bijian yang satu ini dikenal sebagai sumber vitamin. Mulai dari vitamin A, B, C, hingga mineral dan serat baik bisa kamu dapatkan. Apalagi, kadar kalorinya pun cukup rendah. Secangkir kacang hijau yang telah dimasak hanya mengandung sekitar 44 kalori saja.

 

Itulah 15 makanan enak rendah kalori yang wajib kamu coba. Mana yang menjadi favorit kamu? Kalau kamu ingin mencoba salah satunya, kamu bisa membelinya di Sayurbox, lho. Sayurbox menjual berbagai kebutuhan sayur, buah-buahan, dan makanan sehat untuk diet lainnya yang kamu butuhkan. Yuk, cek produknya sekarang juga di Sayurbox!

 

makanan enak rendah kalori

Related Articles

Ini 10 Cara Membuat Mie Goreng yang Enak dan Sehat untuk Bekal Anak

Bingung mencari ide bekal untuk si kecil? Coba buat mie goreng yang enak dan sehat, yuk! Mie goreng merupakan makanan yang disukai oleh...

Ini 10 Resep Olahan Tempe yang Murah, Enak, dan Praktis Dimasak

Tempe rasanya sudah sangat populer di masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena harganya yang murah, tetapi rasanya yang enak membuat banyak...

7 Resep Blueberry Cheesecake yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

Blueberry cheesecake adalah salah satu jenis cake yang cukup populer di masyarakat. Rasanya yang lembut dan creamy, ditambah dengan...

Post Comment