Written by at December 03, 2022
Tips dan Rekomendasi

17 Makanan Khas Australia Lezat, Pencinta Kuliner Wajib Coba!

makanan khas australia

Saat berkunjung ke Australia, jangan hanya merencanakan destinasi wisata yang akan dikunjungi saja, namun juga buat daftar makanan khas Australia untuk dicoba. Australia punya segudang makanan khas lezat, dari yang rasanya manis hingga gurih, yang tentu saja bisa memanjakan lidah. Yuk intip apa saja makanan khas Australia yang wajib dicoba saat pesiar ke sana.

1. Fairy Bread 

Fairy Bread

Jika Sayurfriends suka makanan dengan cita rasa manis, maka jangan lewatkan kesempatan untuk menyantap fairy bread. Fairy bread merupakan dessert berupa roti tawar putih yang dipotong segitiga, lalu diolesi dengan butter dan ditaburi dengan sprinkles yang warna-warni. Sayurfriends juga bisa buat fairy bread di rumah karena bahan dan cara membuatnya yang cukup simpel

2. Biskuit Anzac 

Biskuit Anzac

Camilan khas Australia yang juga jangan sampai Sayurfriends lewatkan adalah biskuit anzac. Biskuit anzac merupakan biskuit bercita rasa manis yang terbuat dari tepung terigu, oat, golden syrup, butter, gula, parutan kelapa, dan soda bikarbonat. Biskuit anzac ini akan makin terasa nikmat jika Sayurfriends nikmati dengan secangkir teh hangat.

3. Vanilla Slice 

Vanilla Slice

Vanilla slice merupakan dessert khas Australia yang terdiri dari custard tebal dengan cita rasa vanila, yang dijadikan isian di antara lembaran puff pastry, lalu diberi icing beraneka rasa di atas permukaannya. Kelembutan vanilla slice ini saat disantap dijamin akan membuat Sayurfriends merasa gak cukup menyantapnya hanya 1 potong saja.

4. Meat Pie 

Meat Pie

 

Meat pie merupakan makanan khas Australia yang terbuat dari flaky pastry yang diberi isian berupa daging sapi cincang. Perpaduan pastri yang renyah bersatu dengan daging sapi cincang yang juicy saat disantap. Selain daging sapi cincang, meat pie juga gak jarang diberi isian lain berupa bawang bombai, ayam dan asparagus, jamur, keju, sayuran, hingga makanan laut.

5. Avocado Toast 

Avocado Toast

Saat berkunjung ke Australia, jangan lupa untuk coba avocado toast asli sana. Avocado toast merupakan makanan yang terdiri atas roti tawar panggang dengan topping berupa alpukat yang telah dihaluskan, garam, lada, dan perasan jeruk sitrun. Jika ingin topping-nya lebih beragam, Sayurfriends bisa buat sendiri dengan tambahan salmon, bawang bombai, telur, keju, hingga minyak zaitun.

6. Vegemite 

Vegemite

Vegemite merupakan pasta kental berwarna kecokelatan yang terbuat dari brewer’s yeast alias ragi yang digunakan untuk pembuatan bir. Vegemite memiliki cita rasa asin yang kuat, serta mirip dengan rasa daging meskipun gak ada bahan daging yang digunakan dalam pembuatannya.  Vegemite dengan cita rasa umaminya kerap digunakan sebagai olesan roti, hingga bahan sup.

7. Pavlova 

Pavlova

Australia bisa dibilang merupakan surganya dessert, salah satunya adalah pavlova. Pavlova merupakan kue yang terbuat dari putih telur dan gula atau meringue, dengan topping berupa whipped cream dan potongan aneka buah. Nama pavlova pada makanan yang rendah kalori ini sendiri berasal dari nama seorang balerina Rusia, yakni Anna Pavlova.

8. Lamington 

Lamington

Salah satu ikon kuliner Australia adalah lamington. Lamington merupakan sponge cake atau kue bolu yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian kecil, lalu dicelupkan ke dalam cokelat dan ditaburi seluruh permukaannya dengan parutan kelapa kering. Taburan parutan kelapa di permukaan lamington menambahkan cita rasa gurih pada kuenya yang manis dan lembut.

9. Prawn Cocktail 

Prawn Cocktail

Saat berkunjung ke Australia, jangan lupa juga untuk mencicipi hidangan lautnya yaitu prawn cocktail. Prawn cocktail merupakan hidangan yang terdiri dari bahan utama berupa udang, saus tomat, lobak pedas atau mayones. Pemberian nama prawn cocktail tampaknya disebabkan karena penyajian hidangan ini di dalam gelas cocktail. 

