Written by at July 14, 2020
Resep

Ini 5 Fakta dan Resep Korean Garlic Cheese Bread yang Sedang Viral

Setelah dalgona coffee yang sempat populer beberapa bulan lalu, kini ada lagi jajanan asal Korea Selatan yang menggugah selera makan. Bagi kamu yang sering menggunakan sosial media pasti sudah tidak asing lagi dengan Korean Garlic Cheese Bread. Makanan berbahan dasar roti ini memang sedang viral, fotonya beredar di semua lini sosial media sehingga membuat siapa pun yang melihatnya ingin segera mencoba. Penampakan roti isi krim keju dengan siraman saus bawang putih memang terlihat sangat nikmat. Sebelum kamu mencobanya langsung, yuk, simak ini 5 fakta dan resep Korean Garlic Cheese Bread yang sedang viral. Resepnya bisa langsung kamu coba di rumah, lho!

 

Ini fakta dan resep Korean Garlic Cheese Bread

Korean Garlic Cheese Bread
Fakta dan Resep Korean Garlic Cheese Bread yang Sedang Viral. (Sumber foto: Instagram / annefoodstylist)

1. Berawal dari jajanan kaki lima

Korean Garlic Cheese Bread ini rupanya bukan jajanan baru di negeri asalnya. Roti isi krim keju dengan siraman saus bawang putih ini ternyata sudah mulai populer di Korea Selatan sejak akhir tahun lalu. Namun, roti ini baru viral dan ramai dibicarakan di dunia maya pada awal 2020 dan sekitar bulan Juni tren Korean Garlic Cheese Bread ini masuk ke Indonesia.

 

Di Korea Selatan, Garlic Cheese Bread ini biasanya dijual sebagai jajanan kaki lima atau street food. Jajanan ini bisa dengan mudah dijumpai di sekitar Stasiun Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Menurut channel YouTube Foody Trip yang dikutip dari suara . com, Korean Garlic Cheese Bread ini  biasanya dijual dengan harga sekitar 3.900 won atau kurang lebih Rp 47 ribuan.

 

2. Berbeda dengan garlic cheese bread ala Eropa

Garlic Cheese Bread juga sebetulnya bukan hal baru di dunia kuliner, pasalnya roti dengan campuran keju dan bawang putih ini sudah cukup lama populer dan disukai di Eropa. Namun, Korean Garlic Cheese Bread bisa dibilang berbeda secara tekstur maupun bentuknya dengan Garlic Cheese Bread asal Eropa.

 

Garlic Cheese Bread asal Eropa biasanya memiliki tekstur yang agak garing dan berbentuk pipih. Sedangkan Korean Garlic Cheese Bread berbentuk seperti buns atau bulat dan biasanya dibelah menjadi 4 hingga 6 bagian. Tekstur roti isi krim keju dan bawang asal Korea ini juga cenderung lebih padat dan mengenyangkan.

 

Baca juga: Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

3. Teksturnya unik dengan sensasi keju lumer

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, tekstur Korean Garlic Cheese Bread ini unik karena cenderung padat. Berbeda dari Garlic Cheese Bread asal Eropa yang sudah lebih terkenal sebelumnya. Selain itu, tekstur bagian luar Korean Garlic Cheese Bread ini juga terasa renyah, namun saat gigitanmu tiba dibagian dalam, maka rotinya akan terasa lebih lembut.

 

Saat menyantap Korean Garlic Cheese Bread ini kamu juga akan merasakan sensasi keju lumer yang sangat menggugah selera. Hal ini lah yang membuat citarasa dan tekstur roti isi ini begitu kaya. Menjadi tidak sabar untuk segera mencobanya, bukan?

 

Ingin mencoba membuat resep Korean Garlic Cheese Bread ini di rumah? Kamu bisa membeli semua bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Korean Garlic Cheese Bread di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

 

Korean Garlic Cheese Bread

 

4. Rasanya gurih dan aromanya menggugah selera

Jika sudah bicara soal tekstur, kurang lengkap jika tidak dibahas pula soal rasanya. Korean Garlic Cheese Bread ini sangat disukai karena memiliki rasa yang gurih. Campuran keju, bawang putih, dan beberapa bahan rempah lainnya, membuat rasa roti ini ini begitu nikmat. Apa lagi jika kamu pecinta rasa gurih dan asin.

