Written by at November 28, 2022
Resep

5 Cara Membuat Lontong Pulen, Enak, dan Super Gampang

Siapa gak kenal lontong? Makanan yang satu ini identik banget sama menu khas Indonesia. Banyak banget menu tradisional Indonesia yang biasanya dijodohkan dengan lontong. Mulai dari opor, sate ayam, lotek, ketoprak, dan masih banyak lagi. Buat Sayurfriens yang bosan makan nasi terus dan mau cobain beragam menu pakai lontong, gampang kok! Yuk simak 5 cara membuat lontong super simple berikut ini!

cara membuat lontong

Resep Lontong

Makanan yang satu ini biasanya jadi pengganti nasi. Sama-sama dari beras tapi lontong dibuat lebih padat dan teksturnya juga beda. Lontong juga biasanya bikin kenyang lebih lama soalnya tekstur dia padat banget jadi gak kerasa pas dimakan. Gak perlu beli, gampang kok bikin lontong sendiri. Ini dia 5 resep lontong yang gampang banget buat dicoba di rumah.

1. Lontong Daun Pisang

Kebanyakan lontong itu memang dibuat pakai daun pisang. Daun pisang ini yang bikin rasa lontong jadi lebih nikmat dan khas. Catat apa aja bahan-bahan dan bagaimana cara bikin lontong pakai daun pisang.

Bahan-bahan:

  • 1/2 liter beras
  • 1 lembar daun pisang, cuci dulu terus dikeringkan
  • Air secukupnya
  • 10 buah tusuk lidi

Cara membuat:

  • Cuci dulu beras yang mau dibikin lontong.
  • Siapkan daun pisang, jemur, terus dilap sampai bersih.
  • Potong daun pisang jadi bentuk segiempat.
  • Ambil selembar daun pisang terus gulung sampai bentuknya seperti cerobong dengan diameter kurang lebih 4 cm aja.
  • Tusuk salah satu ujung gulungan daun pisang tadi pakai tusuk lidi.
  • Isi daun pisang pakai beras yang sudah dicuci bersih tadi terus ulangi sampai daun pisang dan berasnya habis.
  • Tusuk ujung gulungan daun pisang yang lain biar beras gak berceceran.
  • Masukkan daun pisang isi beras tadi ke panci buat direbus (usahakan semua lontong tadi terendam air, ya).
  • Tutup terus tunggu sampai kurang lebih 30 menit.
  • Setelah 30 menit, matikan api lalu angkat dan tiriskan lontong.

2. Lontong Aron

Lontong ternyata ada banyak jenisnya, lho! Salah satunya lontong aron yang cara bikinnya gampang banget. Hampir sama sih kayak resep sebelumnya tapi di sini berasnya dimasak dulu pakai magic com.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Cuci bersih beras yang mau dipakai buat bikin lontong.
  • Masukkan beras yang sudah dicuci bersih tadi ke magic com.
  • Tambahkan garam biar nasinya jadi lebih enak terus masak dulu sampai setengah matang.
  • Setelah setengah matang, aduk dulu berasnya terus tutup pakai kain bersih dan diamkan selama 10 menit.
  • Sambil nunggu, siapkan dulu daun pisangnya.
  • Bersihkan daun pisang kemudian potong ke ukuran yang tepat sesuai kebutuhan.
  • Lanjut masukkan beras setengah matang tadi ke daun pisang, daun pisangnya digulung dulu jadi seperti tabung terus ditusuk di salah satu ujungnya pakai tusuk lidi.
  • Setelah penuh, bagian ujung satunya juga ditusuk pakai tusuk lidi.
  • Siapkan panci buat rebus lontong terus susun lontong tadi ke panci sampai terendam semua.
  • Tutup panci kemudian rebus kurang lebih 35 menit.
  • Tunggu dulu 10 menit sebelum ditiriskan.

