Written by at May 16, 2018
Tips & Trick

5 Buah Ini yang Baik Dikonsumsi Saat Bulan Puasa

 

Sayurfriends, sudah berapa persen persiapan kamu untuk menyambut bulan ramadhan?

 Saat berpuasa, waktu makan kamu terbatas. Kamu hanya bisa makan di waktu sahur dan berbuka. Karena itu asupan yang masuk ke tubuhmu juga jadi terbatas. Untuk menjaga agar tubuh kamu tetap sehat dan fit, kamu sebaiknya mengonsumsi buah-buahan ini selama bulan puasa. Tak hanya makanan, buah yang bergizi juga penting dikonsumsi ketika puasa, lho. Banyaknya vitamin yang terkandung membuat buah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika puasa. Tapi, perlu diingat, konsumsilah buah yang penuh gizi, ya.  

Untuk itulah, berikut sayurbox paparkan lima buah yang baik untuk dikonsumsi ketika puasa:

1. Blewah 


Blewah memiliki kandungan kalium yang sangat baik bagi tubuh. Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko serangan stroke, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Selain itu, blewah juga kaya akan gula dari mo-nosakrida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air.  

2. Mangga

Selain air, karbohidrat, dan serat, mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan macam-macam asam, tanin, zat warna, dan zat volatil. Karbohidrat daging buah mangga terdiri atas gula sederhana (sukrosa, glukosa, fruktosa), pati, dan selulosa. Gula berperan dalam memberikan rasa manis dan penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.
  

3. Apel 



Apel mengandung gizi yang sangat tinggi, terutama vitamin dan mineral. Sama seperti pir, apel juga dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif. Konsumsilah satu apel setiap harinya untuk membuat kulit tetap halus dan tubuh menjadi langsing.
  

4. Pepaya 



Selain murah, pepaya juga menjadi buah yang sangat menyehatkan. Umumnya, pepaya matang menandung betakaroten, beta-cryptoxanthin, serta lutein dan zeaksantin. Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas. Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang paling menonjol dalam pepaya. Satu potong pepaya ukuran 140 gram juga menyumbang vitamin C sebesar 150% dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta 10% serat. 
 

5. Kurma 



Kurma sangat kaya akan kandungan gula yang berbentuk glukosa dan fruktosa. Kandungan-kandungan gula ini sangat bermanfaat untuk menambah pasokan energi bagi tubuh. Jaringan-jaringan penting dalam tubuh, seperti sel-sel otak, sel tulang belakang, sel darah merah, dan sel-sel saraf membutukan asupan energi yang banyak agar bisa kembali bekerja dengan maksimal. Makanya, kurma sangat baik konsumsi di bulan puasa, khususnya pada saat berbuka puasa. 
 

Kesehatan yang terjaga baik merupakan modal bagi kamu untuk menjalani puasa dengan baik. Tapi nggak hanya saat bulan puasa, mengkonsumsi buah juga penting kamu lakukan setiap saat untuk menjaga kesehatan, untuk melihat ada buat apa saja yang tersedia di sayurbox bisa cek di sini!  

Related Articles

3 Cara Menjaga Energi tetap Fit di Kantor

Kalau sudah ketemu senin rasanya malas beraktifitas, biasanya kalau malas beraktifitas mood seharian di tempat kerja jadi terganggu, malah...

4 Tips Membuat Salad Sayur Untuk Diet Yang Enak!

Siapa yang engga suka makan salad? Terutama salad sayur! Yang isinya dedaunan dan udah engga tempting duluan. Salad memang makan sehat,...

Makanan Yang Paling Cocok Selama PMS

Hai perempuan yang tiap bulan pasti dihantui PMS (Pra Mensturasi), penyakit bukan tapi bikin sakit. Kalau tiap bulan dihantui terus, pasti...

Post Comment