Written by at October 12, 2020
Resep

5 Cara Membuat Pisang Keju yang Enak dan Disukai Anak-Anak

Pisang sendiri merupakan salah satu buah yang mudah diolah maupun menjadi pelengkap makanan, salah satunya adalah pisang goreng. Pisang goreng adalah makanan ringan atau camilan yang kerap ditemui di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Menjadi kearifan lokal Indonesia, pisang goreng kini tidak hanya kita temui di warung kopi atau warkop, tidak sedikit cafe-cafe yang mulai menyajikan pisang goreng sebagai menu andalannya. Salah satu menu pisang goreng yang kerap menjadi menu favorit pengunjung adalah pisang keju. Campuran antara pisang dengan keju berhasil menciptakan rasa baru yang enak dan tidak hanya disukai oleh orang dewasa, anak-anak juga menyukainya. Pisang yang kaya akan Vitamin B6, Vitamin C, dan Kalium serta keju yang kaya akan Kalsium, Protein, dan Vitamin A, menjadikan camilan pisang goreng keju menjadi menu camilan sehat dan baik untuk pertumbuhan anak. Ingin membuat pisang keju yang disukai anak-anak? Yuk, simak ini cara membuat pisang keju yang enak.

Ini cara membuat pisang keju yang enak

cara membuat pisang keju
Cara Membuat Pisang Keju yang Enak dan Disukai Anak-Anak. (Foto: Pixabay)

1. Pisang Keju Cokelat

Rasanya tidak ada anak kecil yang tidak menyukai makanan manis seperti cokelat ya. Pisang keju dengan tambahan cokelat lumer akan meningkatkan keinginan anak untuk mencoba pisang goreng keju, lho. Cara membuatnya pun mudah, siapkan tepung, vanili, dan garam lalu aduk rata serta beri air secukupnya.

Kemudian pisang yang telah dikuliti belah di bagian tengah jangan sampai terputus dan masukkan cokelat blok yang sudah dipotong memanjang serta keju. Kemudian lumuri pisang tersebut dengan adonan tepung basah dan masukkan ke dalam tepung panir. Goreng hingga kecokelatan. Dengan cara ini, cokelat blok akan lumer seketika sesaat setelah dimakan oleh anak kamu, menarik, ya!

2. Nugget Pisang Keju

Siapa yang tidak kenal dengan nugget pisang? Ternyata cara membuatnya cukup mudah dan bisa kita buat sendiri di rumah lho! Caranya adalah pertama haluskan terlebih dahulu pisang, setelah halus campurkan pisang dengan terigu, gula, dan vanilla. Setelah tercampur dengan rata, tambahkan keju parut dan kukus sekitar 20 menit.

Setelah matang, potong adonan dan celupkan ke dalam tepung terigu cair dan gulingkan adonan ke dalam tepung roti. Agar tepung roti merekat sempurna, diamkan adonan ke dalam freezer kurang lebih satu jam. Jika sudah, goreng hingga kecokelatan, beri topping sesuai keinginan dan sajikan. Pengalaman anak makan pisang menjadi lebih variatif ini!

Baca juga: Kenali 10 jenis pisang dan cara mengolahnya!

3. Roti Kepang Pisang Keju

Kalau anak kamu menyukai Roti, roti kepang adalah salah satu roti yang menarik dan patut dicoba, lho. Caranya pun mudah, pertama, campurkan tepung dan gula, tambahkan fermipan, aduk, beri sedikit air, diamkan kurang lebih 30 menit. Belah pisang yang sudah dikuliti menjadi dua. Kemudian adonan roti yang sudah siap buat menjadi 18 bagian.

Ambil satu adonan, pipihkan dan letakkan pisang dan keju di bagian pinggir adonan. Lipat adonan dengan cara dikepang hingga habis. Gulingkan adonan bagian atas ke wijen, tata diloyang, diamkan satu jam, lalu goreng hingga matang. Roti kepang pisang keju siap saji dan menjadi camilan favorit baru anak-anak.

