Written by at February 11, 2021
Resep

Agar Lebih Nikmat, ini 5 Cara Memasak Jengkol yang Benar

Jengkol merupakan bahan makanan yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, citarasa jengkol tak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Bagaimana tidak, jengkol memiliki aroma khasnya yang membuat jengkol dengan mudah dapat dikenali. Terutama di kalangan masyarakat Jakarta, jengkol merupakan sajian yang familiar. Jengkol dapat kamu oleh menjadi berbagai hidangan seperti semur, gulai, ceos, bahkan kamu dapat mengolahnya menjadi sambal goreng jengkol lho. Namun, jika cara kamu salah dalam mengolah jengkol, rasanya akan menjadi sangat pahit. Maka dari itu, yuk simak agar lebih nikmat, ini 5 cara memasak jengkol yang benar di bawah ini.

Ini cara memasak jengkol yang benar

Cara Memasak Jengkol
Cara Memasak Jengkol yang Benar dan Lebih Nikmat. (Foto: Instagram / hanhanny)

1. Memilih Jengkol yang Benar

cara mengolah jengkol
Pilih jengkol yang sesuai untuk mendapatkan rasa yang enak (Foto: Tribun News)

Kualitas bahan makanan apapun sangat mempengaruhi citarasanya. Kamu harus memilih jengkol yang tepat agar dapat diolah menjadi makanan yang nikmat. Nah, untuk itu pilihlah jengkol tua untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat, karena jengkol tua itu legit dan lebih mudah empuk. Namun, perhatikan baik-baik ya kualitas jengkol tua tersebut, jangan sampai salah memilih dan malah memilih jengkol yang busuk. Perhatikan pula di kedua sisinya, jengkol tersebut sudah berlubang atau belum.

Ciri-ciri jengkol tua adalah sudah meletek, kulit arinya keras, dan berwarna cokelat tua. Ini sangat cocok untuk kamu olah menjadi hidangan yang sudah disebutkan di atas. Sedangkan, untuk jengkol muda biasanya diolah menjadi lalapan dan dihidangkan bersama dengan sambal.

2. Rendam Jengkol Sebelum Diolah

cara mengolah jengkol
merendam jengkol sebelum diolah (Foto: Suara)

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa jengkol memiliki bau yang khas, yang bagi sebagian orang dianggap tidak harum atau memiliki bau yang tidak sedap. Namun, masih banyak orang yang mengkonsumsi jengkol, bukan karena mereka tak memperdulikan kenyataan tersebut. Tetapi, karena ada cara untuk mengurangi bau jengkol yaitu dengan cara merendamnya.

Cara ini dilakukan untuk menetralisir racun di dalamnya. Rendamlah jengkol dalam air selama 6-12 jam. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan air es atau air dingin. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan air kapur sirih. Tak perlu khawatir, cara ini tidak akan membuat rasa jengkol berubah, kok.

Baca juga: 6 Cara Mengolah Ikan Kuro yang Lezat dan Mudah Dimasak

3. Kupas Bersih Jengkol

cara mengolah jengkol
Foto: Haibunda

Setelah kamu merendam jengkol tersebut, jangan lupa untuk membersihkan jengkol. Pastikan selaput pada jengkol sudah dibuang. Kalau kamu mengupas jengkol dengan tidak bersih, rasanya bisa berubah dan ada sensasi pahit yang tertinggal. 

Ingin mencoba cara memasak jengkol ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli jengkol berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

cara memasak jengkol

4. Rebus Jengkol dengan Bahan-bahan Alami

cara mengolah jengkol
Foto: viva.co.id

Kalau kamu masih mencium adanya bau yang menyengat, kamu bisa menghilangkannya dengan cara merebus jengkol. Tambahkan bahan-bahan alami ke dalam air rebusan, seperti daun salam, daun jeruk purut, atau jambu biji.

Caranya, iris daun jeruk purut, kemudian masukkan pada rebusan jengkol. Bau menyengat hilang, mengakibatkan jengkol bisa lebih cepat empuk dan legit. Kalau sudah, buang air bekas rebusannya, supaya kandungan racunnya hilang.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

5. Teknik Merebus Jengkol

cara mengolah jengkol
Foto: Halodoc

Saat merebus jengkol untuk menghilangkan baunya, usahakan jangan terlalu matang. Hal tersebut untuk mencegah jengkol cepat hancur ketika kamu masak. Memipihkan jengkol sebelum dimasak membuat bumbu bisa cepat meresap ke dalam. Setelah selesai direbus, geprek jengkol satu persatu. 

Jengkol yang tua akan makin legit setelah digeprek. Menggeprek jengkol bisa kamu lakukan di atas cobek. Geprek secukupnya sampai jengkol agak memar dan merekah. Kalau sudah digeprek, jengkol akan lebih mudah menyerap bumbu lho. Kalau sudah, kamu tinggal mengolah jengkol sesuai selera.

Baca juga: 6 Cara Mengolah Ikan Kuro yang Lezat dan Mudah Dimasak

Oh iya, lima cara di atas tidak serta-merta membuat bau jengkol hilang sepenuhnya. Tetap saja akan ada bau pada mulut setelah mengonsumsinya. Kamu dapat mengatasinya dengan cara, meminum kopi pahit tanpa gula. Aroma kopi dapat membuat bau jengkol pada mulut hilang.

Jika ingin langsung mencoba 5 cara memasak jengkol ini, kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli jengkol berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

cara memasak jengkol

Related Articles

5 Resep Masakan Daun Dill ala Rumahan yang Enak dan Sehat

Pernah mendengar tentang daun dill? Daun dill mungkin kurang populer di Indonesia, tapi tanaman yang satu ini sudah sangat sering digunakan...

15 Resep Daun Singkong yang Enak, Sehat, dan Mudah Dimasak

Meski sederhana, namun tidak lengkap rasanya jika menikmati sambal tanpa adanya lalapan. Begitu juga ketika kamu menikmati nasi Padang....

Ini 5 Resep Teh Bunga Telang yang Menyehatkan Tubuh

Bunga telang semakin populer karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bunga telang memiliki senyawa bioaktif yang membuatnya bisa...

Post Comment