Written by at August 31, 2020
Tips & Trik

Terkenal Nikmat, Ini 15 Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Salah satu kuliner nusantara yang wajib kamu coba adalah makanan khas Sunda. Suku yang menempati wilayah Jawa Barat ini memiliki segudang kuliner khas yang otentik, lezat, dan tentunya akan membuat kamu tergiur. Jika kamu berkunjung ke Jawa Barat, kamu wajib mengunjungi restoran-restoran yang menyajikan makanan khas Sunda. Bumbu spesial dengan sentuhan rasa khas Sunda akan membuat kamu ketagihan. Terkenal nikmat, inilah 15 makanan khas Sunda yang wajib kamu coba!

 

Makanan khas Sunda yang wajib dicoba

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba. (Foto: Instagram / winbinn)

1. Nasi Tutug Oncom

Makanan khas Sunda yang pertama yaitu nasi tutug oncom. Nasi tutug oncom menyajikan nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom dibuat dengan cara mengaduk dan menumbuk nasi dengan oncom. Biasanya, nasi tutug oncom disajikan bersama lauk seperti tahu, tempe, ayam goreng, lalapan sayur, dan sambal terasi. Makanan khas Sunda asli Tasikmalaya ini akan lebih nikmat jika disajikan selagi hangat.

 

2. Nasi Timbel

Selanjutnya, ada pula nasi timbel. Tentunya sudah banyak sekali orang yang mengenal nasi timbel, karena nasi ini sering disajikan di berbagai rumah makan. Nasi timbel memiliki cita rasa yang kuat dan unik sehingga sangat identik dengan masakan khas orang Sunda.

 

Sedikit berbeda dengan nasi tutug oncom, nasi timbel terbuat dari beras merah yang dibungkus daun pisang dan biasa disajikan bersama lauk, seperti ikan asin, pepes ikan, empal gepuk, ayam goreng, sayur asem, lalapan, serta sambal. Dengan menggunakan sambal terasi, tentunya rasa nasi timbel akan semakin nikmat.

 

3. Nasi Liwet

Setelah nasi timbel, ada pula nasi liwet. Lalu, apa bedanya? Nasi liwet merupakan makanan khas Sunda yang sering disajikan saat acara istimewa atau kumpul-kumpul bersama keluarga maupun kerabat.

 

Nasi liwet sering disajikan bersama lauk seperti ikan teri, daun serai, tahu, tempe, dan juga ayam goreng. Salah satu keunikan dari nasi liwet adalah rasa nasinya yang sedap dan gurih dengan wangi santan kelapa yang kental.

 

4. Ayam Bakakak

Selanjutnya yaitu ayam bakakak. Ayam bakakak memiliki bentuk yang menyerupai orang sedang duduk bersila atau dalam bahasa Sunda berarti bakakak. Perpaduan rasa manis, pedas, dan gurihnya membuat ayam ini semakin menggugah selera

 

Makanan khas Sunda ini menggunakan bahan utama berupa ayam yang diberi bumbu khusus dengan rasa kuliner khas Sunda, kemudian dipanggang atau dibakar. Ayam yang digunakan yaitu satu ekor ayam utuh agar bisa disantap oleh beberapa orang sekaligus.

 

Biasanya, orang-orang menyajikannya dengan sambal merah atau hijau dan dilengkapi dengan lalapan. Apalagi jika lalapannya berupa timun segar atau selada air, tentu akan terasa lebih nikmat.

 

Baca juga: Cobain Yuk, 7 Resep Sate Klatak Khas Jogja yang Enak

 

5. Mie Kocok

Selanjutnya, ada pula mie kocok khas Bandung yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke tanah Sunda. Mie kocok biasa disajikan dengan menggunakan mie kuning, kikil, bakso, serta kuah dari kaldu sapi kental yang nikmat. Rasa mie kocok pun akan semakin menggugah selera jika disajikan selagi hangat. Sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin.

