Written by at November 13, 2022
Tips dan Rekomendasi

17 ASI Booster Alami, Busui Senang Si Kecil Pun Kenyang

Busui mana yang gak senang jika produksi ASI-nya melimpah? Salah satu cara untuk bisa meningkatkan produksi ASI ini adalah dengan mengonsumsi ASI booster. ASI booster ini gak hanya dalam bentuk suplemen yang diformulasi khusus, namun juga dari makanan yang biasa dikonsumsi. Penasaran apa aja ASI booster alami ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

asi booster alami

1. Daun Katuk

Salah satu ASI booster alami populer di tengah masyarakat adalah daun katuk. Daun katuk memiliki kandungan berupa steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Nah, prolaktin ini merupakan hormon pelancar ASI. Tingginya kadar prolaktin akibat efek yang ditimbulkan oleh kandungan daun katuk, membuat produksi ASI pun jadi cepat dan lancar.

Potensi peningkatan produksi ASI oleh daun katuk pun gak main-main. Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Efektivitas Ekstrak Daun Sauropus Androgynus dalam Meningkatkan Status Produksi ASI Ibu, diketahui kalau ekstrak daun katuk bisa meningkatkan kuantitas produksi ASI hingga 50.7 persen. Makanya, jika ASI mampet, cobalah untuk mengonsumsi daun katuk.

2. Biji Fenugreek 

Fenugreek atau kelabat merupakan tanaman herbal yang kerap digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Tanaman herbal satu ini, termasuk bijinya, memiliki kandungan berupa fitoestrogen, di mana kandungannya ini bisa meningkatkan produksi ASI. Perlu diketahui kalau mengonsumsi fenugreek bisa menyebabkan ASI, keringat, dan urin memiliki bau seperti sirup maple.

3. Oatmeal 

Tahukah Sayurfriends kalau oatmeal juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI? Oatmeal tergolong sebagai comfort food, di mana dengan mengonsumsinya bisa membantu busui menjadi lebih rileks dan meningkatkan produksi oksitosin dalam tubuh. Hormon oksitosin ini sendiri merupakan hormon yang vital sifatnya dalam proses produksi ASI di dalam tubuh busui.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan mineral esensial seperti zat besi, kalsium, dan zink, serta vitamin K dan vitamin B. Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber dari asam lemak esensial dan protein. Kandungan nutrisinya yang melimpah ini berpadu dengan sifat laktogeniknya, yakni sifat makanan yang bisa membantu produksi ASI.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan daun kelabat merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan lainnya yang gak kalah penting bagi busui adalah fitoestrogen, senyawa kimia dalam sayuran yang mirip dengan hormon estrogen, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan kemampuan laktasi.

6. Daun Kelor

Daun kelor yang memiliki nama latin Moringa, merupakan sayuran yang memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi. Kandungan zat besi dan kalsiumnya yang tinggi inilah yang disebut memiliki pengaruh dalam meningkatkan produksi ASI. Jadi, bagi Sayurfriends yang memiliki kendala berupa sedikitnya produksi ASI, bisa coba konsumsi sayur daun kelor ini.

7. Ikan Salmon

Daging ikan salmon merupakan salah satu makanan yang sangat bagus untuk meningkatkan produksi ASI. Daging ikan salmon kaya akan kandungan berupa omega-3 dan banyak asam lemak esensial, sehingga bisa membantu meningkatkan produksi ASI secara alami. Kandungan DHA-nya yang tinggi juga akan membantu meningkatkan perkembangan otak anak.

Baca juga: 12 Manfaat Buah Sawo, Buah Eksotis dengan Khasiat yang Melimpah

8. Barley 

Barley atau jelai merupakan salah satu makanan yang juga memberikan efek laktogenik setelah dikonsumsi. Dengan mengonsumsi barley atau juga dikenal dengan sebutan gandum utuh ini, Sayurfriends bisa meningkatkan produksi ASI, serta memastikan asupan cairan tubuh terpenuhi dengan baik, sehingga tubuh bisa tetap terhidrasi dengan optimal.

9. Asparagus

Asparagus merupakan makanan tinggi serat yang kaya akan vitamin A dan vitamin K. Busui bisa stok asparagus ini di rumah untuk menstimulasi produksi hormon esensial untuk meningkatkan laktasi. Alhasil, produksi ASI pun jadi melimpah dan nutrisi dalam ASI yang beraneka ragam pun bisa didapatkan oleh si kecil.

