Written by at September 25, 2020
Tips & Trik

Ini 3 Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur Berikut Manfaatnya

Sereh merupakan salah satu bahan yang cukup populer di Indonesia. Seereh dikenal berkat khasiatnya yang beragam, mulai dari mengatasi gangguan pencernaan hingga mencegah kanker. Wangi khas sereh juga dikenal sebagai repellent alias penolak nyamuk alami yang sangat ampuh. Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa terdapat dua jenis sereh yang berbeda, yakni sereh wangi dan sereh dapur. Sereh wangi, dengan nama dapur Cymbopogon nardus memiliki sejumlah perbedaan yang signifikan dengan sereh dapur yang bernama latin Cymbopogon citrates. Ingin tahu apa saja perbedaan sereh wangi dan sereh dapur? Berikut beberapa diantaranya.

 

Ini perbedaan sereh wangi dan sereh dapur

perbedaan sereh wangi dan sereh dapur
Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur Berikut Manfaatnya. (Foto: Pixabay)

1. Bentuk daun

Dilihat dari bentuk daunnya, sereh wangi dan sereh dapur memiliki bentuk daun yang berbeda sehingga mudah untuk dikenali jenisnya. Sereh wangi memiliki bentuk daun yang lebih panjang. Panjang daun sereh wangi ini mencapai 90-100 cm. Bentuknya yang panjang inilah, daun sereh wangi kerap melengkung bahkan hingga menyentuh tanah.

 

Sementara sereh dapur memiliki jenis daun yang lebih pendek dengan kisaran 60 cm. Hal ini membuat daun sereh dapur cenderung berbentuk tegak meskipun kadang terdapat lengkung di bagian ujungnya, namun tidak signifikan layaknya sereh wangi. Secara lebar daun, sereh wangi juga lebih lebar dengan kisaran 0,5-2 cm lebar daunnya.

 

2. Warna batang

Selain daun, hal lain yang membedakan antara sereh wangi dengan sereh dapur adalah warna batangnya. Pada sereh wangi, warna batangnya kemerahan, cenderung mengarah pada warna ungu. Itu sebabnya sereh wangi juga dikenal dengan sebutan sereh merah. Sementara pada sereh dapur, warna batangnya biasanya kehijauan, dengan warna putih di bagian pangkal batangnya.

 

Baca juga: Cari Tahu 10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh

 

3. Aroma

Aroma daun sereh wangi dengan sereh dapur berbeda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kandungan utama dari kedua jenis sereh tersebut. Sereh wangi memiliki kandungan utama berupa citronela, sementara sereh dapur mengandung sitral. Apabila dipetik dan diremas daunnya, sereh wangi akan mengeluarkan aroma seperti minyak tawon atau minyak telon.

 

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar sebab sereh merupakan salah satu bahan baku untuk pembuatan minyak telon. Bila dibandingkan dengan sereh dapur, sereh wangi memiliki aroma yang lebih segar.

 

Sementara aroma sereh dapur cenderung khas, sulit untuk dideskripsikan namun sekilas memiliki aroma yang serupa dengan lemon. Untuk mengujinya, cukup remas daun sereh dan cium aromanya agar dapat membedakan antara sereh wangi dengan sereh dapur.

 

Setelah mengetahui  perbedaan sereh wangi dan sereh dapur, yuk, beli sereh di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

perbedaan sereh

 

Setelah mengenali perbedaan jenis sereh wangi dengan sereh dapur, penting juga untuk mengetahui manfaat sereh secara general. Berikut beberapa manfaat daun sereh yang wajib kamu ketahui.

 

  • Sebagai analgesik

Secara alami, sereh memiliki khasiat meredakan segala jenis peradangan ataupun iritabilitas yang memiliki hubungan dengan nyeri dan rasa sakit. Hal ini yang membuat sereh adalah obat alami yang tepat bila kamu mengalami sakit gigi hingga nyeri otot dan sendi.

 

  • Mengurangi nyeri haid

Sifat analgesik pada sereh juga dapat membantu kaum wanita untuk mengurangi nyeri di bagian perut ketika masa haid. Caranya, campur daun sereh dalam teh, dan minum selagi hangat.

 

  • Melancarkan sistem saraf

Sereh yang telah diolah menjadi minyak esensial biasanya kerap digunakan untuk menguatkan serta meningkatkan fungsi dari sistem saraf. Hal ini karena minyak sereh yang dioleskan di bagian tubuh dapat memberi efek hangat, melemaskan otot yang kaku, serta meredakan kejang.

Baca juga: Hindari Bahan Kimia, Ini 5 Cara Mengusir Nyamuk dengan Sereh

 

  • Mencegah kanker

Sereh mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Antioksidan yang terkandung pada sereh juga dapat mencegah terjadinya kanker karena mampu mematikan sel kanker tanpa turut mematikan sel yang sehat.

 

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Sering kembung, masuk angin, atau bahkan diare? Rutinlah mengonsumsi sereh, baik dalam bentuk jus ataupun dicampur dengan teh. Sereh dapat membantu mengurangi gas yang ada di usus, sehingga membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan tidak terganggu.

 

  • Menurunkan tekanan darah

Sereh memiliki khasiat yang efektif dalam merangsang sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Hal ini membuat serai sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi untuk mengurangi tekanan darahnya.

 

Baca juga: 6 Manfaat Jahe dan Sereh untuk Diet yang Wajib Kamu Tahu

 

Itu dia perbedaan sereh wangi dan sereh dapur beserta manfaatnya secara umum. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, beli sereh di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

perbedaan sereh

Related Articles

7 Tips Menjadi Reseller Sukses Tanpa Perlu Modal!

Menjadi reseller adalah salah satu model bisnis online yang kini sedang diminati. Selain prosesnya yang mudah dilakukan oleh siapa saja,...

Tetap Sehat, Konsumsi 15 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui Ini

Masa-masa kehamilan dan menyusui tentu menjadi masa yang paling berkesan bagi para ibu. Tumbuh kembang anak di masa depan sangat bergantung...

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Post Comment