 

Nama mie kocok sendiri berasal dari cara memasak makanan ini, yaitu dengan cara mengocok-ngocok mie dalam wadah khusus sambil dicelupkan ke dalam air panas. Jika kamu berkunjung ke Bandung, kamu akan dengan mudah menjumpai penjual kaki lima yang menjual makanan khas Sunda yang satu ini.

 

6. Batagor

Makanan ini juga merupakan makanan khas Sunda yang cocok untuk dijadikan sebagai camilan. Batagor berbahan dasar ikan tenggiri dan sambal kacangnya dijamin akan membuat kamu ketagihan.

 

Penamaan batagor sendiri diambil dari singkatan “bakso tahu goreng”. Makanan khas Sunda asli Bandung ini terbuat dari daging ikan tenggiri, tepung sagu, telur, dan kulit pangsit. Umumnya, batagor disajikan bersama bumbu kacang, kecap, dan jeruk nipis.

 

7. Kupat Tahu

Makanan khas Sunda yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Berasal dari Bandung, kupat tahu terbuat dari lontong atau ketupat yang dipadukan dengan bahan pelengkap lainnya, seperti irisan tahu goreng, taoge rebus, dan bumbu kacang.

 

Untuk membuat kupat tahu, pilihlah tahu kuning yang agak lembut dan digoreng setengah matang untuk memberikan cita rasa yang gurih dan sedap. Makanan khas Sunda asli Bandung ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan. Saat menyantap kupat tahu, akan terasa semakin nikmat jika disajikan dengan kerupuk.

 

Ingin mencoba membuat makanan khas Sunda ini di rumah? Kamu bisa membuatnya sendiri dengan membeli bahan-bahan yang dibutuhkan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

makanan khas sunda

 

8. Empal Gentong

Jika kamu berkunjung ke Cirebon, kamu wajib mencoba empal goreng. Pasalnya, makanan khas Sunda asli Cirebon ini memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Berbeda dari empal pada umumnya, empal gentong dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan gentong. Bahan utamanya yaitu berupa daging, usus, dan babat sapi.

 

Empal gentong biasa disajikan bersama nasi atau lontong dan kucai. Empal gentong juga terasa lebih nikmat jika dimakan dengan kuah santan.

 

Baca juga: Ini 5 Resep Bakpia yang Bikin Kangen Jogja

 

9. Soto Mie

Jika kamu berkunjung ke tanah Sunda, kamu juga wajib mencicipi soto mie, Makanan khas Sunda asli Bogor ini menyajikan mie dengan kuah kaldu yang kental. Umumnya, soto mie dilengkapi dengan risol serta sayur dan bihun, tomat, kol, kentang, dan juga seledri.

 

10. Sate Maranggi

Makanan khas Sunda yang satu ini sudah cukup populer. Sate maranggi memiliki cita rasa yang sangat kuat. Cara memasaknya pun cukup unik. Biasanya, daging satenya direndam terlebih dahulu di dalam bumbu sebelum dibakar.

 

Sate maranggi terdiri dua jenis dengan varian daging yang berbeda, yaitu daging sapi dan kambing. Sate ini juga biasa disajikan dengan acar sambal tomat, sambal oncom, serta ketan bakar atau nasi timbel.

 

11. Serabi

Makanan khas Sunda lainnya yang wajib untuk kamu coba adalah serabi. Serabi umumnya bisa ditemukan di daerah Bandung. Makanan khas Sunda ini terbuat dari tepung beras yang dibakar dalam tungku dari tanah liat.

 

Awalnya, serabi hanya disajikan dengan menggunakan gula yang sudah dicairkan. Namun, saat ini sudah banyak penjual yang menyajikan serabi dengan berbagai topping, seperti coklat, keju, strawberry, dan lain sebagainya. Untuk kamu yang tidak suka makanan manis, kamu juga bisa memesan serabi dengan topping yang rasanya asin, seperti telur, ayam, kornet, dan bahkan oncom.

