Written by at January 22, 2020
Tips & Trik

Praktis! Ini 4 Cara Membuat Toner Cuka Apel Sesuai Jenis Kulit

Toner merupakan salah satu tahapan dalam perawatan wajah. Tahukah kamu bahwa cuka apel juga bisa digunakan sebagai toner? Seperti fungsi toner pada umumnya, yaitu membersihkan kotoran di wajah, termasuk makeup dan sunscreen, toner cuka apel tentunya memiliki manfaat lain. Toner cuka apel mampu membantu memperbaiki pH kulit, meratakan tone kulit, menyamarkan noda-noda di wajah akibat sinar matahari, megecilkan pori-pori, memiliki fungsi anti-penuaan. Tapi tidak boleh sembarangan, ada cara membuat toner cuka apel sesuai jenis kulit agar wajah tidak iritasi.

 

Untuk membuat toner cuka apel sangatlah praktis, kamu hanya membutuhkan tiga bahan ini, yaitu cuka apel, air mineral, dan botol bersih. Cara membuatnya sangatlah mudah. Campurkan cuka apel dan air mineral ke dalam botol, kemudian kocok kedua bahan hingga tercampur dengan baik. Lalu, toner cuka apel telah selesai dibuat dan siap untuk kamu gunakan. Perbandingan dari cuka apel dan air mineral itulah yang harus kamu perhatikan, sesuai dengan jenis kulit kamu. Yuk, langsung saja simak 4 cara membuat toner cuka apel sesuai jenis kulit kamu di bawah ini.

 

Ini cara membuat toner cuka apel sesuai jenis kulit

 

cara membuat toner cuka apel sesuai jenis kulit
Cara membuat toner cuka apel harus sesuai perbandingan. (Foto: Pixabay)

1. Kulit sensitif, hati-hati saat menggunakan toner cuka apel

Kamu yang memiliki kulit yang sensitif harus berhati-hati dalam mengunakan toner cuka apel, karena cuka apel adalah salah satu bahan yang cukup keras dan bersifat asam. Kadar pH cuka apel juga cukup tinggi, yaitu sekitar 2-3. Menggunakan bahan yang ber-pH asam tinggi rentan menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada kulit wajah kamu yang sensitif. Dalam mebuat toner cuka apel untuk kulit sensitif kamu perlu menggunakan perbandingan, 1:4 antara cuka apel dan air mineral. Semisal, kamu menggunakan 4 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya dengan 16 sdm air mineral.

 

Baca juga: 15 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

2. Kulit kering, gunakan perbandingan yang tepat

Jika kamu yang memiliki kulit yang kering, saat membuat toner cuka apel gunakanlah perbandingan 1:3 antara cuka apel dan air mineral. Jika, kamu menggunakan 6 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya dengan 18 sdm air mineral.

 

Masih ada dua cara membuat toner cuka apel sesuai jenis kulit, yuk, lihat di bawah ini!

 

 

3. Kulit normal, langsung bilas setelah menggunakan toner

Bagi kamu yang memiliki kulit normal saat membuat toner cuka apel gunakanlah perbandingan 1:2 antara cuka apel dan air mineral. Jika, kamu menggunakan 5 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya dengan 10 sdm air mineral. Kemudian, saat menggunakan cuka apel sebaiknya langsung dibilas.

 

Baca juga: 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Diet Apel untuk Menurunkan Berat Badan

 

4. Kulit berminyak, cuka dan air harus sebanding

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, saat membuat toner cuka apel gunakanlah perbandingan 1:1 antara cuka apel dan air mineral. Misalnya kamu menggunakan 9 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya juga dengan 9 sdm air mineral.

 

Langkah-langkah menggunakan cuka apel ialah bersihkan wajah dengan pembersih, lalu keringkan. Celupkan kapas ke dalam cuka apel yang sudah dilarutkan, peras sisa air yang berlebih lalu usapkan pada wajah. Hindari area mata untuk mencegah iritasi. Saat menggunakan cuka apel, mungkin kulit kamu akan terasa seperti sedikit terbakar. Setelah pemakaian, wajahmu akan langsung terlihat bersih.

 

Baca juga: 11 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan & Kecantikan

Perlu kamu ingat bahwa toner cuka apel dapat membuat kulit menjadi kering. Maka dari itu, setelah mengaplikasikan toner pada wajah lanjutkan dengan mengoleskan pelembap. Gunakan toner cuka sekali atau dua kali dalam seminggu.

 

Apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat toner cuka apel ini? Yuk, beli apel dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

Related Articles

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam

Bagi kamu yang sering menyantap bubur kacang hijau, pasti juga sudah akrab dengan bubur ketan hitam. Bubur pelengkap kacang hijau ini...

Ini 5 Cara Memasak Beras Hitam agar Pulen dan Lembut

Saat ini, beras hitam sudah cukup populer dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Selain bagus untuk diet, beras...

Ingin Wajah Cerah? Ini 5 Cara Membuat Masker Beras yang Bisa Kamu Coba

Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang cerah dan halus. Tentunya kamu juga menginginkannya, bukan? Untuk bisa mendapatkannya,...

Post Comment