Written by at October 21, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 15 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

Meski namanya tak sepopuler strawberry, bukan berarti khasiat blueberry berada jauh di bawahnya. Sama seperti jenis berry lainnya, blueberry yang masih satu keluarga dengan strawberry, cranberries, ataupun raspberry juga memiliki segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Bagi yang masih awam dengan buah ini, mungkin kamu lebih mengenalnya sebagai hiasan dalam kue dan bakery, seperti pada kue tart. Namun, bagi kamu yang sudah cukup lama mengenalnya atau sedang menjalani diet dan gaya hidup sehat, pastinya sudah tidak asing lagi mengonsumsi buah berwarna ungu yang satu ini. Blueberry sendiri sudah lazim ditemui di beberapa menu makanan sehat. Biasanya, buah ini digunakan sebagai bahan pelengkap pada sereal gandum, oatmeal, ataupun yoghurt. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan manfaatnya, berikut ini penjelasan mengenai 15 manfaat blueberry untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan.

 

Manfaat blueberry untuk kesehatan

Penasaran apa saja manfaat buah blueberry? Berikut ini adalah 15 manfaat blueberry untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan.

Manfaat Blueberry
Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan. (Foto: Pixabay)

1. Sebagai sumber antioksidan

Banyak buah yang dikenal kaya akan antioksidan. Salah satunya adalah buah blueberry. Seperti halnya dengan jenis buah berry lainnya, blueberry juga mengandung zat antioksidan golongan polifenol, yaitu flavonoid.

 

Kandungan tersebut terbukti ampuh dalam meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Terjaga dan terpenuhinya kandungan tersebut, tentu membuat tubuh lebih kebal dari berbagai gangguan kesehatan akibat radikal bebas.

 

Beberapa gangguan diantaranya adalah peradangan (inflamasi) dan rusaknya sel-sel tubuh. Apabila dibiarkan, radikal bebas yang tertimbun dalam jumlah dan kurun waktu tertentu bisa berkembang menjadi sel kanker. Tentu saja hal ini sangat berbahaya.

 

2. Mencegah dan mengatasi dehidrasi

Dehidrasi atau gangguan karena kurangnya cairan dalam tubuh berpotensi memunculkan masalah lain, misalnya saja sembelit (konstipasi), kepala pusing, hingga mudah lelah. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi buah blueberry yang satu ini.

 

Salah satu alasan mengapa blueberry memiliki manfaat tersebut, tidak lain karena kandungan air pada buah ini terbilang tinggi. Bahkan, nilainya hingga 85 persen dari total keseluruhan berat buah itu sendiri. Karena itu pula, buah ini cocok sebagai alternatif pencegah dan mengatasi dehidrasi pada tubuh.

 

3. Mengatasi peradangan

Masih dengan antioksidan. Kandungan tersebut bisa menjadi salah satu solusi alami mengatasi peradangan atau inflamasi. Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah blueberry terbukti ampuh sebagai antiinflamasi dalam meredakan gejala peradangan.

 

4. Menjaga kesehatan tulang

Siapa sangka, ternyata buah blueberry juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang, khususnya di masa pertumbuhan. Bahkan, berry berwarna ungu ini mengandung kaya mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, zinc, dan vitamin K. Keseluruhan kandungan tersebut memiliki peran penting dalam membentuk dan merawat kesehatan tulang.

 

Baca juga: 7 Resep Blueberry Cheesecake yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

 

5. Membantu mengontrol tekanan darah

Tidak hanya tulang, blueberry juga baik untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan seperti potasium, magnesium, dan kalsium pada buah ini juga bermanfaat sebagai pengendali tekanan darah alami. Apabila tubuh tidak mendapat asupan potasium, magnesium, dan kalsium yang cukup, tentu bisa berdampaknya buruk pada tubuh. Salah satunya yaitu meningkatnya tekanan dalam darah.

 

6. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu cara merawat kulit tetap sehat dan elastis yaitu dengan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Tak heran, menjaga asupan kolagen adalah hal penting bagi kesehatan kulit.

 

Produksi kolagen dalam tubuh juga tidak lepas dengan keberadaan vitamin C. Apalagi, sifat antioksidan dalam vitamin tersebut juga berperan ganda. Mulai sebagai penghalau serangan radikal bebas, menekan kerusakan sel-sel kulit, hingga risiko terjadinya penuaan dini.