 

12. Tahu Sumedang

Makanan khas Sunda yang satu ini sangat terkenal dan mudah kamu temukan di Jawa Barat. Dinamakan tahu Sumedang karena memang tahu ini diproduksi langsung di Sumedang.

 

Berbeda dari jenis tahu lainnya, tahu Sumedang memiliki cita rasa yang gurih. Tak heran, jika saat ini banyak orang yang sangat menyukai makanan khas Sunda yang satu ini.

 

Berbeda dari tahu goreng biasa, tahu Sumedang memiliki tekstur yang khas. Ketika dimakan, kulit tahu ini terasa gurih dan renyah, serta bercampur dengan tekstur bagian dalamnya yang sangat lembut. Kamu bisa menikmati tahu Sumedang dengan cabai rawit atau sambal pedas.

 

Baca juga: Belum Bisa Traveling, Coba Bikin 9 Resep Gudeg Jogja Ini di Rumah

 

13. Tahu Gejrot

Selain tahu Sumedang, ada pula tahu gejrot. Tahu gejrot adalah makanan khas Sunda asli Cirebon yang terbuat dari tahu Sumedang yang sudah dipotong-potong, kemudian disajikan dengan bumbu segar. Bumbu segar tersebut umumnya terbuat dari kencur, bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit.

 

Makanan yang satu ini sangat terkenal karena memiliki cita rasa yang enak dan segar. Untuk kamu yang suka makanan pedas, kamu bisa memesan tahu gejrot dengan bumbu yang super pedas.

 

14. Pepes Ikan

Makanan khas Sunda lainnya yang tidak kalah enaknya yaitu pepes ikan. Pepes ikan sendiri terdiri dari banyak jenis, seperti pepes ikan asin, pepes ikan teri, pepes ikan mujair, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Pepes ikan adalah ikan yang telah dibumbui dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang, lalu dimasak dengan cara dikukus. Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan untuk pepes ikan adalah kunyit, daun salam, serai, bawang merah, cabai rawit, jahe, dan lain-lain.

 

Saat bungkus pepes ikan ini dibuka, aromanya akan menggugah selera dan membuat kamu ingin segera menyantap makanan khas Sunda yang satu ini. Pepes ikan bisa dimakan bersama nasi hangat dan sayur asem agar terasa semakin nikmat.

 

15. Colenak

Jawa Barat terkenal dengan tapai singkongnya. Jika kamu ingin menikmati tapai singkong dengan cita rasa yang berbeda, kamu bisa mencoba colenak. Colenak adalah camilan asli Bandung yang terbuat dari tapai singkong yang dibakar, kemudian disajikan dengan saus gula aren. Rasanya sangat nikmat, apalagi bila jika kamu menyantapnya bersama teh atau kopi hangat.

 

Itulah 15 makanan khas Sunda yang wajib kamu coba. Semoga beberapa makanan yang telah disebutkan di atas bisa menjadi rekomendasi saat kamu berkunjung ke tanah Sunda. Kalau penasaran, kamu juga bisa lho membuat sendiri makanan-makanan khas Sunda tersebut di rumah. Mulai dari kupat tahu, soto mie, nasi tutug oncom, dan lain sebagainya. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuat makanan-makanan khas Sunda tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

 

makanan khas sunda

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

15 Jenis Rempah-Rempah Indonesia yang Mampu Menyedapkan Masakan

Masakan Indonesia dikenal kaya citarasa. Salah satu alasannya adalah karena masakan Indonesia biasanya dibumbui dengan berbagai jenis...

Ini 5 Cara Memasak Beras Hitam agar Pulen dan Lembut

Saat ini, beras hitam sudah cukup populer dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Selain bagus untuk diet, beras...

Penyuka Sambal Wajib Tahu, Ini 10 Jenis Cabai Paling Pedas dan Banyak Disukai

Ciri khas makanan Indonesia adalah memiliki cita rasa yang kuat. Salah satu cita rasa yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah...

Post Comment