Written by at July 18, 2022
Manfaat Sayur dan BuahResep

4 Manfaat Keju yang Jarang Diketahui!

Manfaat Keju

Sayurfriends termasuk penggemar keju atau bukan nih, sudah tau manfaat keju ini? Suka nggak suka, olahan susu yang udah mendunia ini beneran ada di mana-mana. Mulai dari mie instan, roti, pizza, sampai seblak juga ada yang pakai keju!

Karena terbuat dari susu sapi yang merupakan sumber kalsium, Sayurfriends mungkin udah bisa menebak beberapa manfaat dari keju. Yup! Keju bisa mencegah osteoporosis dan gigi berlubang.

Tapi Sayurfriends tau nggak manfaat lainnya dari keju buat tubuh kita? Nah kali ini, kita bahas beberapa manfaat keju yang jarang diketahui yuk!

1. Sumber Lemak yang Baik 

Eeeeeh, jangan kabur dulu denger kata lemak! Lemak baik bantu tubuh kita merasa kenyang, sehingga Sayurfriends makan lebih sedikit. Lemak baik juga dibutuhkan untuk menyerap vitamin serta mineral yang penting. 10% dari kalori harian kita sebaiknya berasal dari lemak. Tapi kita harus selektif dengan sumber dan jenis lemak yang kita konsumsi. Jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, keju bisa membantu memenuhi kebutuhan lemak harian kita lho..

2. Bikin Kulit & Rambut Sehat

Gak cuma kaya akan kalsium, keju juga kaya akan protein, lho. Terutama jenis-jenis keju yang rendah kadar air seperti keju parmesan. Nah, Sayurfriends bisa mengkonsumsi keju sebagai salah satu sumber protein harian. Protein yang cukup akan membantu membuat kulit serta rambut jadi sehat dan kuat!

3. Jaga Otot Tetap Ramping

Selain bikin kulit & rambut sehat, mengkonsumsi protein juga bisa membantu kamu membentuk otot-otot tubuh! Keju jadi salah satu asupan protein andalan di kalangan atlit dan binaragawan lho. Mereka sudah membuktikan kalau proein whey dan kasein dalam keju (khususnya keju cottage) membantu otot mereka pulih pasca latihan & menjaganya agar tetap ramping!

4. Mengurangi Resiko Kerusakan Saraf

Salah satu kandungan yang banyak ditemukan dalam keju adalah vitamin B12. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan kelesuan, kelemahan otot dan yang paling parah, menyebabkan kerusakan saraf! Jika sistem saraf rusak, penderitanya bisa kesulitan dalam bergerak, berbicara, menelan, bernapas, atau berpikir lho. Serem ya? Nah, mengkonsumsi keju bisa jadi salah satu cara buat menghindari hal tersebut.

Bermanfaat banget kan olahan susu favorit satu ini? Sayurfriends paling suka makan hidangan keju apa nih? Yuk, coba kreasiin  & belanja aneka kejunya di Sayurbox!

 

Related Articles

Intip Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui!

Sayurfriends, siapa nih yang hobinya nyobain makanan khas daerah-daerah di Indonesia? Pasti bakal susah buat merasa bosen dengan hobi itu...

5 Ide Resep Rawon, Makanan Tradisional Khas Jawa Timur

Jika bicara tentang makanan khas Jawa Timur, salah satu yang gak boleh dilewatkan adalah rawon. Rawon yang identik dengan warna kuahnya...

5 Resep Mie Bangka, Bikin Keluarga di Rumah Ketagihan

Mie asal Bangka memiliki cita rasa khas yang membuat banyak orang terpikat. Tidak perlu membeli di luar, Sayurfriends bisa membuat menu ini...