Written by at March 22, 2020
Tips & Trik

Jangan Tunggu Sakit, Ini 5 Buah untuk Kesehatan Gigi yang Terbaik

Ketika kamumenyikat dan membersihkan gigi secara teratur, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan gigi. Kamu juga akan dapat menghilangkan gula dan partikel makanan sebanyak mungkin yang mungkin terakumulasi dengan bakteri yang mampu membentuk plak. Pembentukan plak harus dicegah karena menghasilkan asam yang merusak enamel gigi. Rongga adalah hasil dari kerusakan itu dan mereka meletakkan dasar untuk penyakit periodontal. Ketika berbicara tentang kesehatan gigi kita, kita juga berbicara tentang apa yang kamu makan! Makanan manis dan minuman seperti soda dan permen adalah penyumbang utama kerusakan gigi. Telah terbukti bahwa salah satu area pertama yang menurun ketika kamu melakukan diet yang buruk adalah kesehatan mulut. Maka, penting bagi kamu untuk mengonsumsi daftar buah-buahan berikut ini untuk meningkatkan pola makan dan kesehatan gigi kamu. Yuk, simak 5 buah untuk kesehatan gigi terbaik di sini.

 

Begini cara agar gigi dan gusi tetap sehat

buah untuk kesehatan gigi
Buah untuk Kesehatan Gigi yang Terbaik yang Wajib Kamu Konsumsi. (Foto: Pixabay)

Gigi dan gusi adalah bagian dari tubuh kamu, dan seperti setiap bagian lainnya, membutuhkan nutrisi yang baik untuk berfungsi dengan baik. Nutrisi spesifik paling bermanfaat untuk berbagai bagian tubuh, jadi mari lihat elemen mana yang paling penting untuk kesehatan gigi dan gusi. 

 

  • Makanan kaya kalsium dan fosfor

Enamel gigi adalah mineral. Makanan dan minuman asam yang berbeda dapat menyebabkan erosi enamel, jadi untuk membuat gigi Anda kuat kembali, Anda perlu mengembalikan beberapa mineral dan mencoba mengembalikan apa yang hilang. Pahlawan utama di sini adalah kalsium dan fosfor. Unsur-unsur ini adalah bahan pembangun enamel dan mengonsumsi makanan yang kaya akan unsur-unsur tersebut merupakan keharusan jika Anda ingin menjaga gigi Anda kuat dan sehat.

 

  • Makanan keras, renyah, tinggi air

Makanan keras, renyah yang mengandung banyak air bagus untuk gigi kamu lebih dari satu hal. Pertama, mengunyah menghasilkan lebih banyak air liur, yang merupakan penetral bakteri alami terbaik yang menyebabkan gigi berlubang. Kedua, tekstur makanan ini juga membuat mereka abrasif secara alami, sehingga mereka menggosok dan membersihkan permukaan gigi dengan lembut, menghilangkan plak dan partikel makanan. Itu harus buah dan sayuran mentah, jadi ini bukan alasan untuk mengunyah keripik dan kerupuk.

 

  • Makanan yang kaya vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan kamu secara keseluruhan, tetapi sangat penting jika kamu menginginkan gigi yang sehat juga. Alasan utamanya adalah membantu tubuh kamu menyerap kalsium dengan lebih baik.

 

  • Makanan yang kaya vitamin C

Vitamin C sangat kuat! Ini dapat memperkuat pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu gusi tetap sehat. Vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen, protein utama yang membantu kamu melawan penyakit periodontal. Tanpa Vitamin C, gusi kamu menjadi sensitif dan lebih rentan terhadap bakteri penyebab penyakit periodontal.

 

  • Makanan kaya antioksidan

Antioksidan melawan bakteri yang menyebabkan peradangan dan penyakit periodontal. Mereka membantu melindungi gusi dan jaringan lain dari kerusakan sel dan infeksi bakteri.

 

Baca juga: Cegah Penularan Virus, Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

  • Makanan yang mengandung probiotik

Ketika berbicara tentang bakteri dalam tubuh kamu, ada banyak bakteri baik dan buruk. Probiotik adalah beberapa yang terbaik. Diperlukan lebih banyak penelitian di sini, tetapi sudah ada beberapa bukti bahwa probiotik dapat membantu mengurangi plak dan mempromosikan gusi yang sehat.

