Written by at April 16, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 3 Manfaat Quinoa dan Cara yang Benar untuk Mengolahnya

Bagi kamu yang sedang mulai menekuni gaya hidup sehat atau sedang menjalani program diet, quinoa wajib masuk dalam daftar makananmu. Di Indonesia sendiri Quinoa sudah mulai naik daun, banyak menu diet dan menu hidup sehat untuk catering yang mengganti nasi dengan quinoa. Selain memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh, ada banyak manfaat quinoa yang juga bisa kamu rasakan jika mengonsumsinya secara rutin. Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat quinoa, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai biji-bijian yang satu ini.

 

Apa itu Quinoa?

manfaat quinoa
Manfaat quinoa dan cara yang benar untuk mengolahnya. (Foto: Pixabay)

Quinoa adalah biji yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Menurut beberapa pihak, Whole Grains adalah biji yang berasal dari rumput seperti oats atau barley jadi banyak yang mengklaim bahwa Quinoa tidak tergolong Whole Grains. Namun, Quinoa lebih lazim dikonsumsi sebagai whole grains oleh sebab itu Quinoa juga disebut sebagai pseude-cereal yaitu makanan yang dibuat dan dikonsumsi sebagai whole grains tapi berasal dari jenis tanaman dan bukan rerumputan.

 

Menurut Whole Grain Council, Quinoa adalah karbohidrat whole grain yang gluten-free serta mengandung whole protein yaitu lengkap dengan kandungan 9 asam amino esensial. Quinoa juga merupakan karbohidrat dengan base protein, jadi aman untuk vegetarian maupun vegan. Kalau ingat Quinoa, ingat sebagai pengganti nasi yang rendah karbohidrat.

 

Quinoa selain berwarna putih (ivori atau kekuningan) juga ada yang berwarna merah dan hitam. Yang paling umum dikonsumsi adalah yang berwarna putih, berbentuk bulat kecil yang kalau dimasak akan bertekstur lembut. Quinoa berwarna merah dan hitam memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dari yang berwarna putih.

 

Baca juga: Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

Nutrisi yang Terkandung Dalam Quinoa

Didalam 1 cup (185gr) Quinoa yang sudah dimasak terdapat :

  • 222 Kalori
  • 39 gram karbohidrat
  • 8 gram protein
  • 6 gram lemak
  • 5 gram serat
  • 1 gram gula
  • 58% Mangan
  • 30% Magnesium
  • 28% Fosfor
  • Dan lainnya.

Quinoa terkenal tinggi protein dan juga serat dibanding whole grain lainnya.

Ini manfaat quinoa untuk kesehatan

Mengkonsumsi quinoa sebagai pengganti nasi dalam makanan sehari-hari dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, diantaranya:

 

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Quinoa mengandung Indeks Glikemik 53 yang tergolong rendah, jadi bagus untuk mengontrol kadar gula darah tetap stabil.

 

2. Berpotensi Menurunkan Berat Badan

Quinoa tinggi serat diet yang baik dikonsumsi dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Selain itu Quinoa juga mengandung 20-hydroxyecdysone yang dapat mengontrol berat badan.

 

3. Mencegah Osteoporosis

Kandungan magnesium yang tinggi pada Quinoa sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang terutama untuk yang berumur diatas 50 tahun.

 

Baca juga: Mengenal Bawang Dayak & Manfaatnya

 

Manfaat quinoa lainnya seperti menjaga jantung tetap sehat, kesehatan kulit, sampai melawan kanker juga dapat kamu rasakan jika mengonsumsinya secara rutin. Yuk, beli quinoa dan berbagai kebutuhan sehat lainnya di Sayurbox!

 

manfaat quinoa

 

Ini cara mengolah quinoa yang benar

Quinoa paling sering dimasak seperti memasak nasi untuk mengganti karbohidrat. Tapi banyak orang yang mengolah Quinoa agar lebih menarik dengan appetite tinggi adlaah dengan memasaknya menggunakan aneka bumbu maupun rempah. Agar bumbu dan rempahnya meresap kedalam Quinoa. Bahkan beberapa orang senang mengolah Quinoa menjadi desert yang dapat dikonsumsi semua orang.

 

1. Memasak dalam penanak nasi

Cara mudah dan membuat quinoa lebih bertekstur empuk adalah memasaknya dalam penanak nasi. Setelah quinoa dicuci bersih, tuangkan quinoa ke dalam penanak nasi, lalu tambahkan 2 cangkir air dan 1/2 sendok teh garam ke dalam penanak nasi. Jika ingin rasa quinoa yang lebih gurih, tambahkan kaldu ayam atau sayur.

 

Masak kurang lebih 15 menit, jika penanak nasi kamu tidak memiliki pengatur waktu, maka waktu memasak quinoa sama dengan waktu memasak nasi putih biasa. Diamkan 5 menit, jangan buka tutup penanak nasi, kemudian aduk dan sajikan quinoa dengan tumisan, daging, salad, dan menu lainnya.

 

2. Memasak di atas kompor

Selain merebus, quinoa juga dapat dimasak di atas kompor. Tahap pertama adalah bilas butiran quinoa dengan air, dengan menempatkan quinoa dalam wadah dan taruh wadah dibawah air mengalir hingga merasa quinoa lebih bersih. Selanjutnya siapkan panci atau teflon, tuangkan quinoa dan panaskan quinoa di atas panci atau teflon tersebut. Tambahkan minyak zaitun secukupnya ketika panas kompor dalam keadaan sedang sebelum quinoa dimasukkan.

 

Masak sekitar 1 menit, aroma dan rasa kacang quinoa akan keluar secara natural dan memberikan kesan gurih. Ketika air sudah dimasukkan, tutup panci atau teflon, kurangi panas kompor menjadi rendah. Masak sekitar 15 menit hingga butiran quinoa menjadi cerah dan muncul biji putih spiral dari luar butiran quinoa. Pada proses ini, kita dapat mengacu pada tingkat kematangan seperti pada pasta. Agar quinoa lebih matang sempurna, setelah 15 menit biarkan selama 5 menit terlebih dahulu.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

3. Merebus quinoa

 

Cara paling sederhana dan mudah yang pertama untuk mengolah quinoa adalah merebusnya selama 12-15 menit dengan volume air 3 kali lipat dari jumlah quinoa. Apabila memasak quinoa sebanyak 100 g, maka air yang diperlukan adalah 300ml.

 

Setelah matang, sajikan quinoa bersama dengan kuah kari, casserole. Untuk hasil terbaik, bilaslah quinoa terlebih dahulu dengan air dingin seperti halnya mencuci beras.  Jika menginginkan quinoa yang memiliki rasa gurih, masak quinoa dengan kaldu ayam atau sayuran yang sama dengan volume air.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat quinoa ini? Yuk, beli berbagai makanan sehat dan segar untuk kebutuhan sehari-harimu di Sayurbox!

 

manfaat quinoa

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Post Comment