Ingin mencoba cara membuat pisang keju yang enak ini? Yuk, beli pisang dan buah segar lainnya di Sayurbox!

pisang keju

4. Pancake Pisang Keju

Kalau ingin mencoba ala-ala makanan western, pancake adalah salah satu menu yang paling mudah untuk dikreasikan. Cara membuatnya adalah campurkan gula, tepung, garam dan baking powder kemudian aduk rata. Tambahkan telur dan susu cair sedikit demi sedikit sembari mengaduk, dan masukkan margarin leleh setelahnya.

Siapkan pan datar yang panas, tuangkan adonan dan balik hingga matang lalu angkat. Oleskan pancake dengan selai cokelat, tambahkan pisang, taburi parutan keju diatasnya. Menu pancake pisang keju siap menjadi menu sarapan anak-anak di pagi hari!

Baca juga: 5 Alasan Pisang untuk Diet yang Sehat dan Seimbang

5. Pisang Bakar Keju

Pisang bakar juga tidak kalah menariknya dengan pisang bercampur adonan tepung lho. Cara membuatnya yang lebih cepat dan mudah tentu akan mengefisienkan waktu kamu dalam menyiapkan camilan bagi si kecil. Cara membuatnya pun sangat mudah, siapkan tempat panggangan di atas kompor.

Kuliti pisang dan belah menjadi dua sama besar, olesi sedikit mentega, dan taruh di atas panggangan. Ulangi hingga pisang berwarna kuning kecokelatan. Sajikan dengan tambahan parutan keju serta sirup gula ataupun selai strawberry yang akan menambah kesan asam serta manis pada pisang bakar.

Baca juga: 7 Kandungan Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

6. Roti Pisang Keju

Kali ini pisangnya diolah menjadi lebih lembut dan tidak terlihat dengan mengubah pisang menjadi adonan kue. Biasa juga disebut banana bread, adonan kue pada umumnya yaitu tepung terigu, telur, butter, garam, dan pisang yang sudah dihancurkan di campur dalam 1 adonan dan di panggang pada suhu tertentu.

Tambahkan juga parutan keju/potongan balok pada adonan untuk memberi kejutan saat dimakan. Setelah adonan matang, taburkan lagi parutan keju diatasnya sebagai topping yang mengundang selera.

7. Banana Splits

Kalau sekarang banana split sering juga disebut sebagai dessert box. Dessert kaya akan pisang ini juga bisa loh ditambahkan dnegan topping keju untuk menambah rasa gurih. Susun pada piring, sponge cake, remahan kue, potongan pisang, dan juga ice cream dengan topping parutan keju dan taburan coklat di atasnya. Menjadi makanan khas musim panas dan akhir pekan dengan anak-anak dan kerabat terdekat. Jangan lupa dicobain ya!

Wah, ternyata kreasi pisang keju tidak hanya melulu digoreng. Selain resep di atas, kamu juga bisa mengkreasikan pisang keju lainnya. Dari 5 menu di atas, kira-kira menu apa yang akan pertama kamu coba? Yuk, beli pisang dan buah segar lainnya di Sayurbox!

pisang keju

Related Articles

10 Variasi Resep Kembang Kol yang Lezat dan Praktis Dimasak

Kembang kol menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Bentuknya mirip seperti sayuran brokoli...

10 Aneka Olahan Ubi Ungu yang Nikmat untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa pasti rasanya tidak nikmat kalau tidak dengan makanan yang manis-manis. Sampai-sampai kita jadi bingung makan apa, ya untuk...

Ini 10 Cara Membuat Mie Goreng yang Enak dan Sehat untuk Bekal Anak

Bingung mencari ide bekal untuk si kecil? Coba buat mie goreng yang enak dan sehat, yuk! Mie goreng merupakan makanan yang disukai oleh...

Post Comment