Written by at August 20, 2019
Tips & Trik

4 Tips Membuat Salad Sayur Untuk Diet Yang Enak!

Siapa yang engga suka makan salad? Terutama salad sayur! Yang isinya dedaunan dan udah engga tempting duluan. Salad memang makan sehat, tapi bisa loh bikin Salad yang sehat tapi tetap enak! Berikut ada 4 tips membuat salad sayur untuk diet yang tetap enak pastinya.

Apa itu Salad? Salad kalau menurut kamus adalah makanan dingin yang merupakan paduan dari campuran sayuran mentah atau masak biasanya dibumbui dengan minyak, cuka, atau jenis dressing lainnya, dan biasanya Salad jadi makanan pendamping untuk daging merah, ikan atau jenis protein lainnya. (source : Oxford)

tips membuat salad
Source : Unsplash

Apa sih yang menyebabkan seseorang menyukai salad?

Pasti karena menjanjikan untuk memberikan asupan makanan sehat dan mengenyangkan. Tapi engga sedikit juga yang menghindari salad sayur karena rasanya yang kurang enak dan bahan-bahan salad yang kurang menggoda.

Nah, kalau udah tau 4 tips membuat salad sayur berikut, udah tinggal bikin resep salad sayur sendiri yang enak dan sesuai selera sendiri. Yang penting 4 hal dasar ini harus kalian kuasai dulu.

Perhatikan Sayur Yang Kalian Gunakan

tips membuat salad
Source : Unsplash

Ada tips yang paling dasar adalah selalu mencampurkan aneka jenis sayuran di menu salad kalian, seperti Kale, Bayam baby, Lolo Rossa, sampai soft herbs seperti basil, daun ketumbar. Jenis sayuran yang beraneka akan memberikan rasa yang beragam dan tidak plain. Lain halnya kalau menggunakan iceburg lettuce akan memberikan rasa plain dan seperti air, karena iceburg yang tinggi kadar airnya. Jadi kalau ingin mendapatkan aneka rasa dan tekstur yang kuat pastikan gunakan aneka sayuran ya.

Perhatikan Potongan Sayur

tips membuat salad
Source : Unsplash

Pasti langsung menolak kalau dikasih salad dengan potongan sayur yang super besar? Yup, salad dengan potongan sayur yang besar bisa menjadi boomerang, karena lebih mengeluarkan rasa sayurnya, untuk yang kurang menyukai sayur pasti langsung menolak. Ada baiknya potong sayuran dengan potongan yang kecil dan wajar. Pastikan sayurnya tidak mengintimidasi si penikmat salad. Hal ini juga mempermudah dressing untuk memperkuat rasa sayurnya loh.

Sayurnya Harus Kering Sempurna Ya

tips membuat salad
Source : Unsplash

Hal yang paling krusial harus dilakukan selanjutnya adalah memastikan sayurnya kering sempurna. Mungkin terlihat sepele tapi sangat berpengaruh pada rasa saladnya nanti loh. Sayuran yang kering akan sempurna menyerap dressingnya, sayuran yang masih ada airnya akan susah menyerap dressing dan menyebabkan rasa sayurannya menjadi aneh dan kurang enak. Tipsnya adalah gunakan salad spinner untuk mengeringkan sayurannya ya!

Jangan Pakai Dressing Berlebihan

tips membuat salad
Source : Pexels

Jangan merasa rasa salad akan enak dengan menambahkan dressing yang banyak. Salah besar! A little goes a long way. Dressing yang berlebihan justru akan merubah rasa saladnya, hal ini juga berpengaruh bagi komposisi dressing yang dipakai. Secara umum dressing mengandung 3 bagian minyak zaitun dan 1 bagian asam (cuka atau perasan lemon), asam yang berlebihan akan menyebabkan sayuran yang berubah teksturnya dan juga rasanya. Kalau sudah memahami 3:1 maka tinggal menyesuaikan dressing sesuai selera dengan menambahkan aneka saus lainnya.

tips membuat salad
Source : Pexels

Pada dasarnya salad mengandung sayuran, protein dari kacang-kacangan, buah-buahan (buah segar atau kering), ataupun keju-keju. Apapun isi saladnya akan terasa enak jika memahami 4 tips membuat salad sayur diatas. Karena akan lebih gampang dikreasikan dan tetap memberikan rasa yang enak dan #ANTIGAGAL

Kalau kamu bukan teman salad sebelumnya, ada baiknya cobain dulu tips membuat salad berikut yang bisa kamu terapkan untuk membuat salad enak kreasi kamu sendiri!

Selamat mencoba.

Related Articles

Perbedaan Jamur Kuping, Jamur Tiram & Jamur Kancing

Sebenarnya Jamur banyak jenis dan macamnya, tapi jamur yang bisa dimakan banyak ditemukan di pasar dan ada beberapa yang cukup terkenal....

Makanan Untuk Penambah Darah

Kenapa penting mengetahui makanan untuk menambah darah? Tau ngga Anemia adalah sakit yang sering terjadi, setidaknya 6% orang di Amerika...

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tingkat Gula Darah

Selama ini kita hanya cukup mengenal Diabetes, penyakit yang cukup menakutkan dan wajib diwaspadai. Padahal yang menyebabkan Diabetes...

Post Comment