Written by at July 28, 2020
Resep

Agar Praktis Saat Masak, Ini 5 Cara Membuat Kunyit Bubuk Sendiri di Rumah

Kunyit memang dikenal sebagai rempah serbaguna. Selain untuk kebutuhan memasak, rempah yang satu ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar minuman tradisional. Bahkan, tidak jarang juga diolah sebagai masker untuk mempercantik wajah. Apapun tujuannya, tentu akan lebih mudah jika kamu mengolahnya menjadi bubuk terlebih dahulu, sehingga saat kamu akan menggunakannya, entah untuk memasak ataupun sebagai campuran minuman dan masker wajah, kamu bisa menggunakannya secara langsung tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Tentu saja cara ini akan membuat kamu lebih praktis saat memasak nanti. Nah, bagaimana cara membuat kunyit bubuk? Caranya tidak sulit, kok. Langsung saja, agar praktis saat memasak, berikut ini adalah lima cara membuat kunyit bubuk sendiri di rumah.

 

Ini cara membuat kunyit bubuk di rumah

Cara membuat kunyit bubuk
Cara membuat kunyit bubuk di rumah. (Foto: Pixabay)

Ada beberapa langkah untuk membuat kunyit bubuk. Namun, kamu tidak bisa langsung menggunakannya saat itu juga. Karena, proses ini membutuhkan waktu pengeringan. Bahkan, bisa memakan waktu hingga beberapa hari lamanya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

 

1. Persiapkan bahan

Bahan utama yang harus kamu persiapkan adalah 1/2 kg kunyit. Adapun beberapa peralatan lainnya, di antaranya yaitu wadah atau baskom untuk mencuci, nampan untuk menjemur, alat menumbuk atau blender, dan toples wadah kedap udara.

 

2. Bersihkan kunyit

Setelah bahan dipersiapkan, kamu bisa membersihkan kunyit dari tanah dan kotoran yang menempel di permukaan kulitnya. Bersihkan dengan air sembari digosok dengan tangan. Pastikan kunyit telah tercuci dengan bersih.

 

3. Jemur di bawah sinar matahari langsung

Setelah bersih, iris tipis kunyit dan letakkan di dalam nampan. Lalu, jemur di bawah sinar matahari langsung. Pastikan kunyit terkena sinar matahari. Umumnya, waktu yang dibutuhkan agar kunyit benar-benar mengering bisa memakan waktu berhari-hari.

 

Baca juga: Ini 10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

 

4. Sangrai dan tumbuk halus

Apabila kunyit telah kering sempurna, lanjutkan dengan menyangrainya. Setelah itu, tumbuk halus hingga menjadi butiran bubuk. Ayak dan tumbuk kembali hingga benar-benar halus. Kamu juga bisa menggunakan blender untuk mempermudah proses penghalusan.

 

5. Simpan di wadah kedap udara

Setelah halus, kunyit bubuk pun bisa langsung digunakan. Untuk kebutuhan bumbu dan pewarna makanan, sebaiknya simpan pada wadah atau toples kedap udara di dapur.

 

Ingin mencoba cara membuat kunyit bubuk ini di rumah? Kamu bisa membeli kunyit segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

cara membuat kunyit bubuk

 

Manfaat kunyit bubuk untuk kesehatan

Bagaimana, mudah bukan membuatnya? Mungkin kamu akan bertanya, kira-kira apa saja sih manfaat kunyit bubuk khususnya bagi kesehatan? Sama seperti rempah-rempah lainnya, kunyit juga memiliki segudang manfaat. Sayangnya, tidak banyak yang tahu tentang manfaat rempah yang satu ini. Kira-kira, apa sajakah itu? Berikut ini adalah lima manfaat kunyit bagi kesehatan.

 

1. Mengatasi radang tenggorokan

Bagi kamu yang mengalami masalah peradangan di area tenggorokan, kunyit bisa menjadi solusi herbal. Kandungan di dalamnya, yaitu zat kurkumin, dikenal ampuh sebagai zat antiradang. Sebagai perbandingan saja, satu sendok kunyit yang masih segar ataupun sudah diolah menjadi bubuk, kurang lebih memiliki 200 miligram kurkumin di dalamnya.

 

2. Meringankan sakit maag

Banyak ramuan herbal alami yang dibuat dari bahan dasar kunyit. Bahkan, jenis rempah ini juga sudah dipercaya untuk mengatasi masalah pencernaan seperti maag sejak dahulu kala.

 

Hal ini tidak lain karena kandungan kurkumin di dalamnya yang juga dikenal ampuh mengobati rasa nyeri akibat maag. Di sisi lain, zat tersebut juga berfungsi mengontrol produksi asam lambung pada tubuh seseorang.

 

Baca juga: Mencerahkan Wajah Dengan Masker Kunyit

 

3. Mengatasi perut kembung

Menyambung masalah sebelumnya, produksi asam lambung yang berlebih kerap menjadi penyebab perut kembung. Untuk membantu mengontrolnya, kamu bisa mengonsumsi seduhan bubuk kunyit. Niscaya, perut yang kembung akan mereda.

 

4. Mengurangi rasa sakit dan diare akibat IBS

IBS atau Irritable Bawel Syndrome adalah penyakit yang diakibatkan peradangan usus besar. Masalah ini membuat penderitanya mengalami beberapa masalah seperti sakit dan kram perut, diare atau konstipasi, hingga masalah perut kembung.

 

Tingginya kandungan zat antioksidan dan antiradang, membuat kunyit sangat efektif membantu melancarkan dan merilekskan otot di daerah pencernaan.

 

5. Menghilangkan rasa mual di perut

Masuk angin dan gangguan pencernaan kerap membuat perut penderitanya terasa mual. Tidak perlu bingung, kamu bisa memanfaatkan seduhan kunyit bubuk untuk meminimalisir hal itu. Agar hasil lebih maksimal, tambahkan bubuk lada hitam untuk memberi efek rasa hangat. Bisa juga gunakan jahe dan madu sebagai tambahannya.

 

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

 

Nah, itulah lima cara membuat kunyit bubuk sendiri di rumah dan beberapa manfaatnya. Penggunaan kunyit bubuk saat memasak, tentu tidak hanya praktis namun juga bisa menghemat waktu kamu dalam memasak. Agar kunyit bubuk lebih tahan lama, ada dua hal yang harus kamu perhatikan. Pertama adalah proses penjemuran, yang kedua adalah proses penyimpanan.

 

Maka, pastikan saat proses penjemuran berlangsung, kunyit benar-benar telah kering sempurna. Saat proses penyimpanannya pun, pastikan wadah atau toples yang digunakan kedap udara. Mudah, bukan? Jika kamu ingin mencoba membuat kunyit bubuk sendiri di rumah, kamu bisa membeli bahan-bahan yang kamu butuhkan seperti kunyit di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

cara membuat kunyit bubuk

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Coba Yuk, 7 Cara Membuat Rendang yang Empuk dan Enak

Rasa gurih dan pedas dari daging yang empuk, mengantar rendang menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang paling lezat dan terkenal...

Bosan Makan Nasi Putih? Coba 7 Cara Membuat Nasi Kuning Ini di Rumah

Sedang bosan makan nasi putih? Mungkin nasi kuning bisa menjadi alternatifnya. Rasanya yang gurih dan aromanya yang harum dapat membuat...

Ini 10 Resep Ayam Bakar yang Enak Seperti di Restoran

Ayam adalah salah satu bahan makanan yang mudah dikreasikan menjadi olahan masakan apapun. Salah satunya yaitu ayam bakar yang menjadi...

Post Comment