Written by at July 29, 2020
Tips & Trik

Ini 5 Cara Merebus Telur Sesuai Tingkat Kematangannya

Selain mengandung protein dan gizi yang tinggi, telur juga dipilih lantaran harganya yang terjangkau dan mudah diolah. Tidak heran, sumber protein hewani yang satu ini disukai hampir semua orang. Selain diolah bersama bahan makanan lain, telur juga bisa disantap langsung meski hanya diolah dengan cara direbus. Beberapa orang mungkin menyukai telur rebus setengah matang, dan yang lainnya menyukai matang sempurna. Kedua pilihan tersebut tentu tidak salah. Karena pilihan tergantung dari selera masing-masing penikmatnya. Kunci utama merebus telur adalah waktu pemasakan. Lantas, berapa waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur? Berikut ini adalah lima cara merebus telur sesuai tingkat kematangannya.

 

Tidak sulit, ini 5 cara merebus telur yang mudah dilakukan

Cara Merebus Telur
Cara Merebus Telur Sesuai Tingkat Kematangannya. (Foto: Pixabay)

Ketika ingin merebus telur, tentu peralatan memasak dan telur sebagai bahan utamanya harus dipersiapkan terlebih dahulu. Selain alat dan bahan, kamu juga harus menentukan selera dan tujuan kamu memasaknya. Barulah kamu bisa menentukan berapa lama waktu perebusan yang ideal.

 

Sebagai contoh, ketika ingin membuat telur balado atau menjadikannya topping untuk salad, maka telur matang sempurna adalah pilihan yang ideal. Lain lagi jika ingin menikmatinya dalam kondisi setengah matang, tentu waktu merebusnya tidak selama ketika kamu mematangkannya secara sempurna. Langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya merebusnya.

 

1. Siapkan panci dan air sesuai kebutuhan

Pertama, siapkan panci besar dengan air secukupnya untuk perebusan nanti. Meski tidak ada perbandingan pasti, namun idealnya telur haruslah terendam air sepenuhnya saat direbus.

 

2. Panaskan air hingga mendidih untuk merebus telur

Setelah peralatan siap, panaskan terlebih dahulu air dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, segera kecilkan apinya.

 

3. Masukkan telur ke dalam panci

Masukkan telur satu persatu ke dalam air secara hati-hati. Setelah semua telur dimasukkan, besarkan kembali apinya dan tunggu agar airnya kembali mendidih. Agar cangkang telur mengalami keretakan, pastikan air tidak menggelembung terlalu kuat.

 

Baca juga: Hindari Busuk, Ini 8 Cara Memilih Telur yang Baik

 

4. Rebus telur sesuai tingkat kematangannya

Lantas, berapa lama waktu yang tepat untuk merebus telur? Nah, berikut ini panduan waktu merebus telur.


  • 7 menit

Untuk kamu yang menginginkan telur setengah matang dengan tekstur kuning yang lembut dan encer, waktu perebusan yang dibutuhkan adalah 7 menit.


  • 8 menit

Apabila ingin kuningnya tidak terlalu cair atau lebih bertekstur namun masih lunak, maka 8 menit adalah pilihannya.


  • 10 menit

Untuk kamu yang ingin menikmati telur dengan tekstur dengan sebagian telah matang namun sedikit lunak di bagian tengahnya, maka waktu idealnya adalah 10 menit.


  • 12–13 menit

Untuk telur matang sempurna, maka proses merebusnya adalah 12-13 menit.

 

5. Pindahkan ke wadah untuk proses pendinginan

Setelah proses perebusan selesai, kamu bisa memindahkannya ke wadah untuk proses pendinginan. Atau, pindahkan ke dalam wadah berisi es agar menghentikan proses pematangan sehingga telur lebih cepat dingin dan bisa langsung dikonsumsi.

 

Ingin mencoba cara merebus telur sesuai tingkat kematangannya ini? Kamu bisa membeli telur segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

cara merebus telur

 

Nutrisi dan manfaat telur rebus

Telur rebus matang sempurna ataupun yang baru setengah matang memang lazim dikonsumsi. Apalagi, telur ini mengandung beberapa nutrisi seperti energi, protein, kalsium, zat besi, vitamin A, dan B1. Dari kandungan dan nutrisi tersebut, kira-kira apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan? Berikut ulasannya.

 

1. Mendorong metabolisme

Kandungan asam amino di dalamnya bisa membuat tubuh lebih mudah mencerna protein, sehingga bisa mendorong metabolisme tubuh hingga 80-100 kalori. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan ganda juga membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

 

2. Rendah kalori

Telur rebus sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Pasalnya, telur ini termasuk ke dalam makanan rendah kalori. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa mengonsumsi bagian putihnya saja dan menyisihkan kuning telurnya.

 

Baca juga: 12 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

 

3. Membuat rasa kenyang lebih lama

Kandungan protein dalam telur rebus terbilang ampuh membuat rasa kenyang lebih lama. Secara tidak langsung, rasa tersebut juga akan menekan keinginan kamu untuk makan berlebih.

 

4. Kaya akan kolesterol baik

Saat kamu mengonsumsi telur rebus, maka kadar HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat. Kadar HDL yang tercukupi dipercaya bisa menekan risiko penyakit jantung dan penyakit serius lainnya. Idealnya, kamu bisa mengonsumsi 2 butir telur setiap hari untuk meningkatkan kadar HDL dalam tubuh.

 

5. Mempertajam penglihatan

Tidak banyak yang tahu, telur juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan pada penglihatan. Kandungan antioksidan seperti esensial, lutein, dan zeaxanthin diyakini mampu menjaga dan melindungi kesehatan mata dari sinar UV dan risiko katarak sejak dini.

 

Baca juga: 6 Cara Menyimpan Telur yang Benar agar Tahan Lama

 

6. Menjaga kesehatan otak

Selain mata, telur rebus juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan seperti vitamin dan mineral di dalamnya bermanfaat membantu fungsi kerja otak, seperti sel otak, memori, sistem saraf, dan metabolisme.

 

Nah, itulah lima cara merebus telur sesuai tingkat kematangannya beserta manfaatnya. Tidak hanya mudah dalam membuatnya, ternyata telur rebus juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Bagi kamu yang ingin membeli telur dengan kualitas terbaik, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

cara merebus telur

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Kenali Penyebab Bronkitis dan Cara yang Benar untuk Mencegahnya

Apakah kamu sering mengalami batuk berlendir yang sudah berlangsung selama lebih dari 10 hari? Jika iya, sebaiknya segera periksa kondisi...

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Vertigo dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Apakah kamu pernah merasa tiba-tiba pusing dan merasa benda di sekeliling kamu berputar, padahal sedang tidak terjadi apa-apa? Kalau kamu...

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 4 Panduan dan Cara Diet OCD yang Benar

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu dengan menjalankan program diet. Dari beberapa program...

Post Comment