Written by at March 19, 2020
Tips & Trik

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencoba Diet Sesuai Golongan Darah

Siapa, sih, yang tidak ingin memiliki tubuh ideal? Salah satu cara untuk bisa memiliki tubuh ideal adalah dengan menjalankan program diet dan diimbangi dengan berolahraga. Nah, salah satu program diet yang terbilang unik, yaitu diet sesuai golongan darah.

 

Sesuai namanya, program diet ini disesuaikan dengan golongan darah setiap orang yang menjalankannya, sehingga rekomendasi asupan antara kamu yang memiliki golongan darah A dan kamu yang memiliki golongan darah lainnya pasti berbeda. Untuk kamu yang tertarik, namun belum tahu sepenuhnya tentang diet ini, berikut ini adalah lima hal yang harus kamu perhatikan sebelum mencoba diet sesuai golongan darah.

 

Ini yang harus perhatikan sebelum mencoba diet sesuai golongan darah

diet sesuai golongan darah
Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mencoba Diet Sesuai Golongan Darah. (Foto: Pixabay)

1. Sumber asupan makanan yang disarankan dan dihindari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, diet ini terbilang unik karena setiap orang yang menjalankannya memiliki rekomendasi dan larangan pada asupan makanan yang berbeda-beda.

 

Untuk kamu pemilik golongan darah O, fokus asupan makanan yang sebaiknya kamu konsumsi adalah makanan dengan protein tinggi, seperti daging dan unggas. Makanan seperti kacang-kacangan sebaiknya dihindari.

 

Tidak hanya jenis kacang-kacangan saja, makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti beras, gandum, jagung, minuman berkafein, dan berbagai produk olahan susu seperti yoghurt, keju, serta mentega sebaiknya juga dibatasi.

 

Lain halnya dengan pemilik golongan darah A. Pemilik golongan darah ini disarankan untuk menghindari konsumsi daging-dagingan dan makanan berlemak seperti seafood. Konsumsi asupan yang direkomendasikan untuk pemilik golongan darah ini adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

Untuk pemilik golongan darah B, mengonsumsi makanan seperti daging ayam, jagung, tomat, gandum, dan wijen tidak dianjurkan. Asupan terbaik untuk pemilik golongan darah ini adalah sayur-sayuran hijau, telur, daging, dan produk susu rendah lemak.

 

Sedangkan untuk pemilik golongan darah AB justru difokuskan pada jenis makanan laut (seafood), tofu, produk susu, dan juga sayuran hijau. Asupan makanan yang sebaiknya dihindari adalah alkohol, kafein, kacang merah, jagung, dan berbagai jenis daging olahan.

 

Baca juga: Apa itu Diet Keto dan Manfaatnya!

 

2. Jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan

Tidak hanya soal asupan makanan saja, saat menjalankan diet golongan darah jenis olahraganya pun berbeda-beda. Pemilik golongan darah O sebaiknya menjalankan olahraga yang lebih membutuhkan energi dan kekuatan fisik seperti berlari. Sebaliknya, golongan darah A disarankan memilih olahraga lebih santai seperti golf atau yoga.

 

Sementara itu, pemilik golongan darah B lebih dianjurkan pada olahraga dengan intensitas sedang, misalkan berjalan, hiking, dan tenis. Untuk pemilik golongan darah AB, olahraga yang tepat adalah kombinasi antara olahraga yang santai namun masuk kategori dalam intensitas sedang.

 

3. Diskusikan terlebih dahulu dengan dokter

Sebelum menjalankan diet ini, ada baiknya kamu mendiskusikannya dengan dokter atau tenaga medis terkait terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengecek kondisi kamu agar terhindar dari masalah kesehatan lainnya yang bisa saja terjadi pada diri kamu.

 

Sebagai contoh, beberapa makanan yang dianjurkan dan dilarang bisa saja berpengaruh pada orang-orang dengan kasus atau penyakit tertentu, seperti diabetes dan penyakit ginjal.

 

Perlu dicatat, diet ini hanya membagi dan mengkategorikan asupan seseorang berdasarkan golongan darah saja tanpa mempertimbangkan kondisi kesehatan orang tersebut secara keseluruhan. Oleh karena itu, bisa saja orang tersebut menderita kolesterol dan tekanan darah tinggi sehingga tidak boleh mengonsumsi makanan-makan yang dianjurkan tersebut.

 

Ingin mencoba diet sesuai golongan darah? Kamu bisa mulai menyediakan stok sayuran dan buah-buahan di rumah. Kamu bisa membeli sayuran dan buah-buahan segar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

diet sesuai golongan darah

 

4. Belum ada penelitian lanjutan yang mendukung diet ini

Meskipun terdengar unik, diet ini masih belum terbukti validitasnya. Hal ini karena belum ada penelitian ilmiah yang mendukung diet ini. Penelitian lebih lanjut belum pernah dilakukan, sehingga hasil konkrit apakah diet ini bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan atau bisa membuat tubuh lebih berenergi belum terbukti.

 

Walaupun ada beberapa orang yang telah berhasil menjalankan program diet ini, bisa saja karena orang tersebut mengurangi jumlah konsumsi makanan yang kurang sehat dan mengandung banyak gula tanpa disadarinya.

 

Dengan kata lain, penurunan berat badan yang terjadi pada orang tersebut bukan didasari karena program diet golongan darah yang dijalankannya, namun karena pola makan yang dikonsumsinya termasuk pola makan yang sehat. Begitu juga dengan jenis olahraga yang dianjurkan dalam diet ini, belum ada bukti ilmiah yang mendukungnya.

 

Baca juga: Shirataki, Menu Diet Keto Populer

 

5. Asupan gizi kamu jadi terbatas

Saat menjalankan diet golongan darah, tentunya asupan dan pola makan orang yang menjalankannya menjadi terbatas. Membatasi pola makan terlalu ketat ternyata bisa menimbulkan berbagai risiko dan masalah kesehatan, bahkan bisa mengakibatkan gizi buruk.

 

Contohnya saja seperti osteoporosis karena kamu membatasi asupan kalsium. Terjadinya anemia juga bisa disebabkan karena asupan zat besi yang kurang dan tidak menutup kemungkinan munculnya masalah kesehatan lainnya karena kekurangan vitamin tertentu.

 

Untuk kamu yang tertarik, tidak apa untuk mencoba. Namun, sebelum mencoba diet golongan darah ini, sebaiknya kamu berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter. Beberapa orang yang mengklaim sukses menjalani diet ini bukan berarti hasil yang akan kamu dapatkan juga sama. Hal terpenting dalam menjalankan program diet, yaitu mengatur pola makan, hidup sehat, dan rutin berolahraga.

 

Baca juga: Apa itu Diet Keto dan Manfaatnya!

 

Nah, bagi kamu yang ingin mengatur pola makan agar tetap sehat dan ingin mencoba diet sesuai golongan darah, kamu bisa mulai menyediakan stok sayuran dan buah-buahan di rumah. Kamu bisa membeli sayuran dan buah-buahan segar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

diet sesuai golongan darah

Related Articles

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

Jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Rasa jeruk yang segar dan kaya akan vitamin C adalah alasan...

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi....

Post Comment