10. Beras Cokelat

ASI booster alami selanjutnya adalah beras cokelat. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences, beras cokelat mengandung stimulan hormon yang bisa meningkatkan produksi ASI pada busui. Selain itu, beras cokelat juga mengandung senyawa kimia yang bisa mencegah terjadinya depresi pasca melahirkan pada busui.

11. Kurma Merah

Kurma merah atau jujube merupakan jenis kurma yang kaya akan kandungan triptofan. Triptofan tergolong sebagai asam amino yang bisa meningkatkan laktasi. Kurma merah membantu mempertahankan kadar tinggi prolaktin di dalam tubuh, di mana prolaktin ini sendiri merupakan hormon yang dibutuhkan dalam proses produksi ASI.

12. Aprikot

Siapa di antara Sayurfriends yang suka mengonsumsi buah aprikot? Ternyata, buah satu ini kaya akan ragam nutrisi yang sangat bagus untuk dikonsumsi dalam masa menyusui. Buah aprikot kaya akan vitamin A, vitamin C, potasium, dan kalsium, di mana kandungannya ini bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

13. Labu Air

Labu air yang memiliki bentuk menyerupai botol juga bisa Sayurfriends konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI. Labu air diperkaya dengan kandungan yang bisa menghidrasi tubuh, sehingga membuatnya akan sangat membantu dalam mengembalikan suplai ASI dengan cepat. Selain meningkatkan produksi ASI, labu air ini juga bisa bantu busui untuk melancarkan pencernaan.

14. Biji Wijen

Selain menambah sensasi gurih saat menyantap makanan, biji wijen ternyata juga memiliki khasiat untuk meningkatkan produksi ASI. Biji wijen kaya akan kalsium dan juga memiliki kandungan fitoestrogen, sehingga bisa membantu meningkatkan produksi ASI pada busui. Sayurfriends bisa gunakan biji wijen sebagai topping makanan untuk bisa merasakan manfaatnya ini.

15. Kacang Arab

Kacang arab atau chickpea merupakan makanan bernutrisi yang tinggi protein. Makanan satu ini juga memiliki kandungan mirip estrogen pada tumbuhan alias fitoestrogen, sehingga membuatnya bisa berperan sebagai galactagogue atau obat yang bisa membantu merangsang, mempertahankan, atau meningkatkan produksi ASI.

16. Bit

Bit merupakan buah kaya nutrisi yang kaya akan serat dan mineral. Buah bit membantu meningkatkan produksi ASI dengan cara memberikan efek purifikasi darah yang juga akan memberikan manfaat bagi si kecil. Gak hanya berhenti di sana saja, buah bit juga akan menjadi sumber zat besi bagi ibu yang baru saja melahirkan, karena biasanya mengalami kekurangan zat besi.

17. Teh Hijau

Kandungan antioksidan dan mineral yang melimpah pada teh hijau, membuatnya memberikan efek rileksasi yang tentunya begitu dibutuhkan oleh busui. Busui yang sedang merasa stres atau tekanan, akan bisa memberikan efek pada produksi ASI-nya. Selain membuat rileks, sirkulasi darah dan level kolesterol yang terjaga dengan baik juga membantu meningkatkan produksi ASI busui.

Itulah tadi beberapa ASI booster alami yang bisa Sayurfriends konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI. Selain dengan mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas, Sayurfriends juga harus bisa menghindari stres dan berusaha untuk membuat tubuh merasa rileks. Pasalnya, tubuh yang gak rileks bisa berpengaruh pada produksi ASI di dalam tubuh. Selamat mencobakan, ya!

Yuk Beli Kurma Sekarang

Related Articles

11 Makanan Meksiko Paling Populer, dari Burrito hingga Fajita yang Lezat

Meksiko dikenal punya banyak banget pilihan menu makanan yang enak-enak. Makanan Meksiko terkenal unik dan rasanya juga campur-campur,...

17 Makanan Khas Australia Lezat, Pencinta Kuliner Wajib Coba!

Saat berkunjung ke Australia, jangan hanya merencanakan destinasi wisata yang akan dikunjungi saja, namun juga buat daftar makanan khas...

16 Makanan Jepang Kaya Rasa, Mana yang Sayurfriends Paling Suka?

Kelezatan kuliner khas Jepang memang gak perlu diragukan lagi. Kepopuleran makanan khas Jepang ditandai dengan bejibunnya restoran...