 

Tidak hanya rasa, aroma dari Korean Garlic Cheese Bread ini juga sangat menggugah selera. Wangi bawang putih dan beberapa rempah lain yang menjadi campuran bahan roti ini sangat terasa bahkan sebelum kamu menyantapnya.

 

Baca juga: 11 Kegunaan Bawang Putih untuk Kesehatan yang Sudah Teruji

 

5. Resep Korean Garlic Cheese Bread mudah dibuat di rumah

Meski memiliki bentuk dan tekstur yang cukup unik, ternyata Korean Garlic Cheese Bread ini mudah dibuat di rumah, lho. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Agar tidak repot, kamu bisa membeli semua bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat Korean Garlic Cheese Bread di Sayurbox. Sebelum membeli semua bahan untuk membuat roti isi krim keju dan saus bawang putih ini, yuk, simak ini resep Korean Garlic Cheese Bread yang sedang viral.

 

Bahan-bahan:

Bahan Roti

  • 110 ml susu cair
  • 30 gram gula
  • 1 sdt ragi
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 20 gram unsalted butter

Bahan cream cheese

  • 200 gram cream cheese
  • 30 gram gula
  • 50 ml whipped cream cair / susu cair 20 ml

Bahan saus bawang putih

  • 120 gram unsalted butter
  • 50 gram bawang putih cincang
  • 1 butir telur
  • 15 gram susu kental manis
  • 10 gram madu
  • 2 sdm parsley kering

 

Cara membuat Korean Garlic Cheese Bread:

1. Campur susu, gula, dan ragi, aduk rata. Lalu tambahkan tepung, telur, dan mentega, uleni adonan sampai kalis. Kemudian bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih satu jam sampai mengembang dua kali lipat.

2. Selanjutnya, bagi adonan menjadi 4 bagian dan bulatkan. Lalu proofing selama 30 menit.

3. Panggang roti selama kurang lebih 15 sampai 20 menit dengan suhu 180 derajat, sampai kuning kecoklatan. Lalu dinginkan.

4. Aduk semua bahan cream cheese hingga tercampur rata. Kemudian masukan ke piping bag.

5. Lelehkan mentega tunggu sampai suhu ruangan, lalu tambahkan bawang putih, susu kental manis, telur, madu dan terakhir parsley kering, kemudian aduk rata.

6. Kemudian potong roti menjadi 4 atau 6 bagian, namun jangan sampai bagian bawahnya ikut terbelah. Setelah itu masukkan cream cheese tadi ke bagian dalam roti.

7. Lalu siram roti dan cream cheese dengan campuran mentega cair dan bawang putih tadi diatasnya. Kemudian panggang dengan suhu 160 derajat selama 10 menit.

8. Sajikan selagi hangat.

 

Baca juga: Mengenal Bawang Dayak & Manfaatnya

 

Itulah fakta dan resep Korean Garlic Cheese Bread yang sedang viral. Mudah bukan untuk membuatnya? Jika kamu ingin membuatnya di rumah, kamu bisa membeli semua bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Korean Garlic Cheese Bread di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

Korean Garlic Cheese Bread

Related Articles

Coba Yuk, 7 Cara Membuat Rendang yang Empuk dan Enak

Rasa gurih dan pedas dari daging yang empuk, mengantar rendang menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang paling lezat dan terkenal...

Bosan Makan Nasi Putih? Coba 7 Cara Membuat Nasi Kuning Ini di Rumah

Sedang bosan makan nasi putih? Mungkin nasi kuning bisa menjadi alternatifnya. Rasanya yang gurih dan aromanya yang harum dapat membuat...

Ini 10 Resep Ayam Bakar yang Enak Seperti di Restoran

Ayam adalah salah satu bahan makanan yang mudah dikreasikan menjadi olahan masakan apapun. Salah satunya yaitu ayam bakar yang menjadi...

Post Comment