 

7. Menjaga kesehatan mata

Penggunaan blueberry sebagai sumber asupan vitamin A yang baik bagi mata sejatinya telah dilakukan sejak masa Perang Dunia ke-2 lalu. Dikutip dari BBC, buah blueberry dipilih sebagai salah satu sumber pangan dalam menu prajurit Angkatan Udara Inggris karena diyakini mampu membantu meningkatkan kemampuan penglihatan para prajurit. Khususnya, penglihatan pada malam hari.

 

Ingin merasakan manfaat blueberry ini? Kamu bisa membeli blueberry segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

8. Meningkatkan fungsi otak

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik. Manfaat blueberry lainnya yaitu mampu meningkatkan fungsi otak. Masih dengan kandungan antioksidan, kandungan tersebut diyakini mampu meningkatkan fungsi kerja otak agar lebih optimal.

 

Baca juga: Cegah Penularan Virus, Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

9. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan buah blueberry yang kaya akan serat alami ternyata dikenal cukup efektif dalam membantu menurunkan kadar gula darah. Para penderita diabetes tipe 1, biasanya memanfaatkan buah ini untuk membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh mereka.

 

Untuk penderita diabetes tipe 2 (diabetes mellitus), buah ini dimanfaatkan sebagai peningkat kadar insulin di dalam tubuh. Sedangkan, bagi yang bukan penderita, buah ini bermanfaat untuk menjauhkan diri dari risiko diabetes di kemudian hari.

 

10. Mencegah risiko terjadinya kanker

Munculnya penyakit mematikan seperti kanker tidak lain karena rusaknya sel-sel pada tubuh. Karena penyakit ini sangat berbahaya, maka kita pun diwajibkan untuk memproteksi diri dari munculnya risiko tersebut.

 

Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan antioksidan. Ternyata, kandungan vitamin A dan vitamin C dalam blueberry berperan sebagai agen antioksidan yang baik untuk tubuh, sehingga tubuh akan lebih kuat dalam menghalau serangan radikal bebas yang penyebab munculnya kanker.

 

11. Meminimalisir risiko penyakit jantung

Serat dalam buah blueberry memiliki manfaat sebagai penurun kadar lemak LDL atau yang biasa disebut kolesterol jahat. Di sisi lain, kandungan vitamin B6 di dalam buah ini juga berperan aktif dalam meningkatkan produksi senyawa homosistein. Senyawa tersebut berfungsi untuk melindungi rusaknya pembuluh darah yang bisa saja berpotensi sebagai pemicu munculnya gangguan pada jantung.

 

12. Membantu mengendalikan dan menjaga berat badan

Karbohidrat yang terkandung dalam buah blueberry dikenal efektif membuat efek kenyang lebih lama. Bahkan, dibanding beberapa sumber karbohidrat lainnya sekalipun. Dengan efek kenyang yang lebih lama, maka frekuensi makan pun akan lebih terkontrol, sehingga mengendalikan dan menurunkan berat badan juga lebih mudah.

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

 

13. Baik untuk kesehatan sistem pencernaan

Menjaga asupan serat tentu berpengaruh pada kesehatan sistem pencernaan. Salah satu cara menjaga asupan serat yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat, salah satunya blueberry.

 

Selain itu, kurangnya asupan serat juga bisa memicu berbagai gangguan pencernaan. Dari yang paling umum seperti sembelit (konstipasi) hingga komplikasi yang lebih serius seperti infeksi usus.

 

14. Meminimalisir masalah depresi dan gangguan suasana hati

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, senyawa antioksidan dalam blueberry juga baik untuk kesehatan mental, seperti meminimalisir gangguan kesehatan mental. Hal ini karena kandungan antioksidannya dapat memberikan efek antidepresan. Di mana, hal tersebut sangat berkaitan erat dengan gangguan mental seperti depresi dan gangguan suasana hati.

 

15. Mengatasi infeksi kandung kemih

Manfaat terakhir dari buah blueberry yaitu untuk mengatasi infeksi kandung kemih. Kandungan zat anti-adhesif pada buah ini terbukti efektif untuk memerangi bakteri E. Coli, yaitu penyebab infeksi ini.

 

Itulah 15 manfaat blueberry untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan. Tidak hanya nikmat dikonsumsi sebagai jus, kamu pun bisa menikmati buah ini sebagai pendamping sereal gandum, oatmeal, ataupun yoghurt. Ingin membeli buah blueberry dengan kualitas terbaik? Kamu bisa menemukannya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi...

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi...

Post Comment