Written by at August 19, 2019
Recipe

3 Resep Mudah Berbahan Dasar Nanas

Kalau ingat Nanas, pasti ingat jus yang seger, buah seger yang langsung dimakan atau resep yang paling kompleks dan sering ditemui di Indonesia adalah nasi goreng nanas. Padahal, buah eksotis ini paling sering dijadikan salah satu bahan dasar untuk kudapan enak dan tentunya mudah. Kali ini Sayurbox merangkum 3 resep mudah berbahan dasar nanas yang bisa kamu cobain di rumah tanpa harus takut engga enak.

resep mudah berbahan dasar nanas
Source : Pexels

Nanas di Indonesia punya banyak jenis, yang paling sering dikenal adalah Nanas Madu. Ukurannya cukup mungil, tapi rasa manisnya menggelegar! Segarnya juga engga kalah menantang. 3 resep mudah berbahan dasar nanas ini bisa menggunakan jenis nanas apa saja yang kamu punya di rumah. Bisa pakai nanas madu, nanas honi, nanas bogor juga bisa.

Caramelized Grilled Pineapple (via therecipecritic.com)

Lebih mudahnya adalah nanas panggang! Baru pernah dengar kan? Nah nanas panggang ini biasa dijadikan dessert saat summer, di negara Amerika kudapan ini cukup terkenal, sekarang kamu juga bisa membuatnya loh.

resep mudah berbahan dasar nanas
Source : therecipecritic

Bahan-Bahan :

  • 1bh Nanas berukuran sedang/sesuai selera
  • ½ cup brown sugar
  • ½ cup butter/mentega leleh
  • 1 sdm bubuk kayu manis/secukupnya

Cara Membuat :

  1. Potong nanas memanjang, kupas kulit dan cuci bersih dengan air garam agar menghindari rasa gatal di buahnya.
  2. Letakkan potongan nanas diatas baki pemanggang dan taburkan bubuk kayu manis merata ke semua sisi potongan nanas.
  3. Di mangkuk terpisah, aduk butter bersamaan dengan brown sugar sampai merata. Jika sudah teraduk rata, oleskan diatas potongan nanas merata.
  4. Panggang potongan nanas yang sudah diolesi selama 7-10 menit sampai berubah coklat keemasan.
  5. Siap disajikan!

Rasa manis, segar, crunchy namun bagian dalam nanas yang tetap lembut bisa jadi penyegar lidah loh. Paling pas disajikan saat teman-teman atau keluarga sedang berkumpul saat liburan. Berani mencoba?

Aloha Pineapple Chicken (via livingwellmom.com)

Resep mudah berbahan dasar nanas selanjutnya adalah tumis ayam dengan potongan nanas. Bisa dibuat untuk dijadikan makan siang atau makan malam, kreasi menunya dijamin engga bikin bosen makan ayam yang gitu-gitu terus.

resep mudah berbahan dasar nanas
Source : livingwellmom.com

Bahan-Bahan :

  • 600gr Ayam boneless
  • 1sdm tepung serbaguna
  • 500gr potongan nanas
  • 1½ sdt tepung maizena
  • 1sdm madu
  • 2sdm soy sauce
  • ¼ sdt lada hitam

Cara Membuat :

  1. Potong ayam berbentuk dadu dengan ukuran sesuai selera. Taburi dengan tepung sampai tertutup merata.
  2. Siapkan wajan panas dengan 1sdm minyak sayur untuk menumis ayam agar menjadi kecoklatan. Masukkan ayam yang sudah dibaluri tepung dan masak 3-5 menit sampai kecoklatan, dan sisihkan.
  3. Di mangkuk terpisah, masukkan potongan nanas dan tepung maizena dan aduk merata. Setelah teraduk merata, masukkan kedalam wajan bekas ayam. Tambahkan madu, soy sauce, dan lada hitam. Tumis sampai harum dan matang.
  4. Naikkan api sampai medium-panas dan tunggu sampai tumisan nanas matang dan semua air nanasnya keluar dan mengental.
  5. Turunkan api, tambahkan ayam dan aduk kembali sampai merata.
  6. Sajikan selagi hangat dengan nasi sesuai selera.

Inovasi menu makan siang yang engga akan ngebosenin. Segar dari nanas, gurih dari ayam dan juga soy sauce bikin kenyang lebih lama seharian nih. Mau nyobain?

Honey Garlic Butter Shrimp Pineapple Skewers (via cafedelites.com)

Sate nanas & udang? Hm, menu enak yang biasa disajikan saat BBQ party dengan teman-teman atau keluarga. Kalau penasaran, bayangin aja gurihnya udang dengan segarnya nanas jadi satu. Yummm!

resep mudah berbahan dasar nanas
Source : cafedelites.com

Bahan-Bahan :

  • 500gr udang segar (kupas kulitnya & bersihkan)
  • 1cup potongan nanas segar
  • 3sdm butter
  • ¼ cup madu
  • 4 siung bawang putih, cacah halus
  • 1sdm perasan lemon
  • Garam secukupnya
  • 2sdm parsley, cacah halus

Cara Membuat :

  1. Siapkan tusuk sate, dan tusukkan udang yang telah dibumbui dengan garam dan nanas dengan urutan saling silang, sisihkan.
  2. Panaskan api kecil, masukkan butter, madu, bawang putih dan tumis sampai harum dan tekstur berubah menjadi agak mengental. Turunkan api dan tambahkan air perasan lemon, sisihkan.
  3. Campuran madu siap dioleskan ke tusukan udang dan nanas. Oleskan dikedua sisi dan panaskan diatas api medium sampai udang dan nanas berubah warna. Lakukan sampai semua tusukan udang dan nanas matang.
  4. Siap disajikan dengan ekstra perasan lemon!

Bayangin segarnya nanas dipadukan dengan perasan lemon dan gurihnya udang. Wajar banget kalau sate udang & nanas ini adalah makanan wajib di setiap pesta BBQ! Kamu harus nyobain.

resep mudah berbahan dasar nanas

3 resep mudah berbahan dasar nanas ini bisa kamu praktekan di rumah, dengan memodifikas menu sesuai selera kamu sendiri. Yang penting nanas engga hanya dijadikan buah tropikal yang segar saja, tapi juga bisa dijadikan menu makanan yang bikin kenyang!

Kalau kamu mau nyobain, jangan lupa stock dulu nanasnya. Selamat mencoba.

Related Articles

Resep Dessert Mudah dan Sehat

Dessert memang susah banget dibuat sehat, karena cita rasa manisnya yang memang jadi pencuci mulut setelah mengkonsumsi makanan gurih....

3 Resep Mudah dengan Kabocha

Udah tau kan Kabocha? Labu jepang dengan 2 warna ituloh, Hijau dan juga Orange. Biasanya orang nyari Labu buat diolah menjadi desert, tapi...

Ide Sarapan Mudah Untuk Yang Malas Masak

Kalau kamu anak kos, tinggal sendiri di apartment atau anak rantau berarti beberapa menu sarapan mudah ini buat kamu deh. Sarapan harusnya...

Post Comment