Written by at November 30, 2019
InspirasiInspirasi Terkini

15 Makanan Khas Natal dari Seluruh Dunia yang Wajib Dicoba

Saat Natal adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Berbagai dekorasi khas Natal pun dipasang di seluruh penjuru rumah untuk memeriahkan suasana. Selain itu, saat acara kumpul keluarga biasanya juga disajikan makanan khas yang dapat menambah semarak perayaan Natal. Tidak hanya di Indonesia, di tiap Negara lain pun memiliki makanan khas masing-masing. Penasaran makanan apa saja yang biasanya disajikan saat perayaan Natal? Yuk, simak ini 15 Makanan Khas Natal dari seluruh dunia yang wajib dicoba.

 

Ini makanan khas Natal dari seluruh dunia yang wajib dicoba.

 

  1. Panettone – Italia, kue manis dengan isi buah kering

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia .
Panettone, kue manis dengan isi buah kering
. (Foto: Pixabay)

Italia memiliki banyak makanan tradisional khas natal. Di beberapa bagian Italia, Natal dirayakan dengan Pesta Tujuh Ikan. Perayaan ini menyajikan tujuh jenis ikan berbeda dan dimasak dengan tujuh cara yang berbeda juga. Selain itu, makanan manis juga menjadi hidangan favorit saat Natal di Italia. Salah satunya adalah Panettone.

 

Panettone adalah makanan natal khas Italia bagian utara. Kue manis ini terdiri dari isian buah kering, cokelat, kismis, dan kacang-kacangan. Panotttone miliki tekstur seperti roti, empuk dan lembut di mulut.

 

  1. Christmas Pudding – Inggris, rasa manis berpadu dengan tekstur yang lembut

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Christmas Pudding, rasa manis berpadu dengan tekstur yang lembut
. (Foto: Pixabay)

Makanan ini adalah kunci tradisi hidangan natal di Inggris, Irlandia, dan beberapa negara bagian Amerika. Sebagian orang menyebut Christmas Pudding ini sebagai figgy pudding, plum pudding, atau ‘pud’. Meski disebut sebagai plum pudding, namun makanan manis ini tidak melulu berisikan buah plum.  Christmas pudding dibuat mengunakan campuran suet, telur, sirup gula, rempah-rempah, dan buah-buahan kering, setelah itu dibakar dengan brandy sebelum disajikan saat malam Natal.

 

  1. Melomakarona / μελομακάρονα – Yunani, kue kering dengan kulit jeruk

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Melomakarona / μελομακάρονα, kue kering dengan kulit jeruk
. (Foto: instagram.com/evangeloskounenis)

Mirip kue kering yang disajikan di Indonesia, Melomakarona khas Yunani ini adalah kue kering dengan kulit jeruk yang telah direndam di dalam madu dan diatasnya taburi kacang kenari. Kue ini wajib disajikan di atas meja orang-orang Yunani saat musim liburan Natal. Selain direndam dengan air gula dan madu, ada juga sebagian tradisi di Yunani yang membuat kue kering ini dengan dicelupkan ke dalam cokelat hitam. Kamu pilih yang mana, madu atau cokelat hitam?

 

  1. Kołaczki Cookies – Polandia, kue kering berbentuk lipatan unik

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
ołaczki Cookies, kue kering berbentuk lipatan unik
. (Foto: instagram.com/konradsbakery)

Negara lain yang juga memiliki tradisi menyajikan kue kering saat Natal adalah Polandia. Adonan kue kering ini dibuat dengan krim asam atau krim keju. Uniknya, kue kering khas Polandia ini berbentuk seperti lipatan. Didalamnya biasanya berisi selai aprikot atau raspberry. Selain itu, kamu juga bisa mengganti isiannya dengan biji poppyseed, kacang-kacangan, atau keju manis.

