Written by at August 30, 2019
Tips & Trick

3 Cara Menjaga Energi tetap Fit di Kantor

Kalau sudah ketemu senin rasanya malas beraktifitas, biasanya kalau malas beraktifitas mood seharian di tempat kerja jadi terganggu, malah bikin lemes dan engga termotifasi. Padahal menjaga energi fit di kantor adalah hal utama untuk tetap produktif loh. Nah, berikut Sayurbox kasih 3 cara menjaga energi tetap fit di kantor.

energi tetap fit
Source : Unsplash

Kalau kata orang minum suplemen atau multivitamin aja untuk menjaaga energi, jangan dulu. Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi obat-obatan selama kamu masih bisa menggunakan cara alami. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga energi tetap fit di kantor loh, terutama ada 3 cara utama yang bisa berhasil kalau kamu cobain.

Kurangi Stress

Terdengar sepele dan kurang penting, tapi sebenarnya hal ini sangat berpengaruh. Menjaga energi tetap fit di kantor harus dilakukan dari dalam diri sendiri, eliminasi hal-hal yang membuat isi pikiran kita penuh dan hal-hal yang membuat mood kita terganggu. Kebanyakan orang menyaranan bermeditasi, tapi bisa juga dilakukan dengan relax dan melakukan hal-hal yang membuat kita senang.

energi tetap fit
Source : Unsplash

Kurangi stress untuk menjaga energi tetap fit di Kantor dapat dilakukan dengan cara istirahat sejenak dan mengobrol dengan teman selema beberapa menit, dapat juga dilakukan dengan berjalan di kantor atau lingkungan kantor, bisa juga dengan melakukan hobi kita lainnya yang bisa dengan mudah dilakukan di kantor.

Coba sebaik mungkin untuk tetap rileks dan melepaskan semua beban dalam pikiran, terutama pekerjaan kantor. Take it easy dan jangan sungkan untuk berbagi dengan teman kerja, berdampak cukup besar loh jika berbagi cerita dengan rekan kerja.

Jangan Sampai Dehidrasi

Lagi-lagi terdengar sepele tapi jangan salah, penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang dehidrasi akan lebih rentan lelah. Kondisi di kantor terkadang menjadi pemicu untuk melupakan meminum air putih seharian, tapi jika mau energi tetap fit selama di kantor harus sering minum air putih ya. Tubuh yang kekurangan air akan rentan capek, jadinya tidak produktif dan merasa lemas seharian.

energi tetap fit
Source : Pexels

Mulai dengan menyimpan botol minum di kantor, setiap pagi botol minumnya harus penuh dan letakkan di atas meja kantor. Pastikan diletakkan dekat dengan pandangan mata agar gampang terlihat dan teringat untuk selalu meminum air putih.

Pastikan sehari meminum air putih minimal 8 gelas, sebelum ke kantor pastikan juga tubuh terhidrasi penuh. Efek sampingnya akan sering buang air kecil, tapi anggap saja buang air kecil adalah cara untuk tetap bergerak dan lebih berenergi kembali.

Konsumsi Makanan Yang Tepat

Kalau sudah mengurangi stress, meminum air putih, selanjutnya adalah saatnya untuk mengkonsumsi makanan yang tepat. Akan percuma jika sudah melakukan hal-hal sebelumnya, tapi kita tetap mengkonsumsi makanan yang gampang membuat energi kita turun. Makanan yang dapat menjaga energi tetap fit selama di kantor adalah karbohidrat komplex.

energi tetap fit
Source : Unsplash

Karbohidrat komplex meliputi Oatmeal, Roti Gandum, Beras Merah, Quinoa. Karbohidrat komplex memberikan efek kenyang yang perlahan namun tahan lama, namun memberikan aliran energi yang stabil. Beda halnya dengan mengkonsumsi karbohidrat biasa seperti nasi putih yang memberikan efek kenyang langsung namun energi yang diberikan juga tidak bertahan lama. Akibatnya kita cenderung merasa cepat lapar dan cepat mengantuk.

Telur dan makanan dengan kandungan vitamin B12 yang tinggi seperti Daging Sapi, Ayam, dan ikan-ikan juga dapat memberikan tubuh cukup energi untuk beraktifitas. Makanya sering banget orang menyarankan sarapan harus tinggi protein, karena protein juga mampu memberikan energi yang cukup.

energi tetap fit
Source : Pexels

Jika di kantor sarapan dan makan siangnya sudah memenuhi nutrisi yang disebutkan sebelumnya, ada 1 hal yang tidak dapat dihindari yaitu cemilan. Mengemil memang memberikan sensasi tersendiri terutama untuk membunuh rasa bosan di kantor, tapi ada baiknya perhatikan cemilan yang kita konsumsi juga. Cemilan buah yang cenderung manis seperti Mangga, Alpukat yang creamy, maupun aneka Berries dapat memberikan asupan energi yang cukup.

energi tetap fit
Source : Unsplash

Namun beda halnya dengan manis yang berasal dari gula putih, permen, ataupun coklat susu karena manis seperti ini memberikan kandungan gula yang tinggi dan membakar energi dengan cepat. Pada akhirnya kita hanya akan merasa lapar kembali dan cepat lelah.

energi tetap fit
Source : Unsplash

Selama memperhatikan makanan yang ktia konsumsi dengan baik, kegiatan kita di kantor dan kondisi pikiran maupun mood kita sehari-hari akan mempengaruhi produktifitas dan energi yang tetap fit selama di kantor. Jadi jangan pernah lupakan 3 hal utama dalam menjaga energi tetap fit di kantor ya!

Related Articles

4 Tips Membuat Salad Sayur Untuk Diet Yang Enak!

Siapa yang engga suka makan salad? Terutama salad sayur! Yang isinya dedaunan dan udah engga tempting duluan. Salad memang makan sehat,...

Makanan Yang Paling Cocok Selama PMS

Hai perempuan yang tiap bulan pasti dihantui PMS (Pra Mensturasi), penyakit bukan tapi bikin sakit. Kalau tiap bulan dihantui terus, pasti...

Tips Berbelanja Sayur & Buah Online

Siapa disini yang merupakan geng kalau belanja maunya serba praktis dan kalau bisa online aja? Yuk bikin grup kita biar bisa berbagi...

Post Comment