Baca juga: 16 Makanan Jepang Kaya Rasa, Mana yang Sayurfriends Paling Suka?

10. Barramundi 

Barramundi

Olahan ikan barramundi atau ikan kakap putih juga menjadi salah satu makanan khas Australia. Biasanya, ikan barramundi ini diolah dengan cara digoreng atau dipanggang. Daging ikan barramundi yang juicy dijamin akan menggoyang lidah orang yang menyantapnya. Queensland kerap disebut sebagai negara bagian yang menyajikan ikan barramundi terbaik.

11. Chicken Parma 

Chicken Parma

Meskipun berasal dari Italia, namun chicken parma atau chicken parmigiana sudah menjadi kuliner yang gak bisa dipisahkan dengan warga Australia. Chicken parma terdiri dari daging ayam yang digoreng dengan balutan adonan tepung terigu, telur, dan tepung roti, lalu dibeli saus tomat dan keju yang meleleh di permukaannya. Lezatnya dijamin nagih banget!

12. Damper 

Damper

Damper merupakan makanan tradisional Australia yang juga dikenal dengan julukan soda bread atau kue soda. Adapun bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat damper ini adalah tepung terigu, butter, garam, air, dan susu. Alih-alih menggunakan ragi untuk membuat kue mengembang, damper dibuat dengan menggunakan baking powder atau baking soda.

13. Pikelets

Pikelets

 

Australia punya sajian pancake-nya sendiri yang disebut dengan pikelets. Pikelets merupakan hidangan yang sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Australia. Salah satu hal yang bikin pikelets berbeda dengan pancake lainnya adalah ukurannya yang mini atau kecil. Biasanya, pikelets atau pancake mini ini dinikmati dengan selai dan krim di Negeri Kangguru tersebut.

14. Salt and Pepper Calamari 

Salt and pepper calamari

Salt and pepper calamari atau kalamari lada garam khas Australia juga patut untuk Sayurfriends coba saat berkunjung ke sana. Hidangan ini terdiri dari cumi-cumi yang sudah dipotong-potong, lalu dibalur dengan adonan yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan susu, lalu dibalur kembali dengan tepung roti dan taburan lada, garam, dan bumbu lemon lada. Kebayang betapa enak rasanya?

15. Sausage Roll 

Sausage Roll

 

Sausage roll merupakan makanan yang akan dengan mudah Sayurfriends temukan di Australia. Sesuai dengan namanya, sausage roll merupakan sajian sosis yang dibaluti dengan pastri, lalu dipanggang di oven hingga matang dan warna permukaannya kuning kecokelatan. Sausage roll ini makin nikmat jika dicocol dengan saus tomat dan bisa dimakan sebagai camilan.

16. Spag Bol

Spag Bol

Jika melihat hidangannya, maka Sayurfriends akan teringat dengan spaghetti Bolognese khas Italia. Namun, dengan adanya sentuhan khas Australia, membuat makanan tersebut lebih dikenal dengan nama spag bol di sana. Spag bol dibuat dengan menggunakan daging sapi Australia, jamur, bawang bombai, wortel, seledri, bacon, bawang putih, tomat, dan pasta spaghetti.

17. Kangguru Panggang

Kangguru Panggang

Mengingat Australia merupakan surganya kangguru, maka gak heran jika Sayurfriends bisa menemukan sajian kangguru panggang saat berkunjung ke sana. Bahan yang digunakan dalam membuat kangguru panggang ini seperti bawang putih, lada, juniper, rosemary, dan buah seperti plum dan jeruk. Biasanya, daging kangguru dipanggang hingga tingkat kematangan rare hingga medium.

Itulah tadi beberapa makanan khas Australia yang direkomendasikan untuk Sayurfriends coba saat berkunjung ke sana. Pun jika gak ada kesempatan untuk berkunjung ke Negeri Kangguru tersebut, Sayurfriends bisa coba buat sendiri makanan khas negara tersebut. Dari semua makanan yang disebutkan di atas, mana nih yang paling bikin Sayurfriends penasaran dengan rasanya?

Related Articles

5 Jus Buah untuk Diet Sehat, Dijamin Ampuh!

Aneka Jus Buah (Doc : Pixabay) Saat diet, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Daripada...

6 Camilan Rendah Kalori, Sehat dan Lezat!

Waktu makan belum tiba, tetapi perut sudah keroncongan. Kalau sudah begini, salah satu solusinya adalah mengonsumsi camilan. Namun,...

Spesial Tahun Baru 2023, BONUS Poin Seru!

SELAMAT TAHUN BARU 2023 Terima kasih Sayurfriend sudah menjadikan Sayurbox sebagai sahabat belanjamu. Semoga di tahun baru ini,...