Written by at February 05, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

5 Cara Bikin Kue Bolu Kukus Vegan Tanpa Telur dan Susu

Kue bolu adalah salah satu camilan favorit yang disukai oleh banyak orang. Tekstur kue bolu yang lembut dan rasanya yang manis sudah pasti menggugah selera. Biasanya kue bolu dibuat dengan campuran telur dan susu. Namun, jika kamu menganut gaya hidup vegan, dua bahan tersebut pasti harus dihindari. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, meski memiliki gaya hidup vegan kamu tetap bisa menikmati lezatnya bolu kukus sambil minum secangkir kopi. Bahkan kamu bisa membuat sendiri bolu kukus vegan ini di rumah, karena bahan-bahannya cukup mudah ditemukan dan cara membuatnya pun cenderung mudah untuk dipraktikkan. Bagi kamu yang ingin mencobanya langsung di rumah, yuk, simak ini 5 cara bikin kue bolu kukus vegan tanpa telur dan susu.

 

Ini cara bikin kue bolu kukus vegan

cara bikin kue bolu kukus vegan
Adonan bolu kukus vegan tanpa telur dan susu. (Foto: Pixabay)

1. Siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan

Untuk membuat kue bolu kukus vegan tentu langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Kue bolu kukus vegan menggunakan bahan-bahan yang tidak jauh berbeda dari kue bolu pada umumnya. Namun, yang membedakan tentu kamu tidak perlu menggunakan telur dan susu sebagai bahan campurannya. Selain itu, kamu juga bisa pilih tepung yang bebas gluten agar lebih sehat. Ini bahan-bahan yang kambu butuhkan untuk bikin kue bolu kukus vegan:

– 100 gram terigu

– 100 gram gula pasir

– 80 gram air

– 4 sdm non diary creamer

– 1/2 sdt SP

– 1/2 sdt BP

– 1 sdt pasta pandan

– 1 sdm cokelat bubuk

 

2. Campur semua bahan dan kocok menggunakan mixer

Cara bikin kue bolu kukus vegan selanjutnya adalah mencampur semua bahan kecuali pasta pandan dan cokelat bubuk. Masukan semua bahan yang telah kamu siapkan ke dalam wadah yang cukup besar. Setelah itu kocok menggunakan mixer.

 

Agar adonan kue bolu kukus kamu semakin mengembang dan sempurna, sebaiknya kocok adonan dengan kecepatan tinggi. Lakukan proses ini selama kurang lebih 15 menit hingga adonan mengental.

 

Baca juga: 3 Cara Mudah Membuat Sajian dari Cokelat Vegan di Rumah

3. Bagi adonan menjadi dua

Selanjutnya saat adonan sudah mulai mengental, bagi adonan menjadi dua bagian. Pemisahan dua adonan ini dilakukan untuk membuat dua rasa yang berbeda. Pada resep kali ini penambah rasa yang digunakan yaitu pasta pandan dan cokelat bubuk. Namun, kamu saat membuatnya di rumah kamu bisa menyesuaikan penambah rasa sesuai dengan seleramu.

 

Campurkan pasta pandan dan cokelat bubuk pada masing-masing adonan yang telah dipisahkan. Setelah itu, aduk adonan dengan perasa hingga tercampur sempurna. Saat sudah tercampur kedua adonan ini akan memiliki warna yang berbeda, sehingga ketika dikukus hasil warnanya akan menjadi lebih menarik.

 

Ingin mecoba cara bikin kue bolu kukus vegan tanpa telur dan susu ini? Yuk, beli tepung gluten-free dan bahan-bahan lain yang kamu perlukan di Sayurbox!

cara membuat es krim buah

 

4. Masukkan adonan ke dalam cetakan

Cara bikin kue bolu kukus vegan selanjutnya adalah memasukkan adonan ke dalam cetakan. Ada dua jenis cetakan uang bisa kamu gunekan untuk membuat bolu kukus. Pertama adalah loyang bulat besar atau cetakan berupa cup kecil. Jika kamu menggunakan loyang bulat yang besar, lapisi dahulu menggunakan kertas roti atau baking paper sebelum memasukan adonan ke dalam loyang. Namun, jika kamu menggunakan cetakan dengan bentuk cup kecil, kamu bisa melapisinya dengan paper cup. Loyang yang dilapisi baking paper ini bertujuan agar adonan tidak menempel diloyang sehingga sulit dikeluarkan.

 

Baca juga: Selain Mencegah Depresi, Ini 11 Manfaat Dark Cokelat yang Bisa Kamu Coba

 

5. Kukus adonan hingga mengembang dan matang

Terakhir, cara bikin kue bolu kukus vegan yang harus kamu lakukan yaitu mengukus adonan. Sebelum memasukkan adonan ke dalam dandang, pastikan kukusan sudah benar-benar panas dan beruap banyak. Selanjutnya masukkan adonan ke dalam kukusan.

 

Kemudian tutup kukusan dengan kain bersih dan tutup mengunakan penuyup panci. Kukus adonan selama kurang lebih 15 menit hingga adonan mengembang dan matang. Jangan buka kukusan sebelum waktu yang ditentukan agar adonan tidak bantet.

Baca juga: Camilan Sehat dan Enak, Ini 5 Cara Membuat Granola Bar Sendiri di Rumah

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara bikin kue bolu kukus vegan tanpa telor dan susu ini? Yuk, beli tepung gluten-free dan bahan-bahan lain yang kamu perlukan di Sayurbox!

 

cara membuat es krim buah

Related Articles

10 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk unik ini? Rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia....

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Post Comment