Written by at January 29, 2020
Tips & Trik

Ini 5 Cara Menyimpan Bumbu Dapur yang Benar Supaya Tidak Cepat Busuk

Bumbu dapur adalah salah satu bahan pelengkap yang penting untuk masakan. Dengan menambahkan bumbu dapur masakan menjadi lebih sedap dan menggugah selera. Supaya tidak repot ketika memasak, sebaiknya kamu menyimpan stok berbagai bumbu dapur yang sering digunakan. Namun, ketika menyimpan bumbu dapur dengan jumlah banyak sebaiknya kamu juga tidak menaruhnya sembarang. Pasalnya, bumbu dapur yang biasanya berasal dari rempah-rempah cenderung mudah busuk jika tidak disimpan dengan benar. Agar bumbu dapur di rumah lebih awet, yuk, simak ini 5 cara menyimpan bumbu dapur yang benar supaya tidak cepat busuk.

 

Ini cara menyimpan bumbu dapur yang benar supaya tidak cepat busuk

Cara Menyimpan Bumbu Dapur yang Benar
Simpan bumbu dapur di tempat yang kering. (Foto: Pixabay)

1. Simpan bumbu dapur di tempat yang kering

Tidak semua sayuran atau makanan baik untuk langsung disimpan di dalam kulkas. Salah satunya adalah bumbu dapur. Setelah membeli bumbu dapur, lebih baik kamu menyimpannya di tempat terbuka.

 

Bumbu dapur cenderung sangat sensitif terhadap lingkungan yang basah dan lembap. Oleh karena itu, sebaiknya simpan bumbu dapur di wadah yang kering dan terbuka supaya sirkulasi udaranya lancar. Kemudian simpan di tempat bersuhu ruangan, hindari tempat yang lembap. Menyimpan bumbu dapur dengan cara ini dapat membuatnya tahan hingga lebih dari satu bulan.

 

Wadah terbaik untuk menyimpan bumbu dapur adalah di keranjang yang mempunyai pori-pori besar sehingga sirkulasi udaranya lebih baik. Selain itu, supaya bumbu dapur tidak cepat busuk sebaiknya jauhi dari sayuran atau buah-buahan lain, seperti kentang saat disimpan. Kentang dapat gas atau uap yang memiliki kadar kelembapan tinggi, sehingga berpotensi membuat bumbu dapur lebih cepat membusuk.

 

2. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Kebanyakan bahan makanan sangat sensitif terhadap sinar matahari langsung, termasuk juga bumbu dapur. Oleh karena itu, cara menyimpan bumbu dapur yang benar sebaiknya di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung. Pasalnya, sinar mata hari langsung dapat membuat bumbu dapur menjadi kering, berubah warna, berbau busuk, bahkan hingga membusuk. Beberapa bumbu dapur yang sangat sensitif terhadap sinar matahari yaitu tomat dan cabai.

 

Baca juga: Ini 7 Jenis Bumbu Dapur yang Wajib ada di Rumah

3. Hindari menyimpan bumbu dapur di dekat kompor

Hampir sama seperti efek yang ditimbulkan oleh sinar matahari, menyimpan bumbu dapur di dekat kompor juga dapat membuatnya menjadi cepat busuk. Oleh karena itu sebaiknya simpan bumbu dapur di tempat yang jauh dari kompor. Hawa panas dari kompor membuat bumbu dapur menjadi cepat kering dan berubah warna.

 

Masih ada beberapa cara menyimpan bumbu dapur, lihat di bawah ini, ya! Untuk kamu yang ingin menambah stok bumbu dapur, yuk, langsung beli di Sayurbox!

4. Saat menyimpan bawang merah dan putih sebaiknya dipisah

Dua bumbu masakan utama yang sering digunakan adalah bawang merah dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini memiliki ciri khas rasanya masing-masing. Tidak hanya itu, keduanya juga mengeluarkan gas yang berbeda ketika disimpan.

 

Jika ingin menyimpan bawang merah dalam jumlah besar sebaiknya pisahkan dari bawang putih. Tempatkan duanya pada wadah yang berbeda. Pasalnya, perbedaan gas yang dikeluarkan oleh bawang merah dan bawang putih bisa memengaruhi proses pembusukan menjadi lebih cepat.

 

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

 

5. Simpan bumbu dapur halus di tempat yang tertutup

Ada beberapa jenis bumbu dapur yang sering digunakan, mulai dari rempah yang berntuk daun, biji-bijian, hingga bumbu dapur halus seperti lada, kunyit bubuk, atau pala bubuk. Untuk jenis bumbu dapur yang halus dan berbentuk bubuk ini sebaiknya disimpan di dalam tempat tertutup. Supaya lebih awet, pilih wadah plastik yang tertutup rapat alias kedap air dan kedap udara agar kualitas bumbu dapur tetap terjaga.

 

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

 

Setelah tahu cara menyimpan bumbu dapur yang benar, yuk, beli stok bumbu dapur dan kebutuhan lainnya di Sayurbox!

Related Articles

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

Jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Rasa jeruk yang segar dan kaya akan vitamin C adalah alasan...

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi....

Post Comment