Written by at September 16, 2020
Resep

Ini 5 Cara Membuat Nasi Tepeng Khas Gianyar Bali yang Kaya Rempah

Berwisata ke Gianyar Bali rasanya belum lengkap jika tidak menikmati nasi tepeng. Nasi tepeng merupakan kuliner khas Gianyar Bali yang kaya akan rempah karena dimasak dengan campuran rempah-rempah yang lengkap serta lada sehingga membuat terasa pedas di lidah. Dilengkapi dengan sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, serta kelapa parut membuat kuliner yang satu ini wajib kamu cicipi. Penyajiann dan cara membuat nasi tepeng pun masih sangat tradisional, yaitu dengan menggunakan daun pisang sebagai wadahnya. Nasi tepeng menjadi salah satu jenis sarapan wajib warga Gianyar Bali. Sebab, meski berbahan dasar nasi, namun jenis kuliner yang satu ini diracik dengan cara berbeda sehingga menghasilkan rasa baru dan tentunya memiliki cita rasa tersendiri yang bisa membuat kamu ketagihan.

 

Nasi tepeng sebagai menu sarapan pada hari raya Nyepi

Cara Membuat Nasi Tepeng
Cara Membuat Nasi Tepeng Khas Gianyar Bali yang Kaya Rempah. (Foto: Instagram / witatourdenpasar)

Selain untuk menu sarapan sehari-hari, nasi tepeng juga menjadi menu sarapan wajib saat perayaan hari raya Nyepi bagi masyarakat Hindu di Gianyar Bali. Mereka akan menghidangkan nasi tepeng sebagai menu santapan saat berada di dalam rumah dan beribadah bagi yang tidak melaksanakan puasa.

 

Hari raya Nyepi sendiri dilakukan setahun sekali seperti hari keagamaan pada umumnya. Ketika hari raya Nyepi tiba, para masyarakat yang ada di Bali dilarang melakukan aktivitas apapun sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur mereka, termasuk tidak boleh memasak ataupun makan (puasa). Jadi, nasi tepeng merupakan makanan penolong bagi mereka yang tidak melaksanakan puasa.

 

Tidak lengkap rasanya jika sudah mampir ke daerah Gianyar Bali tapi tidak mencicipi nasi tepeng. Harga nasi tepeng sendiri hanya sekitar Rp10.000 per porsinya. Pada hari-hari biasa, kamu bisa menjumpai penjual nasi tepeng di sekitaran Pasar Senggol, tepat di depan Pasar Umum Gianyar Bali.

 

Namun, jika kamu belum sempat berkunjung ke Bali, kamu bisa kok membuat nasi tepeng sendiri di rumah. Penasaran? Inilah lima cara mudah membuat nasi tepeng khas Gianyar Bali yang kaya rempah.

 

Baca juga: Ini 7 Makanan Khas Hari Raya Galungan di Bali yang Wajib Ada

 

Cara membuat nasi tepeng khas Gianyar Bali

Nasi tepeng adalah kuliner atau makanan khas Bali yang tepatnya berasal dari daerah Gianyar. Mengapa disebut nasi tepeng? Sebab, nasi ini dibumbui oleh berbagai jenis rempah-rempahan lengkap yang disebut juga dengan bumbu basa genap. Nasi ini memiliki cita rasa yang khas yaitu gurih dan pedas.

Tidak sulit untuk menemukan nasi tepeng sebab di sekitaran daerah Gianyar Bali sudah banyak bertebaran penjual nasi tepeng. Namun, bagi kamu yang ingin membuatnya sendiri di rumah, inilah bahan-bahan dan cara membuat nasi tepeng khas Gianyar Bali.

Bahan-bahan untuk membuat nasi tepeng:

  • 350 gram beras (cuci bersih)
  • 400 ml air
  • 200 ml santan
  • 4 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt garam
  • 150 gram nangka muda (potong-potong)
  • 1 buah terong ungu (potong-potong)
  • Bahan bumbu halus:
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 bungkus Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Ayam

Cara membuat nasi tepeng:

  1. Pertama, campurkan beras, air, dan santan.
  2. Kemudian, masukkan juga daun salam, serai, dan kunyit.
  3. Selanjutnya, tambahkan garam dan bahan-bahan bumbu halus.
  4. Terakhir, tambahkan nangka dan terong, lalu aduk dan masak dalam penanak nasi hingga matang.
  5. Setelah matang, sajikan nasi tepeng selagi hangat.

 

Baca juga: Ini 5 Cara Membuat Tape Ketan Khas Bali untuk Hari Raya Galungan

 

Nah, itulah bahan-bahan dan cara membuat nasi tepeng khas Gianyar Bali. Untuk kamu yang ingin sarapan dengan hidangan yang berbeda, kamu bisa mencoba resep nasi tepeng di atas.

 

Tekstur nasi tepeng memang agak lembek, namun memiliki cita rasa yang berbeda. Untuk membuatnya, kamu juga bisa menambahkan sayuran nangka muda dan terong. Cara unik untuk menyajikan nasi tepeng adalah dengan menggunakan alas daun pisang. Meskipun terlihat sederhana, namun rasanya nikmat luar biasa.

 

Ingin mencoba cara membuat nasi tepeng ini di rumah? Kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuatnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

Kandungan gizi nasi tepeng

Selain nikmat, nasi tepeng juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Di dalam nasi tepeng, terdapat nangka muda dimana buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga bisa mencegah stres dan radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh hingga menyebabkan peradangan atau berbagai penyakit lainnya. Sedangkan komposisi lainnya yakni terong ungu dapat menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kadar kolesterol, hingga mencegah penyakit kanker.

 

Selain nangka muda dan terong ungu, biasanya lauk nasi tepeng juga dilengkapi dengan sate lilit khas Bali. Supaya lebih berwarna dan bervariasi, bisa ditambahkan kacang tanah yang sudah disangrai. Terakhir, di atas nasi putihnya ditaburi parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan merata.

 

Baca juga: Ini 7 Resep Sambal Matah Khas Bali yang Sedap dan Nikmat

 

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba cara membuat nasi tepeng ini di rumah? Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk bisa mencicipi nasi tepeng dan menciptakan suasana Bali di rumah, bukan? Temukan bahan-bahan untuk membuat nasi tepeng tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Cobain Yuk, Ini 7 Cara Membuat Mexican Tacos ala Rumahan yang Enak

Sedang bosan dengan masakan rumahan yang biasa kamu masak? Agar dapur lebih berwarna, sesekali coba buat masakan khas negara lain yang tak...

7 Resep Soto Daging Madura Enak yang Praktis Dimasak di Rumah

Indonesia memiliki berbagai jenis kuliner yang khas dari berbagai daerah. Salah satunya yaitu soto daging sapi Madura yang sudah terkenal...

9 Cara Membuat Sayur Sop Ala Rumahan yang Enak untuk Anak

Sayur sop adalah masakan rumahan yang terdiri dari berbagai macam sayuran seperti wortel, kubis, kol, kentang, dan bahan-bahan tambahan...

Post Comment