Written by at January 21, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

15 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Cuka telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai keperluan memasak dan keperluan rumah tangga lainnya. Jenis cuka yang terpopuler adalah cuka apel (Apple Cider Vinegar). Cuka apel terbuat dari fermentasi sari apel, berwarna kuning pucat sampai sedang, dan memiliki cita rasa yang asam. Hal ini, disebabkan oleh kandungan asam asetat dan asam malat. Selain itu, manfaat cuka apel antara lain mengandung vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, potasium, kalsium, dan magnesium.

 

Walaupun sering digunakan sebagai bahan masakan penambah rasa asam yang segar, cuka apel meniympan segudang manfaat untuk kecantikan. Yuk, simak 15 manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit dan rambut kamu, di bawah ini.

 

Manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit dan rambut kamu

15 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
15 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit dan Rambut. (Foto: Pixabay)

1. Menyeimbangkan Level pH Tubuh

Salah satu cara untuk menjaga tubuh berfungsi normal adalah dengan mempertahankan pH-nya dalam kisaran normal. Cuka apel membantu mencapainya dengan membuat tubuh mempertahankan tingkat pH yang sehat dan basa, karena cuka apel bersifat asam, ini dapat membantu jika pH tubuh Anda menjadi terlalu basa.

 

Oleh karena itu cuka apel bermanfaat untuk membunuh semua bakteri jahat, cuka apel mengatur segala ketidakseimbangan pH tubuh kamu agar tetap sehat. Kamu juga bisa menggunakan cuka apel untuk membantu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Sehingga cocok untuk merawat kulit dan mencegah kulit wajah dari keringat dan kulita memproduksi minyak berlebih.

 

2. Memiliki Sifat Antioksidan

Cuka apel kaya akan senyawa bioaktif tertentu seperti asam asetat, katekin, asam galat, dan asam caffeic. Senyawa bioaktif memberikan sifat antioksidan yang kuat dalam cuka apel.

 

Sifat antioksidan ini mencegah efek buruk dari radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit kamu. Antioksidan bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi garis halus dan kerutan, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi jerawat.

 

3. Menghilangkan Racun Dari Kulit Wajah

Polusi dan radikal bebas menjadi hambatan yang menyebabkan muncul masalah pada kulit sehatmu. Jika hal ini dibiarkan akan menimbulkan kulit kusam atau timbulnnya banyak jerawat. Bahkan, radikal bebas bisa saja menimbulkan kanker kulit yang tentunya ingin kamu coba hindari. 

 

Untuk itu, cuka apel dapat kamu gunakan untuk membersihkan kulit wajah dan membuang racun penyebab kulit kusam dan jerawat. Kandungan betakaroten pada cuka apel juga membantu mencegah kerusakan kulit. Selain itu, kulit mati bisa diangkat dengan cuka ini sehingga wajah kamu tetap cantik dan terawat. Kandungan beta karoten pada cuka apel juga membantu mencegah kerusakan kulit.

 

4. Mengecilkan Pori-Pori

Cuka apel mengandung Alpha Hydroxy Acid alami yang membantu mendorong pembentukan sel kulit baru sehingga penampilan kamu akan stand out dengan kulit wajah cantik, cerah, sehat, dan mempesona.

 

Tak hanya itu, kandungan AHA diketahui mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga menjadikan kulit halus ketika disentuh. Kandungan AHA juga memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang menjadikan kulit wajahmu cerah.

 

Baca juga: 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Diet Apel untuk Menurunkan Berat Badan

 

5. Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Jika kamu senang berlibur ke panati atau sering terpapar teriknya sinar matahari, kulit akan terbakar sinar matahari. Cuka sari apel memiliki manfaat untuk mengembalikan tingkat pH kulit. Sehingga menenangkan dan mengobati kulit terbakar sinar matahari. Cukup tambahkan secangkir cuka apel ke dalam bak mandi Anda. Ini akan menetralisir luka akibat terbakar sinar matahari.

6. Membantu Mengobati Jerawat

Tahukah kamu bahwa kulit kita secara alami bersifat asam? Tapi, karena penggunaan pembersih dan sabun yang keras, keasaman alami kulit akan terganggu. Ini menghancurkan lapisan kulit asam yang memberikan perlindungan terhadap kuman, bakteri, dan polusi.

 

Alasan mengapa cuka apel bekerja dengan baik dalam mengobati jerawat adalah karena cuka apel dapat mengembalikan lapisan kulit asam. Cuka apel juga membunuh bakteri, menghilangkan kotoran, dan minyak berlebih pada kulit wajah.

