Written by at July 17, 2020
Tips & Trik

Tak Suka Minum Susu, Sajikan 4 Makanan Pengganti Susu Ini untuk Si Kecil

Di masa pertumbuhan, apalagi saat usia emasnya berlangsung, pastinya orang tua cenderung lebih selektif terhadap makanan yang dikonsumsi si kecil. Tidak hanya sehat, makanan tersebut juga harus mampu mendukung asupan tumbuh kembang otak dan fisik mereka saat ini.  Salah satu sumber makanan terbaik untuk mendukung itu semua bisa didapatkan si kecil dengan mengonsumsi susu. Apalagi, susu merupakan salah satu komponen penting dalam komposisi makanan 4 sehat 5 sempurna. Sayangnya, ada beberapa anak yang kurang menyukainya. Jika masalah itu terjadi bukan karena penyebab medis seperti alergi atau gangguan pencernaan, tentu hal tersebut bisa diatasi dengan cara menggantinya dengan produk makanan turunan dari susu itu sendiri. Nah, produk apa saja yang bisa dipilih? Berikut ini adalah empat makanan pengganti susu untuk si kecil yang tidak suka minum susu.

 

Ini makanan pengganti susu untuk anak

makanan pengganti susu
Makanan Pengganti Susu Ini untuk Anak. (Foto: Pixabay)

1. Kue dan roti dengan tambahan butter

Apabila si kecil tidak menyukai susu namun sangat suka dengan kue, maka hal itu bisa menjadi solusi alternatif. Kandungan pada susu masih tetap bisa si kecil dapatkan melalui butterCaranya yaitu dengan menambahkan butter ke dalam adonan kue tersebut. Tak hanya kue, butter juga bisa digunakan sebagai olesan roti ataupun sandwich.

 

Butter merupakan produk turunan dari cream susu atau lemak hewani. Tidak jauh berbeda dengan susu, butter juga baik sebagai sumber energi tambahan bagi si kecil. Selain itu, produk turunan susu ini juga mampu mencukupi beberapa asupan penting lainnya, seperti protein, vitamin A, dan juga lemak baik.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Susu Almond yang Mudah dan Bisa Dicoba di Rumah

 

2. Makanan dengan olahan keju

Apabila si kecil kurang menyukai susu namun tidak menolak jika diberi keju, maka ibu bisa memanfaatkan hal tersebut. Tidak jauh berbeda, keju juga bisa menjadi sumber makanan pengganti susu.

 

Meski bentuk dan rasanya berbeda, namun kandungan keju juga tidak kalah lengkapnya. Tidak perlu takut si kecil kekurangan asupan nutrisi, keju yang merupakan fermentasi dari susu ini mengandung nutrisi yang tinggi, seperti vitamin B12, kalsium, protein, dan vitamin D.

 

Keju sendiri termasuk salah satu olahan susu yang mudah dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya. Tak hanya roti dan kue, ibu pun bisa menaburkannya di atas pasta si kecil.

 

Ingin mencoba makanan pengganti susu ini untuk si kecil? Yuk, beli berbagai makanan pengganti susu di Sayurbox!

 

makanan pengganti susu

 

3. Olahan yogurt, seperti smoothies dan salad buah

Alternatif pengganti bagi si kecil yang kurang menyukai susu selanjutnya adalah yogurt. Yogurt merupakan salah satu produk turunan susu yang bisa dikonsumsi langsung ataupun dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya seperti buah, sereal, oatmeal, maupun puding.

 

Umumnya, yogurt lebih sering dikonsumsi dengan buah-buahan segar. Misalnya diolah menjadi tambahan smoothies ataupun salad buah. Yogurt juga dikenal kaya akan probiotik sehingga baik untuk menjaga sistem pencernaan si kecil.

 

Baca juga: Ini 11 Manfaat Yogurt yang Bisa Kamu Rasakan Jika Mengonsumsi Secara Rutin

 

4. Es krim dan milkshake

Meski si kecil tidak menyukai susu, bukan berarti dia akan menolak es krim. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun pasti menyukai makanan pencuci mulut yang satu ini.

 

Variasi es krim yang beragam memang bisa menutupi rasa dan tekstur dari susu itu sendiri. Berbagai varian rasa populer seperti buah-buahan, coklat, atau green tea pastinya juga disukai oleh anak-anak.

 

Tidak hanya es krim, kreasi susu lainnya seperti milkshake juga bisa dicoba. Meskipun milkshake juga menggunakan bahan dasar susu, namun rasa minuman ini tentu sudah jauh berbeda. Hal itu tidak lain karena milkshake menggunakan campuran dan topping dari bahan-bahan lainnya seperti buah, coklat, ataupun biskuit.

 

Namun, berbeda dengan produk turunan susu sebelumnya. Es krim dan milkshake yang cenderung menggunakan gula dan bahan tambahan dengan rasa manis, tentu memiliki efek buruk jika dikonsumsi berlebihan.

 

Salah satunya adalah kadar gula yang tinggi, sehingga bisa membuat berat badan anak relatif cenderung meningkat. Konsumsi minuman dingin yang berlebihan juga bisa membuat si kecil mudah terserang pilek, demam, dan gangguan pencernaan. Untuk itu, jangan terlalu sering memberikannya kepada si kecil dan hindari mengonsumsinya di malam hari.

 

Baca juga: Coba 10 Resep Olahan Yogurt yang Enak dan Sehat Ini, Yuk!

 

Nah, itulah empat makanan pengganti susu untuk si kecil yang kurang menyukai susu. Perlu diperhatikan, asupan susu sebenarnya cukup penting untuk tumbuh kembang mereka. Alternatif ini hanya sebatas sementara saja. Tetap saja, di usianya tersebut, kandungan susu murni tentu lebih baik dibandingkan produk turunannya.

 

Jika memang si kecil tidak menyukai susu karena alasan alergi atau gangguan medis lainnya, ibu bisa menggantinya dengan susu kedelai. Olahan dari kacang kedelai ini bisa memenuhi asupan kalsium si kecil hingga 240 mg di setiap 200 ml-nya.

 

Pastikan si kecil mendapat asupan kalsium yang cukup. Kurangnya kalsium bisa menjadi penyebab beberapa masalah kesehatan, misalnya osteoporosis. Jika memang si kecil ogah mengonsumsi susu hingga usianya saat ini, jangan ragu berkonsultasi langsung dengan dokter gizi.

 

Yuk, cukupi gizi dan kalsium si kecil sejak dini. Penuhi kebutuhan tersebut dengan membeli makanan-makanan yang sehat dan bergizi untuk anak di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

 

makanan pengganti susu

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Kenali Penyebab Bronkitis dan Cara yang Benar untuk Mencegahnya

Apakah kamu sering mengalami batuk berlendir yang sudah berlangsung selama lebih dari 10 hari? Jika iya, sebaiknya segera periksa kondisi...

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Vertigo dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Apakah kamu pernah merasa tiba-tiba pusing dan merasa benda di sekeliling kamu berputar, padahal sedang tidak terjadi apa-apa? Kalau kamu...

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 4 Panduan dan Cara Diet OCD yang Benar

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu dengan menjalankan program diet. Dari beberapa program...

Post Comment