 

  • Makanan yang kaya akan antosianin, arginin, dan polifenol

Antosianin (yang dapat mencegah perlekatan plak pada gigi dan melawan kanker mulut), arginin (asam amino penting yang dapat mengganggu pembentukan plak dan mengurangi kemungkinan gigi berlubang) dan polifenol (yang dapat memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan plak, mencegah penyakit gusi, gigi berlubang, dan bau mulut).

 

Ingin mencoba buah untuk kesehatan gigi? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah-buahan berkualitas hanya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

buah untuk kesehatan gigi

 

Ini buah untuk kesehatan gigi yang terbaik

1. Apel

Semua orang tahu bahwa mereka harus mengurangi asupan makanan manis, tetapi untuk buah apel, ini merupakan pengecualian. Walaupun buah ini manis, apel tinggi serat dan air dan mereka membantu meningkatkan produksi air liur di mulut kamu. Dengan manfaat luar biasa ini, kamu akan dapat membilas partikel makanan dan bakteri. Selain itu, tekstur serat apel membantu menstimulasi gusi dan dapat membuat kamu gusar sampai kamu menyikatnya lagi. Cobalah memasukkan seluruh apel atau beberapa irisan dalam pola makan kamu setiap hari.

 

2. Cranberry

Cranberry diketahui mengandung polifenol (seperti halnya teh) dan ini membantu menjaga plak menempel pada gigi kamu, menurunkan risiko gigi berlubang dalam prosesnya. Namun, kamu harus memastikan bahwa cranberry yang kamu konsumsi adalah cranberry organik ,karena banyak produk cranberry telah ditambahkan gula. 

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

 

3. Jeruk

Buah jeruk sangat terkenal sebagai sumber vitamin C yang kaya dan nutrisi lainnya, baik untuk tubuh dalam banyak hal, tetapi tidak untuk gigi kamu. Vitamin C dalam jeruk memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat dan memperlambat perkembangan penyakit gusi dengan mengurangi peradangan.

 

Jeruk bali dan lemon, khususnya, sangat asam dan dapat mengikis enamel gigi dari waktu ke waktu, jadi hindari jenis jeruk ini. Dalam sebuah penelitian tahun 2008 yang melibatkan merendam gigi yang ditarik dalam berbagai jus jeruk, keduanya menyebabkan kerusakan paling besar. Jus jeruk yang menyebabkan paling sedikit, dengan kalsium dan vitamin D yang tinggi. Ingat untuk menunggu setidaknya setengah jam sebelum menyikat gigi setelah kamu makan buah jeruk.

 

4. Stroberi

Jika kamu ingin gigi sempurna, kamu harus mengonsumsi stroberi! Stroberi dikemas dengan Vitamin C dan antioksidan. Selain itu, jenis beri musim panas ini mengandung asam malat, pemutih enamel alami. Tampaknya asam malat dalam stroberi adalah zat yang menghilangkan perubahan warna permukaan pada gigi. Ikuti cara ini bila kamu ingin membuat perawatan pemutih di rumah sendiri. Hancurkan stroberi menjadi bubur, campur dengan baking soda, dan sikatkan di gigi kamu menggunakan sikat gigi yang lembut. Lima menit kemudian, bersihkan, bilas dan voila: senyum yang lebih putih.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

5. Kiwi

Kulit coklat di luar dan daging buah hijau terang di dalamnya, kiwi mengandung serat dan kalsium, keduanya diketahui bermanfaat bagi kesehatan gigi kamu. Kiwi juga mengandung vitamin C, yang memperkuat gusi kamu dan membantu melindungi terhadap peradangan gusi, yang disebut gingivitis. Buah yang menyegarkan seperti kiwi bisa menjadi cara yang sehat dan memuaskan untuk menendang keinginan kamu untuk permen manis atau camilan yang merusak gigi. 

 

Meskipun semua buah-buahan di atas, memang mengandung gula alami, mereka juga menawarkan nutrisi yang disebutkan di atas, menjadikannya pilihan yang jauh lebih pintar daripada kue atau permen yang telah dikemas. Namun, makan makanan yang penuh dengan buah-buahan segar dan sayuran tidak berarti kamu bebas dari masalah kebersihan mulut! Tidak masalah pola makan kamu, yang terpenting untuk menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit setiap kali dan untuk membersihkan gigi dengan benang gigi setidaknya satu kali sehari.

 

Kini kamu mengetahui 5 buah untuk kesehatan gigi terbaik. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah-buahan berkualitas hanya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

buah untuk kesehatan gigi

Related Articles

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

Jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Rasa jeruk yang segar dan kaya akan vitamin C adalah alasan...

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi....

Post Comment