 

  1. Bacalao – Meksiko, makanan khas natal wajib ada

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Bacalao, makanan khas natal wajib ada
. (Foto: instagram.com/sinai2505)

Di beberapa negara Bacalao adalah hidangan yang tidak umum disajikan saat perayaan Natal. Namun, di Meksiko, hidangan ini menjadi makanan khas Natal yang wajib ada. Di Meksiko, Bacalao dibuat dengan tomat, cabai ancho, bawang, hampir, kentang dan zaitun. Hidangan ini cukup mengenyangkan dan bisa menghangatkan tubuh saat dikonsumsi.

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Parcel Buah Sendiri di Rumah untuk Kado Natal

 

  1. Saffron Buns – Swedia, roti manis tradisi turun-temurun

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Saffron Buns, roti manis tradisi turun-temurun
. (Foto: Pixabay)

Selain hidangan pembukan dan makanan utama yang meriah, orang Swedia juga sangat memperhatikan makanan penutup yang disajikan saat Natal. Hidangan penutup khas Swedia yaitu Saffron Buns. Roti safron manis dan berwarna kuning ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk huruf “S”. Setelah dibentuk, adonannya kemudian dibakar dengan mentega. Tradisinya, roti manis ini dibuat oleh putri tertua di keluarga untuk disajikan saat perayaan Natal.

 

Selain enam jenis makanan tadi masih ada 9 makanan khas natal dari seluruh dunia lainnya yang wajib dicoba.

 

  1. Bûche de Noël – Prancis, tekturnya mirip kue bolu lembut

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Bûche de Noël, tekturnya mirip kue bolu lembut. (Foto: Pixabay)

La Bûche de Noël adalah makanan penutup yang secara simbolis mewakili Yule Log atau kayu log yang tradisinya dibawa ke rumah, ditaburi anggur, dan kemudian dibakar pada Malam Natal. Pada tahun 1940-an ketika tradisi ini mulai ditinggalkan, makanan penutup mulai muncul ke permukaan.

 

Kue mirip bolu ini dibuat dengan campuran cokelat dan mentega. Bentuknya pun dibuat mirip dengan bentuk kayu asli. Seiring perkembangan zaman, kue ini pun sudah mulai banyak dimodifikasi dengan berbagai rasa, mulai dari tiramisu hingga cran raspberry mascarpone, krim karamel atau lemon.

 

  1. Fruity Stollen Cake – Jerman, di dalamnya berisi buah kering dan kismis

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Fruity Stollen Cake, di dalamnya berisi buah kering dan kismis. (Foto: Pixabay)

Makanan manis khas Natal lainnya adalah Fruity Stollen Cake asal Jerman. Kue ini biasanya dikonsumsi saat malam Natal. Uniknya, permukaan atas kue ini sengaja dibuat tidak rata. Tujuannya yaitu untuk melambangkan punuk-punuk unta saat membawa orang-orang bijaksana bertemu dengan Yesus. Di dalamnya kue ini berisi buah kering atau kismis, rasanya manis namun juga segar berkat buah-buah di dalamnya.

 

  1. Risalamande – Denmark, cara penyajiannya unik dan berkesan

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Risalamande, cara penyajiannya unik dan berkesan. (Foto: instagram.com/mummum.dk)

Rice pudding almond ini adalah makanan penutup khas Natal dari Jerman. Diasanya diberikan selai dari buah-buah beri yang segar. Tradisi unik dari penyajian pudding ini yaitu biasanya di dalamnya ditaruh mainan kecil atau kacang almond khusus sebagai hadiah bagi mereka yang memakannya.

 

Baca juga: Rekomendasi 10 Jenis Buah yang Cocok untuk Parcel Natal

 

  1. Spiced Beef – Irelandia, daging dengan campuran bumbu penuh cita rasa

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia
Spiced Beef, daging dengan campuran bumbu penuh cita rasa. (Foto: Pixabay)

Spiced beef adalah hidangan khas Natal dan liburan yang menjadi favorit banyak orang di Irlandia. Daging sapi ini biasanya diiris kemudian dicampur dengan saus buah-buahan segar dan bumbuh tradisional kusus. Saat dimakan rasanya sangat nikmat, terdiri sari irisan daging yang lembut dan bumbu penuh cita rasa.