 

7. Memiliki Kandungan Anti-Penuaan

Menurut legenda, Hippocrates, yang dianggap sebagai bapak kedokteran, menggunakan cuka sari apel sebagai obat mujarab. Bahkan pada pergantian abad, orang-orang Prancis, menggunakan cuka apel sebagai tonik penyembuhan untuk melestarikan masa muda mereka. Apel adalah sumber flavonoid, fitokimia seperti quercetin dan catechin yang baik, dan karoten yang menunjukkan sifat anti-penuaan dengan sangat baik.

 

8. Bekerja Sebagai Deodoran Alami

Sebagian besar deodoran komersial adalah antiperspiran. Ini menghalangi kemampuan tubuh kamu untuk berkeringat. Sedangkan berkeringat adalah cara alami tubuh untuk melakukan detoksifikasi, menghalangi kemampuan itu berarti menghalangi proses detoksifikasi yang sangat penting. Manfaat cuka apel yaitu untuk menetralkan dan menyerap aroma busuk. Oleskan sedikit cuka apel pada ketiak kamu, cuka akan menyerap dan meminimalkan bau badan. Tak perlu khawatir tentang bau cuka apel, itu akan menghilang saat mengering.

 

Baca juga: 4 Tips Membuat Salad Sayur Untuk Diet Yang Enak!

 

9. Membantu Menyembuhkan Dermatitis

Dermatitis adalah penyakit peradangan kulit, yang menyebabkan kulit memerah dan gatal. Cuka apel memiliki kemampuan menarik racun, sehingga dapat menyedot racun dari pori-pori kulit Anda. Cukup oleskan satu sendok teh cuka apel organik ke area yang terinfeksi. Terapkan kembali sesuai kebutuhan

 

10. Menyembuhkan Kutil

Kutil adalah pertumbuhan berlebih daging kecil pada kulit yang disebabkan oleh virus papilloma manusia. Cuka apel mengandung asam asetat, yang bisa menjadi pengobatan lembut untuk kutil.

 

Gunakan cuka apel untuk kutil dan tutupi area dengan bantuan perban. Biarkan semalaman dan keluarkan di pagi hari. Ulangi setiap hari, dan Anda akan melihat hasilnya dalam seminggu atau lebih lama.

 

11. Meningkatkan Porositas Rambut

Cuka sari apel memiliki banyak manfaat untuk rambut. Pertama, cuka apel meningkatkan porositas (kemampuan rambut untuk menyerap dan menjaga kelembaban) rambut kamu. Porositas menyegel kutikula dan memungkinkan rambut untuk mempertahankan kelembaban lebih banyak, sehingga rambutmu tetap sehat dan tidak kering.

 

12. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Cuka apel juga bermanfaat meratakan permukaan rambut dan memerangi kusut. Cuka apel bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut dan membantu mencegah rambut rontok dengan cara menyegel kutikula rambut.

 

Baca juga: 5 Alasan Pisang untuk Diet yang Sehat dan Seimbang

 

13. Mengobati Ujung Rambut

Kamu dapat menggunakan cuka apel untuk mengobati ujung rambut yang kering. Cukup campur dan air dengan perbandingan 1:2. Lalu, usapkan ke ujung rambut dan pijat rambut Anda, hindari kulit kepala. Satu-satunya hal yang perlu kamu perhatikan adalah aroma cuka apel mungkin bertahan untuk sementara waktu.

 

14. Mengatasi Bakteri Penyebab Ketombe

Cuka apel juga membantu untuk mengobati ketombe. Sifat keasamannya membuat jamur yang menyebabkan ketombe tidak dapat tumbuh subur di kulit kepala kamu. Cukup campur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama tambahkan masukan campuran itu ke botol semprot. Gunakan setelah keramas, semprotkan ke rambut Anda dan biarkan selama 15 menit. Lalu, bilas rambutmu. Gunakan campuran ini dua kali seminggu, dan kamu akan segera melihat hasilnya.

 

15. Membersihkan Rambut dari Penumpukan Sampo

Selanjutnya, kamu juga dapat menggunakan cuka apel setelah keramas untuk menghilangkan penumpukan sampo. Dan, jika kamu memasukkan cuka apel dalam rangkaian perawatan rambut kamu akan segera menikmati, rambut yang lebih berkilau dan halus.

 

Sekarang kamu sudah mengetahui 15 manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit dan rambut, kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli langsung cuka apel berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

Related Articles

10 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya yang Perlu Kamu Tahu

Saat masa kehamilan, setiap calon ibu pastinya dituntut untuk menjaga asupan pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Di antara...

Selain untuk Diet, Ini 11 Manfaat Beras Hitam yang Bisa Kamu Coba

Beras hitam memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, sehingga dipercaya ada banyak manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh. Jika...

Tidak Hanya Mencerahkan, Ini 7 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah

Terdapat begitu banyak manfaat dari Jeruk Lemon bagi kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan pH tubuh, dan...

Post Comment