Baca juga: Apa Itu Artritis? Ini Penyebab, Gejala, Penanganan, dan Pencegahannya

3. Lontong Magic Com

Resep satu ini gak perlu ribet-ribet siapin panci buat rebus lontong. Sebenarnya lontong bisa juga kok dibuat pakai magic com. Catat nih tutorial cara membuat lontong cuma pakai magic com.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Bersihkan dulu daun pisang terus dilap.
  • Cuci bersih beras yang mau dimasak terus sisihkan.
  • Potong daun pisang jadi bentuk segiempat terus dibakar sedikit di bagian ujungnya biar nanti aroma lontong tambah keluar.
  • Ambil selembar daun pisang terus digulung dan ditusuk pakai tusuk lidi.
  • Isi daun pisang pakai beras terus tusuk lagi di ujung yang satunya.
  • Tata daun pisang isi beras tadi ke magic com yang sudah diisi air.
  • Tekan menu cook terus tunggu deh sampai matang.
  • Kalau sudah matang langsung angkat dan tiriskan.

4. Lontong Wadah

Buat Sayurfriends yang gak punya daun pisang, tenang aja! Lontong bisa juga dibikin pakai wadah yang ada di rumah. Ini dia cara membuat lontong super gampang pakai cetakan wadah sederhana.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Cuci dulu beras yang mau dimasak terus tiriskan.
  • Masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke magic com terus kasih garam.
  • Tuangkan air dua kali lipat dari biasanya dan masak beras sampai matang.
  • Setelah matang, diamkan dulu selama 10 menit.
  • Masukkan nasi yang udah matang tadi ke wadah sambil ditekan-tekan biar padat.
  • Simpan wadah isi beras ke lemari pendingin terus diamkan selama 3 jam.
  • Ambil lontong, terus potong-potong sesuai selera.

5. Lontong Plastik

Nah, resep satu ini juga cocok buat Sayurfriends yang gak punya daun pisang. Selain pakai wadah di rumah, Sayurfriends juga bisa memanfaatkan plastik. Yuk catat bahan-bahan dan cara bikin lontong pakai plastik.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Cuci bersih beras yang mau dimasak terus tiriskan dulu.
  • Beri garam terus diaduk-aduk.
  • Lanjut isi plastik yang sudah disiapkan tadi pakai beras.
  • Terus ulangi sampai beras habis, setelah itu bagian plastik yang kebuka bisa dikunci pakai api dari lilin.
  • Tusuk permukaan plastik pakai tusuk gigi biar air bisa masuk ke lontong.
  • Tata plastik isi beras ke panci yang sudah diisi air.
  • Rebut kurang lebih 40 menit terus angkat deh.

Belanja Semua Bahannya di Sayurbox

Gampang banget kan bikin lontong di rumah? Sayurfriends tinggal pilih saja mana cara membuat lontong yang paling gampang buat diikuti. Jangan lupa ya, bahan-bahannya beli aja di Sayurbox. Sayurfriends bisa langsung klik bahan-bahan yang dibutuhkan buat masuk ke link pembelian. Praktis banget dan tinggal tunggu aja bahan-bahan yang dibeli sampai ke rumah.

Bahan-bahan buat bikin lontong sebenarnya gak ribet. Tambah simple lagi karena Sayurfriends bisa belanja lewat Sayurbox. Gak perlu keluar kemana-mana, tinggal klik-klik aja dari rumah terus tunggu deh belanjaannya datang. Jadi Sayurfriends bisa langsung eksekusi resep lontong tadi terus tinggal dimakan sama menu yang dirasa paling cocok.

Banyak kok pilihan cara membuat lontong yang bisa dicoba di rumah. Sesuaikan aja sama bahan-bahan dan alat yang ada. Jangan lupa, siapin juga menu pelengkap lontong. Ini bisa jadi solusi yang pas banget kalau anggota keluarga di rumah lagi bosan makan nasi. Selain enak, lontong juga punya tekstur yang pulen terus bikin kenyang lebih lama.

Related Articles

Resep Coklat Royce yang Viral di Tiktok, Cocok Buat Kado Valentine

Coklat Royce (Doc : roycechocolate.com) Berkat viral di Tiktok, coklat Royce jadi mendunia! Royce merupakan pabrik coklat terkenal di...

Resep Panna Cotta Saus Stroberi, Mudah dan Cantik

Photo by Wesual Click on Unsplash Panna cotta adalah hidangan penutup yang berasal dari Italia Utara. Teksturnya kenyal dan lembut,...

Resep Mille Crepes Coklat Anti Gagal, Pasti Enak!

Mille Crepes Coklat (Foto: iStock)   Akhir-akhir ini, mille crepes jadi salah satu tren makanan kekinian yang digandrungi...