 

  1. Roasted Turkey – Amerika Serikat, dibuat dengan bumbu rempah yang nikmat

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Roasted Turkey, dibuat dengan bumbu rempah yang nikmat. (Foto: Pixabay)

Sebagai mana yang sering muncul di film-film Hollywood, hidangan Natal khas Amerika Serikat adalah roasted turkey. Hidangan legendaris ini memiliki ukuran besar dan bumbu yang  nikmat. Aroma rempah-rempah dari makanan ini mebuatnya sangat cocok dikinsumsi saat malam natal.

 

  1. Chicken Bones – Kanada, permen manis untuk hari Natal

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Chicken Bones, permen manis untuk hari Natal. (Foto: instagram.com/ganongbros)

Jangan terkecoh dengan namanya, meski nama yang tertera adalah chicken bones tetapi makanan khas Natal dari Kanda ini bukanlan tulang ayam asli. Chicken bones adalah camilan berupa permen berwana pink dan berisi cokelat di dalamnya.

 

  1. Cheesecake – Jepang, dilengkapi dengan topping yang meriah

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Cheesecake – Jepang, dilengkapi dengn topping yang meriah. (Foto: Pixabay)

Jepang adalah negara yang cukup terkenal dengan sajian Cheesecake. Pada perayaan Natal, warga Jepang biasanya menyajikan kue ini saat kumpul bersama keluarga. Cheesecake yang disajikan juga dilengkapi dengan topping dan hiasan khas natal yang meriah.

 

Baca juga: Kuliner Khas Indonesia Paling Populer!

 

  1. Roast beef – Inggris, daging panggang yang nikmat

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Roast beef, daging panggang yang nikmat
. (Foto: Pixabay)

Selain Christmas Pudding, di Inggris juga sangat populer untuk menyajikan hidangan roast beef saat perayaan natal. Hidangan ini dibuat dari daging sapi yang dipanggang di dalam oven dengan bumbu yang khas. Kamu bisa menambahkan wortel, brokoli, dan kentang sebagai sajian pendampingnya.

 

  1. Tamales – Kosta Rika, sajian khas dari adonan jagung

Makanan Khas Natal dari seluruh dunia.
Tamales, sajian khas dari adonan jagung
. (Foto: Pixabay)

Di Kosta Rika, membuat tamales adalah tradisi Natal yang sudah turun-temurun. Setiap keluarga memiliki resep ‘rahasia’ mereka sendiri. Bahan dasar dari tomales adalah adonan jagung yang dibungkus dengan daun pisang atau sekam jagung, dan kemudian dikukus. Biasanya diisi dengan daging babi, daging sapi atau ayam. Selain itu, isiannya juga bisa diganti dengan bawang putih, kentang, atau kismis.

 

Dari semua makanan khas Natal tadi, mana yang paling ingin kamu coba? Jika ingin membuat hidangan Natal, kamu bisa membeli bahan sayuran dan buah segar di Sayurbox agar bisa diantar langsung ke rumah tanpa perlu ongkos kirim, alias gratis!

Related Articles

Yuk, Cari Tahu Pengaruh Asupan Makanan untuk Kesehatan Mental

Sering menjadi bad mood ketika perut lapar? Atau tiba-tiba menjadi gembira dan merasa lebih segar setelah mengonsumsi asupan makan sehat...

10 Buah Segar Kado untuk Hari Ibu yang Efektif Mencegah Penuaan Dini

Tanpa kamu sadari ketika kamu beranjak dewasa, ibu yang membesarkanmu juga tambah menua. Jika diperhatikan, kulit ibu pasti sudah terlihat...

Tentang Petani Perempuan

Kata siapa bertani hanya pekerjaan lelaki? Perempuan juga bisa loh menlakukan pekerjaan bertani, banyak perempuan Indonesia menjadi Petani...

Post Comment